Sambut Bulan Ramadhan yang Suci dengan Aplikasi Penunjang Wajib Berikut ini

  • Bagikan
da26d4cd gadgetren full logo facebook

aplikasi-wajib-bulan-puasa-ramadhan

Cakrawalarafflesia – Tidak terasa bulan Ramadhan segera datang sebentar lagi. Bulan suci yang penuh berkah ini memang begitu dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia yang notabene mayoritas penduduknya beragama Islam.

Rutinitas harian seperti bekerja atau belajar harus tetap kamu jalankan dengan penuh suka cita. Satu hal yang berbeda, selama 30 hari penuh nanti umat muslim yang telah memenuhi syarat wajib harus melaluinya dengan berpuasa

Di bulan yang mahamulia ini, alangkah baiknya jika kamu menyela kegiatan keduniawian kamu dengan berbagai amalan dan ibadah yang bermanfaat demi memperoleh berlipatganda kebaikan yang telah dijanjikan oleh-Nya.

Kamu bisa mulai persiapan dari sekarang dengan mengunduh aplikasi-aplikasi khusus Ramadhan yang siap mendukung kamu untuk menjalankan ibadah dengan lebih berkualitas.

Kumpulan Aplikasi Wajib Saat Ramadhan dan Puasa

Usholli

Usholli

Santap sahur adalah rutinitas yang penting kamu lakukan sebelum memulai puasa harian. Tapi, jangan sampai lupa waktu, ya. Karena kalau sudah waktunya imsak, berarti sudah saatnya pula bagi kamu untuk berhenti bersantap.

Khawatir waktu makan sahur kamu kebablasan? Dapat dihindari kalau kamu install aplikasi bernama Usholli yang secara rinci mencantumkan data imsak sepanjang bulan Ramadhan sehingga kamu dapat lebih teratur dalam menentukan kapan harus bangun dan mulai menyiapkan makanan.

Selain waktu imsak, aplikasi ini juga menyediakan informasi seputar jadwal salat yang mencakup lebih dari 30 provinsi dan 500 kota di Indonesia. Waktu salat ini mengacu pada data dari situs Kementerian Agama. Menariknya, dalam aplikasi ini kamu tak akan menemukan iklan yang berhamburan.

Cerdas Cermat Islami

Cerdas Cermat Islami

Dampak positif permainan mobile online bagi anak-anak yang sedang berpuasa adalah menemani mereka melalui hari tanpa terasa. Di sisi lain, permainan-permainan seperti ini berpotensi membuat mereka kecanduan dan terkadang mengabaikan kewajiban beribadah.

Namun, kami punya rekomendasi permainan interaktif yang tidak hanya menarik untuk diikuti, namun juga mendidik. permainan bernama Cerdas Cermat Islam ini hadir dengan format kuis untuk mengajak anak-anak bermain sekaligus mempelajari hal-hal baru. Wudhu, sejarah Islam, ilmu fiqih, hingga tauhid dan puasa adalah bagian dari kategori soal yang ditampilkan oleh permainan ini.

Baca Juga :  Mie Buatan Istri Terlalu Besar, Komplain Suami Ini Tuai Kecaman Warganet

Untuk persiapan latihan, aplikasi ini membungkus rangkaian pertanyaan dalam fitur try out maupun ujian yang bagus untuk bekal anak-anak menghadapi ujian sesungguhnya di sekolah. permainan ini juga menyediakan sub-permainan menarik seperti permainan lempar bola basket atau tupai lompat sebagai sarana pelepas penat anak-anak.

Al-Quran (Tafsir & Per Kata)

Al-Quran (Tafsir & Per Kata)

Membaca kitab suci Al-Quran merupakan salah satu ladang amalan yang bisa kamu tekuni secara rutin di bulan penuh pengampunan ini. Untuk itu, sebaiknya persenjatai diri kamu dengan mengunduh aplikasi penunjangnya.

Misalnya aplikasi Al-Quran (Tafsir & Per Kata) yang tidak hanya mengemas semua surat dalam kita suci. Namun, aplikasi buatan Greentech Apps Foundation ini juga menyediakan arti kalimat utuh maupun kata per kata setiap ayat yang kamu lantunkan, lengkap dengan kode tajwid yang diindikasikan dengan warna-warni yang berbeda sesuai dengan cara membacanya.

Tentu saja, aplikasi ini pun menyediakan audio murottal dari para Qori atau pelantun ayat suci berpengalaman yang bisa kamu putar untuk mengiringi aktivitas harian kamu.

Kitabisa: Zakat & Donasi Online

Kitabisa: Zakat & Donasi Online

Ramadhan kamu akan semakin sempurna jika tidak lalai mengamalkan satu perbuatan mulia, yakni membayar zakat fitrah. Dan di era serba keterhubungan seperti saat ini, sudah banyak aplikasi yang siap menyalurkan zakat kamu.

Seperti aplikasi Kitabisa yang memungkinkan kamu untuk menghitung kewajiban zakat kamu setiap bulannya dengan kalkulator zakat maal, profesi, maupun penghasilan. Selanjutnya, kamu dapat segera menyalurkan kewajiban zakat kamu ke lembaga amil zakat terpercaya yang bermitra dengan Kitabisa seperti BAZNAS, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Garena World 2021 Digelar 3 April, Sepenuhnya dalam Format Digital

Kelebihan aplikasi ini adalah kemudahannya dalam melakukan pembayaran. Tersedia berbagai metode pembayaran yang paling praktis saat ini seperti melalui M-Banking (BCA, Mandiri, BRI, BNI), DANA, LinkAja, atau bahkan dengan saldo GoPay dan Shopee Pay.

Yummy

Yummy

Saat menjalani masa puasa, seringkali muncul rasa keinginan untuk menyiapkan hidangan spesial untuk keluarga di rumah agar mereka senantiasa bersemangat menjalani salah satu rukun iman yang ketiga ini. Biar tak repot ‘googling’ mengubek resep di jagat maya, mending kamu pasang saja aplikasi Yummy di handphone kamu.

Di Yummy, kamu dapat menemukan nyaris semua resep makanan terbaik sehingga kamu dapat menimba inspirasi untuk hidangan spesial buat keluarga. Tersedia penyaringan resep berdasarkan porsi maupun waktu persiapan untuk membuatnya. Sangat praktis buat karyawan yang sibuk menyeimbangkan urusan kantoran dan rumah tangganya.

Selain itu, produk aplikasi dari IDNTimes ini juga menawarkan fitur spesial seperti video pendek memasak dalam lima langkah yang mudah dipelajari siapa saja. Kamu pun dapat ikut berkontribusi dengan menyumbangkan resep makanan buatan kamu sendiri. Sstt… ada sistem poin yang dapat ditukar dengan uang tunai kalau resep kamu banyak dibaca pengguna lainnya!

Umma

Umma

Salah satu aplikasi terpadu yang wajib diunduh komunitas muslim untuk menyambut bulan puasa ini menyediakan berbagai informasi, kajian, hingga hiburan bertema islami. Umma adalah aplikasi terbaik buat kamu yang kerap kerepotan mencari sumber materi wawasan atau mungkin bingung mencari arah kiblat saat berada di suatu tempat.

Semuanya tersaji lengkap mulai dari Al-Quran digital yang bisa kamu baca atau perdengarkan lantunan audionya untuk mengisi waktu luang, penunjuk arah kiblat, fitur pengingat waktu shalat dan alarm atau notifikasi berbentuk adzan, serta siaran langsung kajian dan diskusi beragam ilmu bermanfaat yang bersumber langsung dari para ahlinya.

gadget trend

  • Bagikan