Adab dan Doa Masuk-Keluar WC

  • Bagikan
4a28c520 44c5 41db bbe2 d0d5bf71dbec 169

Membaca doa masuk WC merupakan suatu amalan wajib yang harus dilakukan oleh seorang Muslim supaya terhindar dari berbagai gangguan setan.

Pasalnya, WC atau kamar mandi adalah tempat yang paling kotor dan sangat disukai setan atau iblis.

Sebuah hadis Rasul menerangkan bahwa iblis pernah meminta kepada Allah sebuah tempat tinggal sebagaimana anak Adam tinggal.

“Ya Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat untuk tinggal di bumi, maka berilah aku pula tempat tinggal,” kata iblis.

Sementara itu Allah pun berfirman, “Tempat tinggalmu adalah kamar mandi (WC atau jamban).” (HR Bukhari).

Dilansir dari NU Online, selain memanjatkan doa, ada sejumlah adab yang perlu diperhatikan ketika sedang di dalam WC, di antaranya:

Ilustrasi Kamar MandiFoto: stevepb/Pixabay
Ilustrasi. WC atau kamar mandi adalah tempat yang disukai setan. Untuk itu, ketahui doa masuk dan keluar WC beserta adab saat berada di dalam WC.

1. Dahulukan kaki kiri sebelum masuk WC.

Baca Juga :  Doa Setelah Baca Surat Al Mulk yang Diajarkan Nabi Muhammad

2. Tidak menghadap ke arah kiblat.

3. Membaca doa masuk WC.

بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ

Bismillahi Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khabaitsi.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan iblis jantan dan betina.”

4. Tidak membuang air kecil atau besar sembarangan atau di lantai toilet, melainkan harus di tempat kakus yang sudah disediakan.

5. Duduk saat buang air kecil atau besar.

6. Menuntaskan keluarnya kotoran.

7. Melakukan istinja atau cebok dengan tangan kiri.

8. Tidak bernyanyi di dalam kamar mandi atau WC.

9. Membaca doa keluar WC.

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ لِلهِ الذي أَذْهَبَ عَنِّيْ الْأَذَى وَعَافَانِيْ اللهم اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ. اللَّهُمَّ طَهِّرْ قَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْجِيْ مِنَ الْفَوَاحِشِ

Baca Juga :  Niat Doa Zakat Fitrah Mal Untuk Diri Sendiri Dan Keluarga

Guhfroonaka alhamdulillahi alladzi adzhaba ‘anni al-adza wa ‘aafaani. Allahumma ij’alni minat tawwaabiina waj’alni minal mutathohhiriin. Allahumma thohhir qolbi minan nifaaqi wa hashshin farji minal fawaahisyi.

Artinya: “Dengan mengharap ampunanmu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku, dan mensehatkan aku. Ya Allah, jadikanlah aku sebagian dari orang yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagian dari orang yang suci. Ya Allah, bersihkan hatiku dari kemunafikan, dan jaga kelaminku dari perbuatan keji (zina).”

Apabila ketika di dalam WC atau kamar mandi tidak sengaja melakukan kesalahan, maka setelah keluar dari tempat tersebut perbanyak membaca istigfar dan memohon ampun kepada Allah.

Itulah bacaan doa masuk WC dan keluar, disertai adab-adab yang perlu dilakukan saat di dalamnya sesuai dengan perintah Allah.

(avd/fef)


Source link

  • Bagikan
Positive SSL