5 Buah dan Sayuran yang Bantu Tubuh Terhidrasi saat Panas

  • Bagikan
420f94c8 6416 4192 917d 1b5ec5d687b3 169



420f94c8 6416 4192 917d 1b5ec5d687b3 169

Jakarta, cakrawalarafflesia —

Kala panas terik menyengat, mengonsumsi buah dan sayuran segar membantu Anda tetap terhidrasi. Buah dan sayuran segar itu bahkan bisa menjadi alternatif lebih baik ketimbang minuman bersoda.

Berikut 5 buah dan sayuran yang membantu tubuh tetap terhidrasi di tengah cuaca panas, seperti dilansir dari Times of India.

1. Mangga

Mangga adalah buah yang baik dan sarat dengan nutrisi untuk dikonsumsi di musim panas atau kemarau. Anda bisa membuatnya menjadi jus atau cukup dengan memakan buahnya secara langsung.

Buah ini memang tinggi kalori, jadi jika memperhatikan asupan kalori maka Anda harus memakannya dalam jumlah sedang. Buah berwarna oranye ini juga kaya akan A dan C, natrium, serat, dan lebih dari 20 mineral lainnya, yang dapat membantu meningkatkan kekebalan, mencegah obesitas, penyakit jantung, dan mengendalikan diabetes.

Baca Juga :  Menu Diet Tanpa Nasi untuk Seminggu

Selain itu, buah mangga juga mengandung 88 persen air sehingga cocok dimakan di musim panas dan membantu menjaga tingkat cairan tubuh Anda.

2. Semangka

Manis, enak dan menyegarkan, tidak ada yang lebih baik dari makan semangka di saat cuaca panas terik. Semangka terdiri dari 92 persen air dan salah satu makanan paling menghidrasi yang dapat Anda konsumsi.

Sarat dengan serat, vitamin C, Vitamin A, magnesium, potasium, dan antioksidan likopen, yang dapat menghindarkan Anda dari risiko terkena kanker dan stroke. Buah semangka juga memiliki sifat anti-inflamasi.

3. Jeruk

Buah jeruk adalah sumber potasium yang kaya, nutrisi yang sangat penting untuk membuat Anda tetap sehat di musim panas. Panas yang berlebihan menyebabkan hilangnya kalium dari tubuh melalui keringat, yang dapat menyebabkan kram otot.

Makan buah jeruk ini dapat membantu mengisi kembali pasokan nutrisi penting ini dan membuat Anda tetap terhidrasi. Mengandung 88 persen air, jeruk juga kaya vitamin C dan A, kalsium dan serat.

Baca Juga :  Makanan apa saja yang mengandung karbohidrat?

4. Mentimun

Sifat pendinginan alami buah mentimun ini dapat melindungi Anda dari dehidrasi dan kepanasan. Kaya vitamin K, kalium dan magnesium, mentimun mengandung 95 persen air dan sedikit kalori.

Buah mentimun juga dapat membantu mendetoksifikasi tubuh Anda dan menjaga kulit Anda sehat.

5. Tomat

Tomat memberi Anda beberapa nutrisi penting. Buah merah kaya akan vitamin A, B2, dan C, folat, kromium, serat, kalium, dan fitokimia.

Menambahkan buah yang berair ini ke sajian favorit Anda seperti salad Anda dapat mencegah Anda dari kanker, gangguan autoimun, dan penyakit jantung. Tomat terdiri dari 95 persen air.

(agn)

[Gambas:Video CNN]






Source link

  • Bagikan