Ilmuwan Kembangkan Otak Manusia di Microchip, Lebih Murah dari Kopi

  • Bagikan
9ef4b558 o 1a63b8bmv17j57ok1ug4gcm1ecqa


cakrawalarafflesia – Para ilmuwan di Indian Institute of Technology Madras, Chennai (IITM) dan Massachusetts Institute of Technology (MIT), berhasil mengembangkan jaringan otak manusia dalam microchip yang bisa dicuci dan digunakan kembali, dengan biaya kurang dari secangkir kopi.

Sel-sel otak yang tumbuh di laboratorium diatur dalam kelompok kecil yang disebut organoid otak, yang dapat disaksikan para peneliti tumbuh secara real time.

Kelompok sel “otak mini” yang mirip dengan otak janin ini hidup di bagian kecil di microchip dan diberi makan dengan cairan kaya nutrisi yang dipompa secara berkala, meniru cara cairan bergerak melalui otak manusia.

Baca Juga :  Sony Digugat Karena Monopoli Penjualan permainan Online

Tim ilmuwan berhasil menumbuhkan organoid otak dengan cara ini selama lebih dari tujuh hari.

Baca Juga:
Penelitian: Rahasia Komunikasi Gorilla Terungkap

Selain menjelaskan proses perkembangan otak, jaringan yang dikembangkan di laboratorium juga memungkinkan para ilmuwan menguji bagaimana otak setiap pasien bereaksi terhadap obat tertentu.

“Tujuan saya adalah melihat teknologi ini menjangkau orang-orang di seluruh dunia yang membutuhkannya untuk perawatan kesehatan mereka,” kata Ikram Khan, ilmuwan dari IITM, dikutip dari Metro, Senin (12/4/2021).

Ilustrasi chip mikro. [Shutterstock]
Ilustrasi chip. [Shutterstock]

Sebelumnya, para peneliti telah menanam organoid otak di laboratorium, tapi tidak diberikan nutrisi untuk menghindari kontaminasi dari mikroorganisme di udara, membuatnya mati dalam beberapa hari.

Baca Juga :  Punya Banyak Fitur Kamera, OPPO Reno5 F Mampu Hasilkan Video dan Foto Menarik

Namun, para ahli sekarang menemukan metode baru yang melibatkan tabung miniatur, platform yang berkembang, saluran injeksi obat, dan pemanas di ruangan yang berukuran tidak lebih besar dari ibu jari manusia.

Chip tersebut juga dapat dicetak 3D menggunakan sejenis resin biokompatibel yang digunakan dalam operasi gigi.

Baca Juga:
Waspada! Diprediksi Jenis Virus Ini Bisa Picu Pandemi Berikutnya

Untuk menguji sistem, para peneliti menanamkan sel induk manusia yang mulai tumbuh sebagai sel otak ke dalam lubang microchip dan mengalirkan cairan yang dikontrol melalui chip tersebut, sembari mengamati perkembangannya dari atas dengan mikroskop.





Source link

  • Bagikan