Rumus Luas Lingkaran, Ini 4 Cara Menghitungnya

  • Bagikan
6f1fe557 o 1aua26rs31hql2aavjq1ovvj77a



o 1aua26rs31hql2aavjq1ovvj77a

cakrawalarafflesia – Sebagian orang mungkin merasa bahwa menghitung luas lingkaran itu tidaklah mudah, tidak semudah menghitung luas persegi ataupun persegi panjang. Apakah kamu adalah satunya? Jika iya, simak penjelasan mengenai rumus lingkaran berikut ini. 

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk menentukan luas sebuah lingkaran, asalkan nilai salah satu bagian lingkaran tersebut diketahui. Misalnya panjang jari-jari, panjang diameter, keliling, ataupun luas juring. Setelah itu, kamu hanya perlu menggunakan rumus luas lingkaran.

Dalam menentukan luas lingkaran, kamu perlu mengingat nilai konstanta π. Nilai π dengan 20 desimal adalah 3,14159265358979323846, namun pada umumnya, nilai π yang digunakan hanya dua desimal saja, yaitu 3,14. Selain itu, nilai π juga dapat dituliskan dalam bentuk pecahan, yaitu 22/7.

Baca Juga :  Fitur Baru Apple Cegah Pengiklan Lacak Aktivitas Internet

Rumus Luas Lingkaran

Baca Juga:
Rumus Keliling Lingkaran: Cara Menghitung dan Contohnya

Berikut rumus luas lingkaran yang dihitung dengan menggunakan jari-jari, diameter, keliling, hingga luas lingkaran.

1. Jari-jari Lingkaran

Apabila panjang jari-jari lingkaran diketahui dalam soal, maka luas lingkaran dapat ditentukan dengan rumus L= πr². Kuadratkan panjang jari-jari, kemudian kalikan dengan konstanta π.

Baca Juga :  Tersedia Terbatas, OPPO A74 5G Resmi Diboyong ke Indonesia

Misalkan panjang jari-jari lingkaran adalah 8 cm, maka luas lingkaran tersebut adalah L= π(8)²= 64π, atau 200,96 cm2. 

2. Diameter Lingkaran

Baca Juga:
Rumus Volume Balok dan Contoh Soalnya

Terkadang, ada beberapa soal yang tidak memuat informasi panjang jari-jari, tetapi hanya memuat informasi tentang panjang diameter (d). Penting untuk diketahui, bahwa diameter lingkaran adalah dua kali jari-jari lingkaran. Maka, dapat diperoleh rumus d = 2r <=> r = 1/2d





Source link

  • Bagikan