Doa Khatam Quran, Dibaca Saat Selesai Membaca Alquran

  • Bagikan
80fddaac 7f5d 4c71 8b5c d328130ff288 169

Khatam quran adalah istilah saat seseorang telah berhasil membaca Alquran hingga selesai. Terdapat doa khatam quran yang dibaca saat selesai membaca atau menamatkan Alquran.

Khatam quran berasal dari kata khatam dan quran. Khatam bermakna tuntas. Sehingga khatam quran berarti berhasil membaca Alquran hingga tuntas dari surat Al-Fatihah hingga surat terakhir di dalam Alquran yakni surat An-Nas.

Setelah menamatkan Alquran terdapat doa khatam quran yang bisa dibaca. Doa ini bisa dibaca sendiri-sendiri ataupun beramai-ramai. Sering kali di sejumlah daerah di Indonesia, khatam quran dirayakan dengan meriah seperti arak-arakan atau pawai. Doa khatam quran dibaca bersama dalam perayaan ini.

Doa khatam quran ini berisi permohonan dan harapan agar selalu dirahmati dengan Alquran.

Berikut bacaan doa khatam quran

Jamaah berdoa usai sholat Ashar di Masjid Cut Mutia, Jakarta. CNN Indonesia/Safir MakkiDoa khatam quran dibaca setelah selesai menamatkan Alquran. (Foto: cakrawalarafflesia/Safir Makki)

أَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ, وَاجْعَلْهُ لِي إِمَاماً, وَنُوْراً, وَهُدًى وَرَحْمَةً, أَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نَسِيْتُ, وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ, وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آناَءَ اللَّيْلِ, وَأَطْرَفَ النَّهَارِ , وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahummarhamni bil quran. Waj’alhu lii imaama wa nuran wa hudan wa rohman. Allaahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa ‘allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aaa-allaili wa’atrofannahaar waj’alhu lii hujatan yaa rabbal ‘aalamin.”

Artinya:

Baca Juga :  3 Kewajiban Istri Terhadap Suami dalam Islam yang Perlu Diketahui

Ya Allah, rahmatilah aku dengan Alquran. Jadikan lah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkan aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai Tuhan Semesta Alam.

Membaca dan mengkhatamkan Alquran memiliki sejumlah keutamaan.

Berikut keutamaan membaca Aquran

1. Amalan yang dicintai Allah

Umat Islam melakukan tadarus Alquran di rumahnya usai melaksanakan shalat tarawih di Kelurahan Gladak Anyar, Pamekasan, Jawa Timur, Kamis (23/4/2020). Sebagian warga di kabupaten tersebutmelaksanakan ibadah shalat tarawih dan tadarus di rumah masing-masing mengikuti imbauan pemerintah terkait Pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Saiful Bahri/aww.Doa khatam quran dapat dibaca bersama-sama maupun sendiri-sendiri. (Foto: cakrawalarafflesia FOTO/Saiful Bahri)

Dalam hadis riwayat Tarmidzi, Rasulullah menyebut membaca Alquran dari awal sampai akhir merupakan amalan yang dicintai oleh Allah SWT

“Dari Ibnu Abbas RA menceritakan bahwa suatu hari, ada seorang sahabat yang bertanya kepada Rasulullah SAW. ‘Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?’

Beliau menjawab, ‘Al-hal wal murtahal.’ Orang ini bertanya lagi, ‘Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?’

Beliau menjawab, ‘Yaitu yang membaca Alquran dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal,’” hadis riwayat Tirmidzi.

2. Mendapat syafaat di hari kiamat

Dalam hadis riwayat Imam Muslim, Rasulullah memerintahkan untuk membaca Alquran karena akan menjadi penolong atau syafaat di hari kiamat kelak.

Baca Juga :  Hikmah di Balik Wafatnya Paman Nabi Muhammad SAW

3. Bersama para malaikat di hari akhir

“Dari Aisyah RA, berkata; bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang membaca Alquran dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah,” hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim.

4. Diangkat derajatnya oleh Allah SWT

Umat Muslim berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.Doa khatam quran berisi harapan agar selalu dirahmati Alquran. (Foto: cakrawalarafflesia FOTO/Saiful Bahri)

Allah SWT akan mengangkat derajat suatu kaum yang membaca Alquran. Hal ini sesuai dengan hadis riwayat Imam Muslim dari Umar bin Khattab.

5. Sebaik-baiknya manusia

Hadis riwayat Tirmidzi menyebutkan sebaik-baiknya manusia adalah yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya.

6. Diberikan ketenangan

Allah SWT berjanji memberikan ketenangan untuk setiap orang yang membaca dan khatam quran.

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Alquran dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, akan dilingkupi pada diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat, dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka di hadapan makhluk yang ada di dekatNya,” hadis riwayat Imam Muslim.

Setelah selesai membaca dan menamatkan Alquran, bacalah doa khatam quran agar mendapat rahmat dan keutamaan Alquran.

(din/ptj)


Source link

  • Bagikan