7 Manfaat Buah Delima, Antioksidan hingga Kurangi Stres

  • Bagikan
b4838f1a e60b 4a28 b3d5 582377599f3b 169



b4838f1a e60b 4a28 b3d5 582377599f3b 169

Jakarta, cakrawalarafflesia —

Delima merupakan salah satu buah tersehat dengan berbagai nutrisi dan senyawa tumbuhan yang dikandungnya. Terdapat beberapa manfaat buah delima untuk kesehatan.

Delima, atau Punica granatum, dikategorikan sebagai berry yang berdiameter sekitar 5-12 cm. Buah ini memiliki bentuk bulat dan berwarna merah, terlihat seperti apel merah dengan batang berbentuk bunga.

Kulit buah delima tebal dan tidak bisa dimakan, tetapi ada ratusan biji yang bisa dimakan di dalamnya. Setiap biji dikelilingi oleh penutup biji merah, berair dan manis yang dikenal sebagai aril.

Biji dan aril dalam buah delima adalah bagian buah yang bisa dimakan – dimakan mentah atau diolah menjadi jus. Satu cangkir aril buah delima atau sekitar 174 gram mengandung:

– serat: 7 gram
– protein: 3 gram
– Vitamin C: 30 persen dari RDI
atau rekomendasi asupan harian
– Vitamin K: 36 persen dari RDI
– Folat: 16 persen dari RDI
– Kalium: 12 persen dari RDI
– Gula: 24 gram
– Kalori: 144 kalori

Penelitian telah menunjukkan bahwa buah delima memiliki beberapa manfaat bagi tubuh Anda, yang mungkin menurunkan risiko berbagai penyakit. Berikut 7 manfaat buah delima, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Antioksidan

Biji delima mendapatkan rona merah cerah dari polifenol. Bahan kimia ini adalah antioksidan kuat.

Seperti dilansir Medical News Today, jus buah delima mengandung tingkat antioksidan yang lebih tinggi daripada kebanyakan jus buah lainnya. Ini juga memiliki antioksidan tiga kali lebih banyak daripada anggur merah dan teh hijau.

Baca Juga :  Kasus Covid-19 B.1.1.7 bertambah, ini vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Antioksidan dalam jus delima dapat membantu menghilangkan radikal bebas, melindungi sel dari kerusakan, dan mengurangi peradangan.

2. Menurunkan tekanan darah

Minum jus delima setiap hari juga dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik.

Sebuah tinjauan komprehensif dari uji coba terkontrol secara acak menyatakan bahwa akan bermanfaat bagi kesehatan jantung untuk memasukkan jus delima setiap hari.

3. Meningkatkan kinerja seksual dan kesuburan

Konsentrasi antioksidan pada jus delima dan kemampuannya untuk memengaruhi stres oksidatif menjadikannya bantuan kesuburan yang potensial.

Stres oksidatif terbukti menyebabkan disfungsi sperma dan menurunkan kesuburan pada wanita.

Jus delima telah terbukti membantu mengurangi stres oksidatif di plasenta. Namun para peneliti belum mengetahui manfaat pasti yang mungkin diberikan oleh hal ini.

Minum jus delima juga dapat meningkatkan kadar testosteron pada pria dan wanita, salah satu hormon utama di balik dorongan seks.

4. Meningkatkan daya ingat

Ada beberapa bukti bahwa buah delima dapat meningkatkan daya ingat. Satu studi pada pasien bedah menemukan bahwa 2 gram ekstrak delima mencegah defisit memori setelah operasi.

Seperti dikutip Healthline, studi lain pada 28 orang dewasa yang lebih tua dengan keluhan memori menemukan bahwa 8 ons (237 ml) jus delima per hari secara signifikan meningkatkan penanda memori verbal dan visual.

Baca Juga :  Menderita diabetes melitus? Ternyata Rambut jagung efektif mengobati diabetes melitus

Studi pada tikus juga menunjukkan bahwa delima dapat membantu melawan penyakit Alzheimer.

5. Membantu pencernaan

Kita semua tahu bahwa serat baik untuk pencernaan. Menambahkan buah delima ke dalam makanan sehari-hari Anda bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk memasukkan serat dalam asupan harian Anda. Satu buah delima mengandung 45 persen dari asupan serat harian yang direkomendasikan.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kaya akan senyawa anti-inflamasi, manfaat buah delima sangat baik bagi mereka yang menderita gangguan terkait kekebalan seperti rheumatoid arthritis dan osteroarthrits.

Buah delima juga kaya vitamin C, yang meningkatkan produksi antibodi dan membantu pengembangan kekebalan. Dengan demikian, buah delima dapat membantu Anda menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan mencegah penyakit.

7. Menurunkan tingkat stres

Selain mengurangi stres oksidatif internal tubuh, buah delima juga membantu menurunkan stres psikologis yang Anda alami dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Queen Margaret University, orang yang minum jus delima memiliki kadar kortisol yang lebih rendah, hormon stres yang meningkat dalam situasi stres.

Itulah sejumlah manfaat buah delima bagi kesehatan tubuh.

(agn)

[Gambas:Video CNN]






Source link

  • Bagikan