Cara Melawan Inflasi Dengan RDPU 2021

  • Bagikan
Cara Melawan Inflasi Dengan RDPU
Cara Melawan Inflasi Dengan RDPU

Cara Melawan Inflasi Dengan RDPU

Halo semua ketemu lagi sama aku Fauzan, coba-coba ngomongin uang seperti yang kita tahu beli uang kita punya itu makin lama makin berkurang terus sama inflasi tingkat apa yang bisa kita beli dengan uang Rp100.000 tahun 2010 itu tuh nggak sama dengan apa yang bisa kita dapetin dengan jumlah uang yang sama di tahun 2020.

Buat kamu yang belum ngerti tentang inflasi kamu bisa nih nonton video ngomongin uang tentang inflasi aku simpan di deskripsi sekarang. Coba kamu ingat-ingat kamu nyimpan uang kamu di mana di tabungan Bank bukan tabungan di bank itu umumnya cuma ngasih kurang dari 1 tahun belum lagi nih, kamu juga dikenakan biaya admin perbulan sementara angka inflasi di Indonesia tuh rata-rata sekitar 3% pertahun kalo diitung-itung.

Kita simpan di tabungan Bank itu daya belinya bakalan terus tergerus inflasi setiap tahunnya jumlah itu mungkin nggak berkurang tapi daya belinya yang berkurang Terus gimana nih solusinya Apa sih yang bisa kita lakukan sebagai masyarakat biasa supaya daya beli uang yang kita punya itu nggak terus-terusan tergerus inflasi.

Biasanya kalau orang ditanya kayak gitu jawabannya adalah berinvestasi tapi investasi apa ya yang enggak ribet risikonya rendah cocok untuk pemula dan pertumbuhan uang itu bisa melampaui angka inflasi.

Habis ini aku mau share nih tentang cara paling simpel dan sederhana dalam meringkas tapi risikonya itu sangat rendah dan potensi keuntungan yang bisa melampaui inflasi investasi itu masuk kategori florist florist kita tuh bisa nganggap ini saya mintain uang tabungan kita ke tempat yang baru sebelum kita lanjut Aku mau disclaimer dulu nih mungkin dalam pembuatan video ini aku.

Nyebut Beberapa brand yang biasa aku pakai dan Berdasarkan pengalaman aku kamu bisa sesuai dengan brand pilihan kamu sendiri. Oh ya buat kamu yang baru aja nonton video ngomongin uang jangan lupa ya kenalin Iya karena kami bakalan terus bagian ilmu Seputar Dunia keuangan ekonomi dan investasi yang bakal bermanfaat buat kamu.

Oke ngomong-ngomong soal investasi perlu tahu dulu nih kalau investasi itu ada macam-macam ada yang risikonya kecil banget tapi potensi keuntungan nya cuma sekitar 4 sampai 7% pertahun di sisi lain ada yang bisa ngasih keuntungan belasan puluhan bahkan ratusan persen per tahun tapi risikonya tinggi balik lagi nih hukum klasik investasi semakin besar keuntungannya semakin besar pula risikonya.

Nah kali ini aku mau fokus ke investasi yang enggak ribet risikonya Tuh bisa dibilang paling rendah potensi keuntungannya emang nggak istimewa tapi.

Di atas bunga tabungan dan juga melebihi angka inflasi di kategori investasi tersebut itu ada tiga alternatif yang bisa kita pertimbangin yang pertama adalah Reksadana pasar uang atau rdpu yang kedua adalah obligasi negara dan yang terakhir adalah deposito Bank kalau kita lihat 3 alternatif ini ketiganya tuh sama-sama berisik oranda potensi keuntungan nya juga sama Jiran 4 sampai 7% pertahun.

Cuma menurutku pribadi rdpu itu adalah opsi yang paling menarik karena praktis banget fleksibel minimal pembeliannya juga murah cuma sekitar 100.000-an dan bisa dicairin kapan aja proses pencairannya sendiri tuh makan waktu sekitar 2 sampai 3 hari kerja.

Beberapa bulan lalu kebutuhan Aku punya uang nganggur nih pencairan dari investasi lain uang itu akhirnya aku masukin ke rdpu ini adalah rdpu yang aku punya aku beli sekitar 2 bulan lalu ada seekor invest money market fund.

Cara Melawan Inflasi Dengan RDPU

Syariah money market fund dan bni-am dana likuid aku beli 3 dapat tersebut dibuatlah font bareksa dan bibit. Oh ya tadi kan aku sempet bilang rdpu ini adalah tapi yang tingkat risikonya rendah kamu bisa lihat sendiri nih tren pertumbuhan investasi Ade tuh selalu naik dan fluktuasinya rendah banget mungkin sampai sini kamu penasaran Reksadana pasar uang tu apa sih aku udah pernah dibahas terkait ini di video sebelumnya.

Coba kamu tonton dulu ya, kalau aku bahas lagi di sini nanti kita belajarnya Nggak maju-maju sekarang mau kamu bertanya-tanya produk EDP itu kan ada banyak ada sekitar 200-an produk yaitu yang tersedia.

Gimana ya cara memilih produk rdpu yang bagus? Nah kan aku mau share nih Gimana sih cara aku memilih produk rdpu ada empat langkah yang aku terapin yang pertama pilih manajer investasi yang kedua pilih produknya yang ketiga lihat itu.

Keuntungan investasinya keempat lihat extensionnya kita bahas satu-satu yuk yang pertama pilih manajer investasi Kamu bisa nggak login pilih manajer investasi itu kayak kamu lagi rekrut orang buat mengelola aset investasi kamu jelas kamu nggak bisa sembarangan pilih orang kamu harus tahu siapa sih orang yang lelah investasi kamu.

Salah satu cara gampang buat ngirim manajer investasi itu adalah dengan melihat seberapa besar dana yang dikelola sama manajer investasi yang bersangkutan semakin besar dana kelolaan yang di keluar sama manajer investasi bisa dibilang operasi bisnis reksa dana nya tuh jadi lebih stabil karena ada resiko sendiri.

Kalau kita menyimpan uang kita di Reksadana dari manajer investasi yang dana kelolaannya belum terlalu besar bisa jadi manajer investasi tersebut mengalami kesulitan keuangan kalau ada nasabah yang mutusin buat mencairkan dananya dalam jumlah besar di sisi lain karena kelelahan ini juga gambarnya.

Manajer investasi tersebut dipercaya sama masyarakat di sini kamu bisa lihat beberapa nama manajer investasi yang dana kelolaannya besar kalau aku sendiri, Aku pilih mana yang ada di 20 besar atau yang dana kelolaannya tuh di atas 5 triliun kamu disakiti berdasarkan kriteria kamu sendiri buat kamu yang mau lebih teliti lagi kamu bisa cek.

Gimana sih kinerja mereka di masa lalu pernah bermasalah atau ditegur OJK nggak sempat kena kasus yang rugi nasabah nggak dan lain-lain setelah kita milih manajer investasi yang kedua yaitu pilih produknya tadi kan aku udah cek nih dana kelolaan manajer investasi karena aku bakal cek dana kelolaan produk reksadana yang bersangkutan.

Biasanya ini aku pilih produk reksadana yang dana kelolaan itu ada di posisi 10 besar dana kelolaan itu biasa dikenal dengan istilah a umum atau asset under management.

Kamu lihat ada istilah umum di aplikasi Reksadana kamu itu adalah jumlah dana yang dikelola list Reksadana pasar uang yang masuk kriteria aku Oh ya kamu juga bisa pilih Reksadana Syariah nantinya uang kamu tuh bakalan dikelola Sesuai dengan prinsip syariah.

Sekarang udah ada 10 data reksa dana yang masuk kriteria aku selanjutnya. Aku bakal teknik kalau aku beli reksadana itu uangku tuh bakal dialokasikan ke mana sih ini lihatnya di pantai exit misalnya Syukurin Syariah money market fund nah di pantai exit kita tuh bisa tahu kalau di Reksadana ini uang kita tuh bakal dialokasikan ke sukuk atau obligasi.

Syariah dari Indosat dan sarana multi infrastruktur Selain itu uangnya juga disimpan di tahun deposit atau di situ beberapa bank syariah menurut kuning ini alokasi investasi nya bagus kredit read-nya relatif rendah reputasi perusahaan atau Bank nya juga cukup bagus ini daftar Reksadana incaran aku.

Setelah aku masukin alokasi dana kelolaan reksadana yang bersangkutan sekarang kita lanjut ke tahap ketiga yaitu lihat history keuntungan investasinya poin penting dari history kinerja itu bukan ada berapa keuntungannya menurutku yang terpenting itu adalah stabilan jadi harga reksadana atau nabi per unit reksadana itu terus bertumbuh secara stabil dari tahun ke tahun di sini kamu bisa lihat nih kalau Grafika nabi primitif DP untuk memang naik terus makanya aku bilang resikonya kecil.

Oh, ya urunan harga reksadana pasar uang tuh dipengaruhi sama suka maju karena nih mereka kan kalau kasih uangnya ke instrumen pasar uang kayak deposito surat utang jangka pendek dan lain-lain bunga deposito atau surat utang tersebut dipengaruhi in a naik turunnya suku bunga acuan kalau suku bunga acuannya turun ya keuntungan investasi kamu juga jadi lebih kecil sebaiknya nih kalau suku bunga acuan naik keuntungan investasi kamu jadi.

Yang terakhir adalah cek extension extension adalah beban operasional pengelolaan reksadana yang uang itu diambil dari dana kelolaan reksadana yang bersangkutan semakin kecil artinya semakin bagus ini tuh ngegambarin seberapa efisien sih manajer investasi dalam mengelola reksadana yang bersangkutan expense ratio.

Nah bisa Kamu cek di pantai shoot tapi di sini angkanya tuh nggak pasti cuman disebutin persentase biaya maksimal nya doang kalau kamu dapat data expense ratio kamu bisa dicek di aplikasi bibit di sana tuh disebutin data result untuk produk reksadana tertentu untuk rdpu sendiri.

Aku milih rdpu yang extension itu di bawah 1% supaya nih keuntungannya tuh nggak banyak terus itu adalah 4 hal yang aku pertimbangkan ketika aku milih produk rdpu Semoga bisa bantu kamu yang masih bingung buat nentuin produk rdpu yang cocok buat kamu.

Klik Donwload Video Eva Elfie

sourche :

  • Bagikan