Tips Memecahkan Telur Agar Bagian Kuning Tak Berantakan

  • Bagikan
98cd26f0 1b43 4360 8e0c 285739543f1a 169

Telur jadi makanan favorit banyak orang. Tapi, sering kali orang salah saat memecahkan telur yang akan dimasak.

Sebagian besar hidangan telur mengharuskan telur untuk dipecahkan terlebih dahulu. Untuk itu, Anda perlu memecahkan telur dengan cara yang tepat.

Memecahkan telur mungkin tampak sederhana. Namun, faktanya banyak orang kerap melakukan kesalahan saat memecahkan telur. Akibatnya, bagian kuning telur menjadi berantakan atau ada potongan cangkang yang terbawa masuk ke dalam adonan.

Di mana Anda perlu memecahkan telur? Banyak orang memecahkan telur dengan menggunakan tepi permukaan yang tajam.

“Tepi ini bisa menjadi sisi mangkuk atau tepi wadah dan perkakas lain,” ujar koki, Nick Korbee, melansir Today. Metode ini, ujar dia, membutuhkan kecepatan.

Baca Juga :  Resep Pepes Tahu Jamur Tanpa Daun Pisang

Namun, metode dengan menggunakan tepi permukaan yang runcing tak selalu menjadi ide terbaik. “Metode ini cenderung meninggalkan pecahan cangkang telur ke dalam putih dan kuning telur,” ujar Korbee.

Sebagai cara terbaik, Korbee justru menyarankan Anda untuk memecahkan telur dengan bantuan permukaan datar atau meja. Teknik ini, sebut dia, paling baik untuk memastikan kuning telur tetap utuh dan tak ada potongan cangkang yang tersisa.

Baca Juga :  Resep Tumis Tempe Saus Tiram yang Murah dan Enak Banget!

Lalu, bagaimana jika masih ada potongan cangkang yang tersisa dan masuk ke dalam adonan?

“Itu terjadi pada banyak orang,” kata Korbee.

Namun, Anda tak perlu panik. Untuk mencegahnya, Anda disarankan untuk tidak langsung memasukkan telur ke dalam adonan atau ke dalam wajan.

Alih-alih demikian, Anda disarankan menggunakan mangkuk terpisah terlebih dahulu dan menyisir cangkang yang tersisa.

Perlu diketahui, putih telur cenderung menempel pada jari yang kering. Tangan yang kering akan membuat Anda lebih mudah untuk mengeluarkan cangkang yang tercampur ke dalam putih telur.

(asr)


Source link

  • Bagikan