Bikin SIM Baru via Aplikasi Sinar, Tes Praktik Tetap ke Satpas

  • Bagikan
6c84964c b372 432f 8b1a 7b9c6c65b937 169

Aplikasi pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), Sinar (SIM Presisi Nasional) yang rencananya dirilis hari ini, Senin (12/4), dipercaya akan memudahkan masyarakat lantaran sebagian besar pengurusannya bisa dilakukan online lewat ponsel. Walau begitu, khusus pembuatan SIM baru, pemohon tetap harus mengunjungi Satpas untuk uji praktik.

Uji praktik sejauh ini tak bisa, atau mungkin tidak diperbolehkan, dilakukan secara online. Uji praktik merupakan salah satu syarat penting untuk mengetes kemampuan mengemudi pemohon dan berinteraksi pada berbagai kondisi termasuk membaca rambu lalu lintas dalam kondisi sebenarnya.

Di Satpas pemohon tetap melakukan uji praktik seperti biasa menggunakan kendaraan motor atau mobil yang disediakan petugas di lapangan.

Baca Juga :  Program Subsidi Pekerja Berpeluang Diteruskan

Kepala Sub Direktorat SIM Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Komisaris Besar Jati mengatakan, selain uji praktek pada permohonan SIM baru, sebagian besar kepengurusan SIM Online yang lain bisa dilakukan melalui Sinar.

Ia menjelaskan layanan yang dapat dinikmati secara online lewat ponsel menggunakan aplikasi Sinar yakni ujian teori, pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi, dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes.

Selain itu masyarakat juga dapat melakukan perpanjangan SIM A (mobil) dan SIM C (motor) secara online melalui Sinar. Sedangkan registrasi SIM melalui Sinar dapat digunakan untuk semua jenis.

Baca Juga :  Lewat Skema Subsidi Pemerintah Beri Bantuan Pulsa Gratis

Untuk diketahui penggunaan Sinar secara otomatis menggantikan situs pengurusan online sebelumnya yakni melalui khusussim.korlantas.polri.go.id/devregistrasi/. Situs tersebut diketahui pertama diluncurkan 2019.

Aplikasi ini nantinya langsung dapat diunduh pada Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Jati yang dihubungi hari ini mengatakan pihaknya kini sedang melakukan persiapan peluncuran Sinar. Menurut Jati aplikasi Sinar jadi atau tidak dirilis hari ini tergantung situasi.

“Hari ini bisa rilis tapi nunggu gladi resik selesai,” kata Jati, Senin (12/4).

source cnnindonesia

  • Bagikan