Jangan Lupa Cek Hasil Seleksi SPAN-PTKIN Hari Ini

  • Bagikan
753eb4c7 6ae7 437a b378 3681fb761c4c 169

Jakarta — Kementerian Agama akan mengumumkan hasil Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (SPAN-PTKIN) pada Senin (12/4) siang nanti.

“Hasil seleksi SPAN-PTKIN akan diumumkan secara serentak pada tanggal 12 April 2021 jam 13.00 WIB,” kata Ketua Panitia SPAN-PTKIN Mahmud dalam keterangan resmi.

Nantinya, para peserta dapat mengecek kelulusan pada situs http: //pengumuman.span-ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor pendaftaran.

Mahmud menyatakan pengumuman tersebut akan diumumkan usai pihaknya menggelar rapat kelulusan beberapa waktu lalu. SPAN-PTKIN 2021, kata dia, telah diikuti oleh 182.890 siswa dari 11.920 sekolah yang mendaftar.

Baca Juga :  Pemerintah Siapkan BLT Desa untuk Keluarga Miskin Perdesaan Terdampak Covid-19

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kemenag Muhammad Ali Ramdhani mengatakan PTKI harus menghadirkan pilihan program yang diisi oleh pasarnya sudah jelas.

“PTKI harus belajar keterampilan atau keahlian peserta didik agar dapat berkembang dan memenuhi permintaan pasar. Pendidikan vokasi bisa kita jadikan opsi untuk meluaskan jangkauan keilmuan, “kata dia.

Pendaftaran SPAN-PTKIN sendiri sudah dibuka sejak 19 Februari 2021 lalu. Jalur SPAN-PTKIN ini dilakukan berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.

Baca Juga :  Polri: Perwira Intel Halangi Sabhara Pukul Mahasiswa Jambi

SPAN-PTKIN adalah seleksi nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam sistem terpadu secara serentak oleh panitia pelaksana yang ditetapkan Menteri Agama RI.

Proses seleksinya dilakukan dalam dua tahap yakni pada 1-5 April dan 6-8 April lalu. Seleksi ini terbuka bagi siswa SMA/SMK/MA/MAK maupun pesantren mu’adalah kelas terakhir tahun 2021.

sc cnn

  • Bagikan