3 Manfaat Ajaib Okra untuk Penderita Diabetes

  • Bagikan
50f962c5 15eb 4279 913f a80d8afff143 169

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) di atas batas normal. Oleh karena itu, diet memainkan peran penting dalam menjaga kadar glukosa dan menjauhkan semua komplikasi terkait pada penderita diabetes.

Okra atau lady finger adalah salah satu makanan terbaik dengan efek antidiabetes dan hipoglikemik yang dapat membantu menurunkan kadar glukosa dalam tubuh.

Sebagaimana dikutip Boldsky, sayuran ini juga dikenal memiliki sifat antihiperlipidemia untuk menghambat penyerapan kolesterol sehingga dapat menurunkan lemak dan lemak dalam darah.

Okra juga dapat membantu meningkatkan fungsi sel pankreas dan menurunkan kejadian disfungsi sel beta karena faktor genetik.

Bagaimana okra dapat membantu mengatasi diabetes?

1. Indeks glikemik rendah

Makanan yang rendah indeks glikemik direkomendasikan oleh para ahli untuk dimasukkan dalam diet diabetes. Okra memiliki indeks glikemik 20 yang artinya, konsumsi sayuran ini cenderung menaikkan kadar glukosa dengan sangat lambat karena membutuhkan waktu lebih lama untuk terurai di usus.
Penderita diabetes dapat dengan mudah mengemil resep okra untuk mengisi perut dan juga mengontrol kadar gula darahnya.

Baca Juga :  7 cara menurunkan berat badan dalam seminggu

2. Melawan penyakit ginjal

Diabetes merupakan faktor risiko utama penyakit ginjal. Kadar gula yang tinggi dapat merusak saraf ginjal dan menyebabkan komplikasi. Okra membantu menjaga kadar glukosa dan mencegah segala jenis kerusakan pada ginjal.

3. Mengandung serat larut

Serat makanan larut dianggap baik untuk penderita diabetes karena berperan penting dalam pencernaan karbohidrat.

Okra, yang kaya serat larut, memperlambat proses pencernaan dan mengurangi dampak karbohidrat pada kadar gula darah. Ini juga membantu membuat seseorang kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan yang tidak sehat.

Baca Juga :  Jus sawi putih efektif menurunkan tekanan darah tinggi

Bagaimana cara menggunakan okra untuk pengendalian diabetes?

– Ambil dua okra.
– Potong kedua ujungnya.
– Cairan putih lengket akan mulai keluar dari okra.
– Jangan dicuci.
– Sebagai gantinya, masukkan okra ke dalam segelas air sebelum tidur di malam hari.
– Tutup gelas.
– Di pagi hari, angkat okra dari air dan minum.

Mengulangi langkah-langkah tersebut setiap hari dilaporkan dapat membantu mengontrol gula darah secara maksimal.

Faktor penting lainnya adalah okra mentah membantu mengobati diabetes lebih cepat daripada yang dimasak, karena nutrisi sebelumnya tetap utuh.

Jadi, meskipun Anda bisa menambahkan okra ke dalam sup dan kari, obat alami terbaik untuk mengatasi diabetes adalah dengan mengonsumsi okra mentah yang direndam dalam air.

(agn)


Source link

  • Bagikan