Rumah Produksi Ragu, Perilisan Dune di HBO Max Potensi Mundur

  • Bagikan
23b25bc4 film dune 169



film dune 169

Jakarta, cakrawalarafflesia —

Perilisan film sci-fi Dune secara bersamaan di bioskop dan layanan streaming HBO Max berpotensi batal terjadi. NME melaporkan rumah produksi Legendary Entertainment dan Warner Bros. belum yakin dengan rencana yang mereka buat tersebut.

Rencana perilisan film bersamaan di bioskop dan HBO Max sejatinya merupakan strategi baru Warner Bros pada tahun ini. Total ada 17 film yang akan dirilis secara bersamaan di bioskop dan HBO Max, termasuk Dune.

Setidaknya sampai saat ini Warner Bros sudah merilis empat film dengan cara bersamaan di bioskop dan HBO Max, yaitu The Little Things, Judas And The Black Messiah, Tom & Jerry, dan Godzilla Vs. Kong.

Merujuk situs Box Office Mojo, hanya Tom and Jerry dan Godzilla Vs. Kong yang berhasil untung. Tom and Jerry yang diproduksi dengan biaya US$79 juta berhasil meraup pendapatan sebesar US$93,3 juta.

Kemudian Godzilla Vs. Kong yang diproduksi dengan biaya US$155-200 juta berhasil meraup pendapatan US$285,8 juta. Pendapatan film ini masih akan terus bertambah lantaran film masih tayang di berbagai negara.

Dua dari empat film yang berhasil untung adalah dua film dengan karakter yang dikenal sejak dulu dan telah memiliki basis penggemar. Sementara, dua film baru yang belum dikenal tidak berhasil untung.

Dune sendiri sebenarnya sudah dikenal dan memiliki basis penggemar sejak dulu. Pasalnya film ini merupakan adaptasi novel bertajuk sama karya penulis Frank Herbert yang rilis pada 1965 silam.

Terlebih novel itu sudah pernah diadaptasi menjadi film pada 1984. Kemudian pada tahun 2000 lalu diadaptasi menjadi serial televisi dan berhasil menjadi salah satu serial televisi bergenre fiksi ilmiah dengan nilai tertinggi sepanjang sejarah.

Meski demikian, Warner Bros belum yakin untuk merilis Dune secara bersamaan di bioskop dan HBO Max. Menurut NME, Dune akan dirilis lebih dulu di bioskop kemudian akan dirilis di HBO Max.

Sebelumnya, sutradara Dune, Denis Villeneuve, mengaku kurang setuju dengan rencana perilisan bersamaan. Ia menilai dengan perilisan seperti itu Dune tidak berkesempatan menunjukkan performa dari segi finansial yang didapat dari tiket penjualan bioskop.

“Warner Bros mungkin saja akan membunuh waralaba Dune (bila perilisan secara bersamaan di bioskop dan HBO Max dilakukan),” kata Villeneuve pada Desember lalu.

Sampai saat ini Dune dijadwalkan rilis di bioskop pada 1 Oktober 2021. Perilisan tersebut berpeluang berubah mengingat pandemi virus corona masih melanda dunia yang sangat berdampak pada industri film dan bioskop.

(adp/fjr)

[Gambas:Video CNN]






Source link

  • Bagikan