5 Tanaman Hias Berdaun Merah yang Cantik Memesona

177

Tanaman umumnya berdaun hijau. Namun, alih-alih berdaun hijau sejumlah tanaman hias berdaun merah. Warna yang unik dan cerah membuat tanaman hias berdaun merah tampak cantik memesona sehingga banyak dicari pecinta tanaman.

Warna merah pada daun tak datang begitu saja. Warna merah ini berasal dari pigmen yang disebut anthocyanin. Pigmen ini juga terdapat pada kulit buah berwarna merah seperti ceri dan apel.

_

Tanaman hias berdaun merah cocok ditanam di pekarangan rumah atau diletakkan di sudut ruangan. Warna daun yang cerah membuat tanaman hias ini mencolok dibandingkan tumbuhan lain.

Warna merah juga bakal memberikan suasana yang hangat di rumah.

Berikut 5 tanaman hias berdaun merah yang cantik memesona.

1. Aglonema suksom

Tanaman hias aglonema merahIlustrasi aglonema merah, salah satu tanaman hias berdaun merah. (Foto: iStockphoto/Risnandar Risnandar)

Tanaman hias aglonema juga memiliki varietas berdaun merah terang yakni Aglonema suksom. Hampir seluruh daun Aglonema suksom berwarna merah cerah. Hanya ada sedikit warna hijau yang membingkai daun aglonema ini.

Baca Juga :  Tips Menyiram Anggrek Agar Bunga Mekar Indah

Kilau warna merah pada Aglonema suksom dapat dijaga dengan memberikan pupuk, menyiram tanaman, dan menghindari cahaya matahari langsung.

2. Caladium merah

caladium merahIlustrasi caladium merah, salah satu tanaman hias berdaun merah. (Foto: iStockphoto/shark_749)

Caladium merah atau red caladium merupakan salah satu varietas caladium atau keladi. Warna merah pada caladium membuat tanaman ini banyak digemari.

Caladium merah didominasi dengan daun berwarna merah terang dengan sedikit warna hijau di pinggir daun.

3. Miana

Beautiful coleus plant or Painted Nettle with bright red and yellow leaves, growing in the gardenIlustrasi miana, salah satu tanaman hias berdaun merah. (Foto: iStockphoto/Elenakirey)

Miana atau Coleus juga memiliki daun dengan warna merah yang menarik. Warna merah pada daun miana dapat memudar karena mendapatkan terlalu banyak cahaya matahari.

Agar warna merah dapat terjaga, pastikan miana mendapatkan cahaya matahari yang tepat serta nutrisi yang baik.

4. Kastuba

Ilustrasi bunga kastubaIlustrasi kastuba, salah satu tanaman hias berdaun merah. (Foto: Kaboompics

Tanaman hias kastuba adalah salah satu tanaman hias berdaun merah. Daun kastuba memiliki panjang sekitar 7-15 cm. Tumbuhan ini bisa tumbuh hingga 1,5 meter.

Baca Juga :  10 Jenis Kucing Lucu Berukuran Kecil

Warna merah pada daun kastuba akan berubah menjadi hijau saat sudah tua. Perubahan ini akan menciptakan gradasi warna yang cantik pada tanaman kastuba.

Selain warna merah, kastuba juga memiliki varietas daun berwarna putih, kuning, oranye, dan merah muda.

5. Begonia rex

Begonia rex merupakan spesies tanaman yang masuk dalam famili Begoniaceae. Daun Begonia rex memiliki corak berwarna merah dengan gradasi yang menawan.

Selain warna yang cantik, tanaman hias Begonia rex ini juga memiliki bentuk daun yang asimetris. Tak hanya warna merah, tanaman hias ini juga memiliki varietas dengan rentang warna yang beragam seperti merah muda, ungu, dan cokelat.

Pilihlah 5 tanaman hias berdaun merah yang cantik memesona ini untuk ditanam di rumah Anda. Tata tanaman hias ini dengan baik agar suasana rumah semakin indah dan cerah.

(ptj)