Awas Pengusaha, Sederet Sanksi Menunggu Kalau Ogah Bayar THR

  • Bagikan
700345a7 menteri ketenagakerjaan ida fauziyah dalam acara outlook perekonomian indonesia 2021 169



menteri ketenagakerjaan ida fauziyah dalam acara outlook perekonomian indonesia 2021 169

Jakarta, cakrawalarafflesia – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah meminta pengusaha untuk membayar penuh tunjangan hari raya (THR) ke para pekerja dan buruh. Bukan hanya itu, THR juga harus diberikan secara tepat waktu.

Surat Edaran (SE) bahkan sudah dikeluarkan Nomor M/6/HK.041/IV/2021 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2021 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan. Penguasa ‘nakal’ akan dikenai sejumlah sanksi.

Baca Juga :  Kronologi Penyerangan dan Pembakaran Polsek Ciracas

“Pengusaha yang tidak membayar THR dalam waktu yang ditentukan, paling lambat tujuh hari sebelum hari raya dikenakan sanksi administratif, sesuai dengan ketentuan pemerintah Nomor 36 tentang pengupahan,” tegas Ida, Senin (12/4/2021).

Sanksi ini bisa saja berbentuk teguran tertulis, pembatasan kegiatan usaha, hingga penghentian sebagian atau seluruh alat produksi dan pembekuan kegiatan usaha. Meski sanksi berlaku, pengusaha tetap harus membayar THR beserta denda sesuai ketentuan perundangan.

Baca Juga :  Jreng! Hasil Survei Capres 2024: Anies Menang dari Prabowo?

Bagi pengusaha yang mengaku tak mampu membayar THR, mereka harus memberi laporan keuangan dua tahun terakhir. Waktu akan diberikan hingga H-1 jelang Idul Firti.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)




Source link

  • Bagikan