Jenis Pupuk yang Cocok untuk Tanaman Hias

  • Bagikan
f4be8012 ilustrasi pupuk kompos 169

Bagi penyuka atau pemelihara tanaman, penggunaan pupuk untuk tanaman hias adalah wajib. Pupuk membantu tanaman untuk tumbuh subur.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda perlu mengetahui jenis pupuk yang cocok untuk tanaman hias karena tiap-tiap tanaman memiliki kebutuhan pupuk yang berbeda.

Jenis Pupuk

Ada dua jenis pupuk yang tersedia di pasaran yakni pupuk organik dan anorganik. Pupuk organik umumnya lebih populer digunakan karena lebih menggemburkan tanah dan membantu tanaman menyimpan air lebih baik.

Pupuk organik merupakan pupuk yang berasal langsung dari kotoran hewani, sehingga kaya kandungan nutrisi alami yang baik tanah dan mikroorganisme tanah.

Sedangkan pupuk anorganik merupakan pupuk buatan dari zat kimia yang mudah larut sehingga dapat langsung diserap tanaman tanpa membutuhkan proses penguraian.

Berikut jenis pupuk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari tanaman hias Anda.

1. Pupuk Kandang

Ilustrasi Aayam dalam KandangFoto: giallopudding/Pixabay
Ilustrasi. Pupuk kandang adalah salah satu jenis pupuk yang cocok untuk tanaman hias guna meningkatkan kesuburan dan kesehatan tanaman.

Pupuk kandang merupakan pupuk yang terbuat dari kotoran ternak, seperti kambing, kuda, ayam, sapi, kerbau, babi, dan lain sebagainya.

Pupuk kandang mengandung padat unsur hara yang bermanfaat untuk memperbaiki struktur tanah, meningkatkan kesuburan dan kesehatan tanaman.

Penggunaan pupuk kandang yang baik adalah dengan cara dibenamkan untuk mengurangi penguapan unsur hara.

Baca Juga :  Berpengaruh Kah Pupuk Organik Cair Pada Perawatan Monstera?

Sementara untuk pupuk kandang cair, penggunaan paling baik dilakukan setelah tanaman tumbuh sehingga unsur hara dapat terserap cepat oleh tanaman.

2. Kompos

Cover Fokus Pikat Pesona Tanaman HiasFoto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi
Ilustrasi. Pupuk kompos adalah salah satu jenis pupuk yang cocok untuk tanaman hias guna memperkuat unsur hara dan memperbaiki drainase tanah.

Kompos termasuk pupuk organik karena terbuat dari sisa bahan yang berasal dari tanaman, hewan, dan limbah organik yang telah mengalami proses dekomposisi dan fermentasi.

Tanaman yang sering dijadikan sebagai bahan kompos adalah jerami, sekam padi, sabut kelapa, dan sayuran busuk.

Bahan hewan yang digunakan untuk kompos di antaranya adalah kotoran ternak, urine ternak, sisa pakan ternak, dan cairan biogas. Sementara bahan tanaman yang digunakan untuk kompos adalah ganggang biru, eceng gondok, gulma air, dan azolla.

Salah satu jenis pupuk yang cocok untuk tanaman hias ini memiliki sejumlah manfaat. cakrawalarafflesia lain, memperbaiki struktur tanah, memperkuat unsur hara khususnya terhadap jenis tanah berpasir.

Kemudian meningkatkan daya tahan dan daya serap air, memperbaiki drainase dalam tanah, serta menambah dan mengaktifkan unsur hara.

3. Urea

Pupuk urea adalah pupuk berbahan kimia dengan kandungan nitrogen tinggi. Pupuk urea memiliki ciri berupa berbentuk butir-butir kristal berwarna putih. Sifatnya mudah larut dan terserap air.

Merujuk Agrotek, unsur nitrogen merupakan salah satu zat hara yang sangat dibutuhkan tanaman untuk memaksimalkan pertumbuhan tinggi tanaman.

Selain itu dengan memberikan pupuk urea pada tanaman hias, batang dan cabangnya akan tumbuh lebih kokoh, daunnya pun juga jadi lebih hijau dan rimbun.

Jumlah kandungan nitrogen dalam pupuk urea mencapai 46 persen atau setiap 100 kilogram pupuk urea mengandung 46 kilogram nitrogen. Karenanya hindari meletakkan pupuk urea di bawah sinar matahari atau berdekatan dengan air.

4. NPK

Close up of pink Impala Lily flowers,Impala Lily,Desert rose flower from tropical climateFoto: iStockphoto/Joejoesang
Ilustrasi. Pupuk kandang adalah salah satu jenis pupuk yang cocok untuk tanaman hias guna memaksimalkan pertumbuhan dan mempercepat pembungaan.

Pupuk NPK merupakan pupuk dengan kandungan tiga unsur makro utama yakni Nitrogen (N), Fosfor (P), dan Kalium (K).

Bentuk fisik pupuk NPK yang beredar di pasaran sangat beragam, seperti pelet, briket, kristal, bubuk, hingga cair dengan komposisi kandungan yang berbeda-beda.

Secara umum, pupuk NPK membantu pertumbuhan tanaman dan mempercepat pembungaan pada tanaman hias berbunga.

Kandungan nitrogen membantu tanaman menjadi lebih segar dan hijau, kemudian fosfor memacu pertumbuhan akar, jaringan, pembentukan bunga, dan daya tahan tanaman terhadap penyakit.

Sementara kandungan kalium membantu tanaman dalam penyerapan air dan hara dalam tanah. Kalium juga membantu tanaman menyalurkan hasil asimilasi ke seluruh jaringan tanaman.

Itulah jenis pupuk yang cocok untuk tanaman hias yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tanaman masing-masing

(imb/fef)


  • Bagikan
Positive SSL