Review HUAWEI FreeBuds 4i – Mungil Tapi Punya Daya Tahan Baterai Lama

  • Bagikan
9cb8de48 huawei freebuds 4i boks

HUAWEI FreeBuds 4i Boks

Cakrawalarafflesia – HUAWEI FreeBuds 4i telah meluncur untuk pasar Indonesia melengkapi keluarga perangkat audio TWS yang sebelumnya sudah tersedia.

Huawei memang belakangan ini mengurangi produksi handphone mereka semenjak mengalami permasalahan dagang dengan Amerika, namun hal yang berbeda terjadi untuk produk lain mereka termasuk dalam hal ini perangkat audio.

Huawei terbilang cukup gencar memberikan pilihan untuk para penggemar audio dan yang terbaru merupakan HUAWEI FreeBuds 4i dengan membawa sedikit perubahan dibandingkan kakaknya yang telah tim Cakrawalarafflesia ulas sebelumnya.

HUAWEI FreeBuds 4i
  • Audio – 8/10
  • Baterai – 9/10
  • Fitur – 9/10
  • Desain – 8/10

8.5/10

Kesimpulan

HUAWEI FreeBuds 4i merupakan perangkat TWS yang patut diperhitungkan khususnya bagi yang senang dengan desain mungil agar mudah dibawa ke mana saja

Pros

  • Baterai earbuds tahan lama
  • Desain mungil sangat portabel
  • Pengisian daya tergolong cepat
  • Sudah ada ANC

Cons

  • Baterai casing hanya sekali pengisian
  • Belum ada wireless charging
  • Material glossy mudah kotor

Dibanderol seharga Rp 1.199.000, apakah HUAWEI FreeBuds 4i berhasil mengikuti jejak saudaranya dalam memberikan pengalaman audio terbaik?

Dari tampilan luarnya, HUAWEI FreeBuds 4i menghadirkan desain yang jauh lebih mungil dengan balutan material glossy baik pada bagian casing maupun earbuds. Terdapat berbagai pilihan warna yang dapat dipilih meliputi Ceramic White, Carbon Black, dan Red.

Sepertinya Huawei tetap menggunakan desain filosofi yang terinspirasi dari batu kerikil untuk perangkat yang satu ini. Memang tidak bisa dipungkiri kalau desain tersebut memberikan kesan modern dan minimalis yang saling memberikan harmoni sehingga membuatnya cocok disandingkan dengan perangkat apapun.

HUAWEI FreeBuds 4i Buds dan Casing

Hanya saja, saya kurang menggemari material glossy yang Huawei sajikan karena lebih mudah terlihat kotor akibat dari kotoran di saku celana maupun goresan yang akan muncul selama penggunaan. Rasanya material matte akan lebih menyempurnakan kesan kerikil yang diincar sambil membuatnya terlihat lebih awet.

Soal dimensi, HUAWEI FreeBuds 4i sedikit lebih compact dibandingkan FreeBuds Pro. Bahkan ukurannya tersebut hanya sedikit lebih lebar, namun memiliki ketebalan yang sama jika dibandingkan dengan realme Buds Air yang cukup mirip dengan Apple AirPods.

Sangat mudah untuk digenggam maupun disimpan dalam saku celana berkat konturnya yang menyerupai telur pipih. Sementara pada bagian belakang casing dibuat sedikit lebih rata agar dapat terbaring stabil ketika diletakkan di atas meja.

Baca Juga :  Facebook Messenger Hadirkan Keamanan Baru, Bisa Deteksi Penipuan!

HUAWEI FreeBuds 4i Spotify

Pada bagian depan casing terdapat logo HUAWEI yang di bawahnya tampak sebuah lampu LED yang berfungsi sebagai indikator untuk pairing maupun kondisi baterai. Untuk pengisian dayanya, terdapat port USB-C di bagian bawah untuk menghubungkan kabel USB-A to USB-C yang disediakan dalam paket penjualan (tidak termasuk adaptor).

Untuk earbuds, desain yang ditawarkan secara keseluruhan tidak jauh berbeda dengan FreeBuds Pro. Hanya saja ada beberapa pembaruan desain yang membuatnya terasa jauh lebih nyaman. Salah satunya merupakan tangkai yang kini punya pinggiran membulat yang tentunya akan lebih mudah untuk dikeluarkan dari casing dan ergonomis saat dipegang.

Tangkai tersebut sudah mendukung sentuhan berkat sensor kapasitif yang dimilikinya sehingga memungkinkan pemberian perintah seperti memutar maupun menjeda musik dengan dua kali ketukan.

Menyambung dengan tangkai tersebut terdapat bagian buds utama yang memiliki bodi membulat dengan 10nm dynamic driver di dalamnya agar sesuai dengan rongga telinga serta ujung karet yang tersedia dalam tiga pilihan ukuran. Kombinasi ini berhasil memberikan isolasi yang cukup baik untuk memberikan efek bass lebih bertenaga.

HUAWEI FreeBuds 4i Desain

Menariknya lagi, HUAWEI FreeBuds 4i mengusung teknologi dual mic yang tampak pada bagian luar dan dalam tangkai. Disempurnakan lagi dengan teknologi beamforming, perangkat ini tidak hanya memiliki Active Noise Cancellation saja melainkan juga dapat menangkap suara lebih akurat saat melakukan panggilan telepon.

Sayangnya kemampuan Active Noise Cancellation dari HUAWEI FreeBuds 4i terasa kurang optimal karena saya masih dapat mendengarkan suara sekitar. Terdapat juga fitur Awareness Mode yang bisa diaktifkan agar bisa mendengarkan suara dari lawan tanpa harus melepas earbuds.

Soal kualitas suaranya sendiri, HUAWEI FreeBuds 4i mampu memberikan pengalaman mendengarkan audio yang cukup baik berkat keseimbangan suara yang dihasilkannya sehingga vokal dan instrumen dapat sama-sama terdengar jelas.

HUAWEI FreeBuds 4i Dipakai

Dengan begitu, HUAWEI FreeBuds 4i cocok untuk digunakan mendengarkan musik maupun menonton film sekalipun. Hanya saja bagi sebagian orang mungkin suara yang dihasilkan akan sedikit terasa terlalu datar dengan efek bass yang terlalu menggema.

Bahkan perangkat TWS yang satu ini memiliki latensi yang cukup rendah sehingga dapat digunakan untuk bermain permainan karena efek suara yang terjadi akan dapat terdengar secara langsung tanpa adanya jeda signifikan yang mengganggu.

Baca Juga :  Bos Signal Respons Soal Ribut Kasus WhatsApp

Dengan berbagai fitur yang dimilikinya, HUAWEI FreeBuds 4i menariknya mempunyai daya tahan baterai yang patut dihormati. Setiap earbuds dapat saya gunakan untuk mendengarkan musik kurang lebih selama 8 jam dengan fitur ANC aktif.

HUAWEI FreeBuds 4i Spotify

Angka yang sudah sangat mencukupi jika ingin membawa HUAWEI FreeBuds 4i sebagai peneman sehari-hari saat bepergian. Pihak Huawei sendiri mengklaim bahwa perangkat ini mampu digunakan selama 10 jam secara terus menerus atau 22 jam secara total dengan baterai cadangan dari casing.

Untuk pengisian daya earbuds sendiri memakan waktu sekitar 45 menit hingga terisi penuh dari kondisi kosong total. Namun, baterai yang ada di dalam casing langsung habis hanya dalam sekali pengisian ulang earbud saja. Berarti, secara total HUAWEI FreeBuds 4i dapat digunakan sekitar 16 jam dengan penggunaan serupa.

Sama seperti saudaranya, HUWAEI FreeBuds 4i sangat mudah sekali untuk digunakan. Hanya saja membutuhkan aplikasi HUAWEI AI Life agar lebih optimal yang sayangnya perlu diunduh melalui HUAWEI Gallery jika ingin versi terbaru. Sedikit merepotkan, namun cukup bisa dimaklumi.

Setelah rintangan tersebut terlewati, proses pairing pertama kali terbilang cukup instan. Saat penutup casing dibuka untuk pertama kali, nantinya akan langsung muncul notifikasi untuk menghubungkan HUAWEI FreeBuds 4i ke handphone sumber.

HUAWEI FreeBuds 4i AI Life

Jika sudah terhubung, maka earbuds langsung dapat digunakan dan akan secara otomatis terhubung setiap kali dikeluarkan dari casing penyimpanan. Tentunya dengan syarat Bluetooth pada handphone atau perangkat sumber lainnya masih aktif.

Pada aplikasi HUAWE Music sendiri dapat terlihat informasi dari HUAWEI FreeBuds 4i secara lebih lengkap seperti kapasitas baterai dari setiap buds maupun casing. Selain itu, terdapat juga pengaturan fungsi maupun fitur yang bisa dikendalikan maupun disesuaikan dengan selera.

Dengan berbagai hal yang ditawarkannya, HUAWEI FreeBuds 4i merupakan perangkat TWS yang patut diperhitungkan khususnya bagi yang senang dengan desain mungil agar mudah dibawa ke mana saja. Untuk ukurannya, daya tahan baterai yang ditawarkan terbilang mumpuni.

Namun ada beberapa hal yang mungkin sedikit perlu menjadi perhatian yang mungkin kurang pas dengan selera. Akan tetapi jika dilihat secara keseluruhan, HUAWEI FreeBuds 4i punya penawaran yang sangat kompetitif dan patut untuk diperhitungkan jika tengah mencari perangkat audio TWS.

gadget trend

  • Bagikan