NASA Pastikan Tak Ada Pelangi di Mars

  • Bagikan
95dcb988 47868 pelangi di mars



47868 pelangi di mars

cakrawalarafflesia – Foto pelangi di Mars mendadak viral pekan ini. Pertama kali disebarkan di Twitter oleh akun resmi wahana Perseverance milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Dalam foto itu terlihat lengkungan mirip pelangi di langit kelabu Mars. Di bawahnya tampak bentangan gurun pasir cokelat di planet merah tersebut. Foto itu sendiri diambil pada 4 April 2021 kemarin.

Tetapi pertanyaannya kemudian adalah apa benar ada pelangi di Mars?

NASA dalam pernyataan resminya Rabu (7/4/2021) menegaskan bahwa fitur mirip pelangi dalam foto yang diambil Perseverance itu sebenarnya adalah efek pijar lensa atau lens flare.

Baca Juga :  Indonesia Jadi Pasar Terbesar, BiP Rilis Fitur Migrasi Percakapan Individu dan Grup

Baca Juga:
Keren! Begini Penampakan Pelangi di Mars

“Banyak yang bertanya, apa ada pelangi di Mars? Tidak. Pelangi tidak mungkin terjadi di Mars,” tegas NASA dalam keterngan yang diunggah di akun Twitter resmi Perseverance.

Lebih lanjut NASA membeberkan bahwa pelangi tercipta ketika cahaya dibiaskan oleh tetes air. Sementara di Mars tidak ada air dalam bentuk cair, sehingga pelangi tak mungkin ada.

“Lengkungan di langit itu sebenarnya hanyalah pijar lensa,” tegas NASA.

Baca Juga :  Gratis! Pengguna Windows 7 dan 8.1 Upgrade ke Windows 11

Perseverance sendiri mendarat di Mars pada 18 Februari lalu. Saat ini wahana milik NASA itu sedang bersiap menyaksikan penerbangan perdana helikopter Mars, Ingenuity. Rencananya Ingenuity akan terbang pada 11 April, akhir pekan ini.

Setelah Ingenuity terbang, Perseverance akan fokus pada tugasnya untuk mencari tanda serta bekas kehidupan purba di Kawah Jazero, lokasi pendaratannya yang diduga kuat sebagai bekas danau miliaran tahun silam.[Space.com]

Baca Juga:
Perseverance Temukan Batu Hijau Misterius di Mars





Source link

  • Bagikan
Positive SSL