Cegah Akses Data Pribadi, Google Akan Batasi Aplikasi yang Boleh Diinstal

  • Bagikan
9ad11dc0 o 1b0etk4p7opjaor1veghue1skla



o 1b0etk4p7opjaor1veghue1skla

cakrawalarafflesia – Google akan lebih selektif dalam memilah aplikasi mana yang dapat diinstal pengguna melalui laman Google Play Store. Hal ini dilakukan demi membatasi aplikasi untuk mengakses data pribadi mereka.

Sebagaimana dilaporkan The Verge pada Minggu (4/4/2021), beberapa preferensi data yang dianggap pribadi Google adalah preferensi kencan ataupun afiliasi politik. Meski dinilai tidak berbahaya, Google tetap membatasi aplikasi yang merekam kategori data tersebut mulai 5 Mei 2021.

Dengan ini, para pengembang mesti memberikan alasan khusus ke Google apabila aplikasi buatannya benar-benar mengambil data tersebut.

Saat ini, sistem operasi Android 11 yang dibuat Google memiliki kode ‘QUERY_ALL_PACKAGES’ untuk melihat daftar aplikasi yang disimpan di perangkat pengguna.

Baca Juga :  Nokia N-Gage Kini Bisa Dihadirkan di Android

Baca Juga:
ShopeePay Integrasi dengan Google Play Store untuk Gaya Hidup Digital

Namun Google telah memperbarui kebijakan baru untuk pengembang aplikasi, di mana data itu akan dianggap sebagai data pribadi dan sensitif.

Akan tetapi, beberapa aplikasi tertentu masuk dalam pengecualian Google. Hal ini dikarenakan aplikasi yang ada benar-benar memerlukan visibilitas yang luas di perangkat pengguna.

Contoh aplikasi yang nantinya akan diberikan izin seperti manager file, browser, dan aplikasi antivirus. Kemudian aplikasi transaksi digital seperti perbankan atau e-wallet juga mendapatkan izin untuk tujuan berbasis keamanan.

Baca Juga :  Ini 3 Kawasan Pertama di Indonesia yang Akan Punya Teknologi 5G

Selain aplikasi tersebut, para pengembang yang memerlukan data pengguna mesti mengisi formulir yang disediakan Google. Nantinya, Google akan memeriksa apakah alasan pengembang yang merekam data bisa dibenarkan atau tidak.

Apabila pengguna khawatir dengan perizinan data tersebut, Google berkomitmen bakal menghapus aplikasi dari Play Store. Bahkan, akun pengembang juga akan diblokir dari laman aplikasi tersebut.

Baca Juga:
ShopeePay Integrasi dengan Google Play Store demi Penuhi Gaya Hidup Digital





Source link

  • Bagikan