Memilih Jenis Yoga yang Tepat Sesuai Kebutuhan Tubuh

  • Bagikan
6488a3b7 ilustrasi yoga lotus 169

Yoga tak lagi sekadar olahraga bagi beberapa kalangan saja. Kini, olahraga yang mengutamakan gerakan tubuh dan meditasi menjelma menjadi gaya hidup sehat di era modern.

Secara umum, yoga dapat melatih fleksibilitas dan kekuatan otot serta meningkatkan kesehatan paru-paru dan jantung. Selain fisik, manfaat bagi kesehatan mental juga bisa didapat jika dilakukan secara konsisten. Tak heran apabila yoga telah dipraktikkan selama ribuan tahun.

Tetapi dengan begitu banyak teknik dan gaya yoga yang bisa ditemukan membuat pemula cukup kebingungan menentukan gerakan yoga yang cocok. Tak sembarang yoga bisa dicoba sekaligus. Sebelum memutuskan melakukan yoga, tentukan dulu jenis yoga yang sesuai kemampuan dan kebutuhan kesehatan Anda.

Berikut 10 jenis yoga yang bisa dilakukan dan disesuaikan dengan kebutuhan, melansir dari beberapa sumber, Senin (2/8).

1. Vinyasa yoga
Yoga gaya Vinyasa menggabungkan serangkaian gerakan yang mengalir dengan pernapasan berirama untuk melatih tubuh dan pikiran secara intens. Gerakan dalam vinyasa yoga terbilang lebih atletis dan membutuhkan latihan fisik yang cukup keras. Masing-masing gerakan terkoordinasi dengan satu tarikan napas.

Yoga jenis ini cocok untuk Anda yang ingin membentuk tubuh. Yoga ini melatih inti tubuh dan sekaligus menjadi pengganti olahraga kardio.

2. Nidra yoga
Yoga ini cocok dilakukan ketika sedang lelah atau punya pikiran yang berat karena dapat melemaskan sistem saraf, meningkatkan relaksasi, dan membuang stres.
Yoga nidra dilakukan dalam keadaan tidur nyenyak namun berada pada kondisi cakrawalarafflesia bangun dan tidur. Anda bisa melakukannya dengan berbaring di lantai sambil berselimut. Beberapa orang mengklaim 45 menit yoga nidra setara dengan tidur tiga jam.

3. Dharma yoga
Disebut juga sebagai Master Hatha-Raja Yoga klasik, Sri Dharma Mittra, gaya yoga satu ini dianggap cukup menantang dan punya gerakan dinamis. Dharma yoga sedikit lebih sulit dilakukan karena sebagian besar pose dilakukan dalam durasi yang lebih lama daripada yoga Vinyasa biasa.

Terdapat banyak variasi pose Dharma yoga, namun pose atau gerakan yang menjadi ciri khas paling terkenal adalah headstand. Dharma yoga cocok bagi Anda yang merasakan keadaan tubuh tidak seimbang dan ingin melatih kontrol tubuh. Selain itu, juga cocok untuk Anda yang hobi menari dan suka bergerak bebas.

Baca Juga :  2 Cara Membiasakan Diri Makan Sayur dan Buah

4. Wheel yoga
Wheel yoga menekankan gerakan-gerakan unik yang dapat mengembalikan postur tubuh, terutama bagian tulang punggung. Yoga jenis ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang banyak menghabiskan waktu dengan duduk membungkuk di depan meja sepanjang hari, contohnya pekerja kantoran.

Untuk mempraktikkan wheel yoga, tekuk tubuh Anda ke belakang (berlawanan dari membungkuk), sembari perlahan memijat tulang belakang dan meregangkan jaringan fasia. Wheel Yoga bermanfaat untuk Anda yang senang merelaksasi bagian tubuh dari sudut yang berbeda dan dengan cara yang menyenangkan.

A group of people participate in a yoga session taught by Radha Silva on the beach in Miami Beach, Florida, on March 23, 2021. - Hordes of drunken revellers ignoring the pandemic have forced parts of Miami Beach into a state of emergency but, just blocks away, locals organize trash collection and do yoga in the morning calm. About a dozen early-risers, most of them residents, gather on the beach in front of a lifeguard hut for a yoga class that begins as the sun rises over Florida. (Photo by CHANDAN KHANNA / AFP)Foto: AFP/CHANDAN KHANNA
yoga

5. Kundalini yoga
Yoga ini menggabungkan gerakan lengan atau tangan yang menyenangkan dengan menerapkan teknik pernapasan dinamis, meditasi, dan kadang sambil membacakan ‘mantra’ untuk membangun vitalitas tubuh.

Kundalini sering disamakan dengan metode detoksifikasi yang bisa membantu meningkatkan kesehatan mental sekaligus memperkuat sistem saraf. Yoga ini bisa dicoba ketika dalam kondisi stamina fisik dan mental yang sedang menurun atau stres.

6. Acroyoga
Acroyoga merupakan kombinasi cakrawalarafflesia akrobat dan yoga. Sesuai istilahnya, acroyoga melibatkan dua orang yang saling bertumpu satu sama lain–satu berada di atas dan satu berada di bawahnya.

Aktivitas acroyoga dipercaya bisa membangun kepercayaan, koneksi, komunikasi, dan merasakan pengalaman yang lain. Acroyoga cocok untuk Anda yang ingin melakukan olahraga menyenangkan sekaligus menjelajahi kegiatan yang menantang Anda.

7. Jivamukti Yoga
Jika Anda sedang mencari jenis yoga yang sangat meditatif tetapi menantang secara fisik, Anda perlu mencoba Jivamukti yoga. Dengan menggabungkan banyak gerakan dari delapan anggota tubuh, yoga ini mengajarkan aspek inti dari filosofi yoga.

Jivamukti yoga memadukan cakrawalarafflesia nyanyian atau pembacaan mantra, meditasi, musik yang bertujuan untuk menemukan kedamaian.

8. Integral yoga
Yoga integral merupakan kombinasi dari beberapa yoga yang dirancang untuk melatih semua bagian tubuh secara sistematis, dari fisik hingga aspek emosional dan mental.

Baca Juga :  8 Kiat mencegah Covid-19 akibat virus corona B.1.1.7 yang sudah masuk Indonesia

Gerakan Integral yoga cenderung lembut, lambat, dan mudah dilakukan. Selain itu, gerakan dalam yoga ini juga dapat memberikan penekanan yang konsisten, relaksasi yang dalam, dan meditasi. Yoga ini sangat pas untuk Anda yang ingin meraih perasaan damai dan bahagia.

9. Bikram Yoga
Rutin melakukan Bikram yoga dapat mempercepat detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh secara alami, sehingga cocok untuk Anda yang ingin membakar kalori dengan cara yang berbeda.

Yoga ini dipopulerkan oleh guru yoga asal India bernama Bikram Choudhury. Bikram melatih metode ini dengan 26 gerakan dan 2 latihan pernapasan yang dilakukan dalam suhu 105 derajat dengan kelembapan 40 persen selama 90 menit.

Kondisi seperti itu merangsang tubuh memproduksi keringat. Keringat yang dikeluarkan merupakan urutan spesifik dari gerakan yang dilakukan secara sistematis dari setiap bagian tubuh, mulai dari tulang ke kulit, kemudian membantu melancarkan aliran darah dan oksigen ke setiap organ internal, vena, kelenjar, hingga serat.

Young athletic woman in cobra pose practicing Yoga with her dog at home.Foto: iStockphoto/Drazen Zigic
ilustrasi yoga

10. Mandala Flow
Ketika sering merasa malas, kurang bersemangat, dan stres, coba lakukan yoga Mandala. Yoga ini membantu Anda mengeksplorasi gerakan-gerakan baru untuk tubuh dan bergerak dengan lebih banyak kebebasan, yang bisa menjadi cara efektif untuk melepas stres atau hawa kemalasan.

Gerakan yoga Mandala tergolong dinamis, biasanya dimulai dan diakhiri dengan beberapa pose yin yang berdurasi lama dan berfkus pada kekuatan otot. Rutin melakukan yoga jenis ini akan memberi energi ekstra di pagi hari sekaligus meningkatkan semangat dan kebahagiaan sepanjang hari.

Itulah 10 jenis yoga dan bisa disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan tubuh. Jika Anda pemula, sangat disarankan untuk mengikuti kelas yoga yang biasanya terdapat pada pusat kebugaran (gym), studio tari, dan klub kesehatan. Jangan lupa ceritakan terlebih dahulu kepada instruktur mengenai kondisi kesehatan Anda misalnya mengidap hipertensi, radang sendi, atau cedera fisik agar jenis yoga Anda disesuaikan.

(fef)


Source link

  • Bagikan