5 Jenis Kurma di Indonesia dan Manfaatnya

  • Bagikan
fa4f1e2b acf1 4165 9721 cee83ea25db1 169

Kurma merupakan buah yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia, terutama saat bulan Ramadan. Kenali jenis kurma di Indonesia dan manfaatnya untuk kesehatan.

Jenis kurma di Indonesia jumlahnya cukup beragam. Kurma yang beredar di Indonesia juga tak hanya berasal dari Timur Tengah saja.

Semua jenis kurma kaya akan manfaat. Setiap buah kurma tinggi nilai gizi seperti vitamin, serat, dan antioksidan. Kandungan nutrisi ini bermanfaat menjaga kesehatan tubuh.

Berikut jenis kurma di Indonesia dan manfaatnya.

1. Kurma ajwa

 

 

 

 

 

 

 

Ajwa Dates or Ilustrasi kurma ajwa, salah satu jenis kurma di Indonesia yang kaya manfaat.(Foto: iStockphoto/Rizal Mansor)

 

Kurma ajwa atau kurma nabi adalah salah satu kurma yang terkenal dan banyak dicari di Indonesia. Kurma ini berasal dari wilayah Arab Saudi bagian barat.

Ciri-ciri kurma ajwa adalah memiliki warna hitam dengan rasa yang tidak terlalu manis. Tekstur dari kurma ajwa lebih lembut ketika digigit

Manfaat kurma ajwa

Berdasarkan hasil penelitian King Saud University, kurma ajwa bermanfaat sebagai anti-inflamasi yang dapat mencegah kerusakan sel. Kandungan glikosida dan flavonoid pada kurma ajwa yang tinggi berguna sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas.

Kurma ajwa juga disebut bermanfaat menjaga kesehatan otak. Gula dalam kurma ajwa yang bersifat monosakarida juga bisa dikonsumsi bagi penderita diabetes tipe-2.

2. Kurma Sukari

 

 

 

 

 

 

 

Various of dried dates or kurma in a vintage plates.Ilustrasi aneka jenis kurma di Indonesia dan manfaatnya. (Foto: iStockphoto/Galiyah Assan)

 

Jenis kurma di Indonesia yang juga banyak disukai adalah kurma sukari. Kurma sukari bahkan disebut sebagai kurma keluarga kerajaan Arab Saudi. Kurma ini berasal dari wilayah budidaya di Al Qaseem, Arab Saudi.

Kurma sukari memiliki rasa yang legit, manis serta daging yang lembut. 

Manfaat Kurma Sukari

Dikutip National Center for Biotechnology Information, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kurma sukari bermanfaat sebagai antioksidan.

Gula alami seperti glukosa, sukrosa dan fruktosa dalam kurma sukari mudah dicerna sehingga bisa meningkatkan energi.

Kurma sukari juga mengandung vitamin A yang berperan menjaga sistem imunitas tubuh. Kurma sukari juga mengandung nutrisi penting lainnya magnesium, florida, zat besi serta asam amino.


Jenis Kurma di Indonesia dan Manfaatnya

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Baca Juga :  Doa Lailatul Qadar dan Artinya yang Dibaca Rasulullah
  • Bagikan