Gaya Balap Jorge Martin Disebut Mirip Tiga Rider Hebat MotoGP

  • Bagikan
da18e9a3 gaya balap jorge martin disebut mirip tiga rider hebat motogp


Berita MotoGP: Jorge Lorenzo menyebut gaya dan teknik rider debutan, Jorge Martin, mengingatkannya pada tiga mantan pebalap top di MotoGP.

Jorge Martin nyaris saja memenangkan balapan di MotoGP Doha, Minggu (4/4). Ia meraih pole position saat kualifikasi dan sanggup memimpin balapan selama 18 lap lamanya. Martin hanya bisa finis di posisi di posisi ketiga usai posisi terdepan direbut oleh Fabio Quartararo, kemudian kembali dilewati oleh Johann Zarco.

Akan tetapi, torehan rookie MotoGP dari Tim Pramac Racing itu dinilai sudah sangat baik. Hal itu juga diungkapkan oleh mantan rider sekaligus legenda MotoGP, yakni Jorge Lorenzo.

“Bagi saya, kejutan terbesar di GP Doha lalu adalah Jorge Martin. Sabtu (3/4/2021) lalu saya sudah bilang di Twitter bahwa seorang bintang telah lahir,” ujar Lorenzo via saluran YouTube resminya.

Baca Juga :  7 Fakta Menarik Usai Binder juarai MotoGP Ceko

Menurut Lorenzo, Martin sejatinya sudah menyandang status bintang karena ia adalah kampiun Moto3 2018. Meskipun saat naik ke kelas MotoGP ia belum menjuarai Moto2.

“Menurut saya, bintang di MotoGP adalah saat Anda melakukan satu pencapaian penting. Seperti mencetak pole position, merebut kemenangan, sampai meraih gelar juara dunia. Martin sudah mulai melakukan itu,” imbuh X-Fuera tersebut.

Lorenzo menjelaskan bahwa Martin mirip dengan tiga rider yang pernah menjadi bintang di kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor tersebut.

“Setelah balapan kedua MotoGP 2021, Martin mengingatkan saya pada Loris Capirossi secara fisik. Posturnya tidak terlalu tinggi, seperti Loris. Tapi Martin juga sangat kuat dan berotot, semacam (anjing) pitbull, sangat kuat dan sangat agresif,” jelas Lorenzo.

“Selain agresifitasnya, Martin juga mengerem sangat dekat dengan tikungan (late braking) seperti Stoner. Perhitungannya soal kapan harus melepas rem juga sangat baik, persis seperti yang dilakukan Stoner,” ungkapnya.

Baca Juga :  Franco Morbidelli Puas Akan Peningkatan Motor Yamaha

 Sementara rider terakhir yang mirip Martin adalah Lorenzo sendiri. Hal itu terlihat saat Lorenzo memperkuat skuad pabrikan Fiat Yamaha Team di Kejuaraan Dunia MotoGP 2010. Lorenzo menegaskan bila gaya dan teknik Jorge Martin di tengah tikungan mirip dengan yang pernah ia lakukan.

“Martin juga menggunakan siku untuk membantu keseimbangan dan bahkan juga bahunya di beberapa tikungan. Saya melihat itu di kualifikasi. Lalu soal kecepatan di tikungan. Martin sudah sangat baik melakukannya di atas Ducati dibanding Zarco yang terlihat konservatif, langsung melakukan pengereman. Zarco juga sering terihat tidak siap menghadapi tikungan,” tukasnya.

Artikel Tag: Jorge Martin, Jorge Lorenzo, MotoGP 2021





Source link

  • Bagikan