Ada Viral Cahaya Unik Usai Gempa Malang, BMKG: Tak Ada Kaitannya!

  • Bagikan
e465e487 51486 viral sinar aneh bak lightsaber di langit usai gempa malang ini sebabnya



51486 viral sinar aneh bak lightsaber di langit usai gempa malang ini sebabnya

cakrawalarafflesia – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menegaskan bahwa tak ada kaitannya sama sekali cakrawalarafflesia gempa Malang bermagnitudo 6,1 yang terjadi pada Sabtu (10/4/2021).

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, dalam penjelasannya di Facebook, Senin (12/4/2021) mengatakan bahwa cahaya unik di Malang, Jawa Timur itu sama sekali tak ada kaitannya dengan gempa tektonik sebelumnya.

“Cahaya yang muncul setelah gempa Malang dipastikan tak ada kaitannya dengan gempa yang terjadi. Tidak ada hubungan cakrawalarafflesia gempa Malang dengan sinar di langit saat itu,” tegas Daryono.

Baca Juga :  Gamer Profosional Bocorkan Senjata Call of Duty Warzone Season 3

Ia menjelaskan lebih lanjut bahwa gempa yang berpusat di lautan sebelah selatan Malang itu adalah adalah dinamika tektonik di dalam Bumi yang disebabkan oleh deformasi kerak Bumi.

Baca Juga:
Musala Rusak Pasca Gempa Malang, Warga Terpaksa Tak Salat Tarawih Pertama

Sementara cahaya unik yang viral disebar di media sosial tersebut merupakan fenomena atmosferik murni akibat adanya cahaya Matahari menerpa penghalang awan pada bagian yang lebih tipis.

Baca Juga :  Setelah Masker "Gaming", Razer Kenalkan Outfit Ramah Lingkungan

“Jadi tidak perlu dikait-kaitkan karena memang tidak ada hubungannya,” tegas Daryono.

Adapun gempa Malang dengan magnitudo 6,1 itu telah menyebabkan delapan orang tewas, puluhan orang luka, dan ribuan rumah serta fasilitas umum rusak.

Sementara penyebab gempa Malang adalah aktivitas lempeng di selatan Jawa, yakni lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia.

Baca Juga:
Penjelasan Petugas BMKG yang Pantau Hilal dari Ancol





Source link

  • Bagikan