Hal Terpenting Saat Baca Laporan Keuangan 2021

  • Bagikan
Hal Terpenting Saat Baca Laporan Keuangan 2021
Hal Terpenting Saat Baca Laporan Keuangan 2021

Hai semua ketemu lagi sama aku Fauzan, kali ini aku ngebahas tentang salah satu metode analisis saham yang sering banget ditanyain yaitu analisis fundamental dengan metode membedah laporan keuangan Mungkin banyak diantara kamu yang tahu gitu ya kalau metode analisis fundamental.

Inilah yang dipakai sama banyak investor Legendary kayak lo keng Hong Charlie Manggar berenda fetherlite dan yang lain Jadi bisa dibilang nih kalau main itu udah terbukti ampuh buat melahirkan banyak investor super kaya dengan akun ini.

Teori ini selama bertahun-tahun tapi sebetulnya gimana sih metode analisis fundamental yaitu Iya secara sederhana banget nih ketemunya pulsanya habis itu bagus punya kualitas manajemen yang baik dan harga saham itu wajar atau bahkan masih murah dan salah satu cara yang bisa kita lakuin buat.

Perusahaan itu adalah dengan melihat laporan tahunan dan juga laporan keuangan audit yang diterbitkan sama perusahaan bisa dibilang nih. Laporan itu adalah sumber data yang paling lengkap detail dan juga terverifikasi kebenarannya.

Soalnya itu udah melalui proses audit sama akuntan publik tapi di sisi lain kamu tuh harus tahu juga kalau tulisan di laporan keuangan itu tuh positif jadi kadang kita perlu juga nih data-data pendukung lain yang ditulis sama pihak independen buat menguji apakah argumen dari Pak management to tepat atau enggak?

Nah Biasanya nih begitu kamu tuh Coba buka laporan keuangan kamu tuh bingung gitu harus mulai baca dari mana kan memang laporan ini ada ratusan halaman isinya berupa narasi formil yang penuh dengan data jadi bakalan butuh sedikit pengetahuan dasar tentang keuangan buat bisa paham gitu.

Apa sih makna dibalik laporan ini?

Nah di artikel kali ini aku jelasin secara garis besar poin-poin penting apa aja sih Yang perlu kamu cermati dalam laporan.

Uang anda juga laporan tahunan perusahaan hal yang perlu kamu perhatikan ketika kamu tuh nggak bedah laporan perusahaan inilah yang menurut kami itu perlu kamu cek untuk bisa paham sama kondisi perusahaan tersebut dengan ini kamu tuh jadi bisa menginvestigasi laporan keuangan yang mungkin sekilas kegiatan positif tapi kalau ditelusuri lebih dalam Ternyata banyak kejanggalan dalam laporan perusahaan tersebut.

Oh iya aku mau ngingetin dulu nih kalau di video ini aku bakalan nyebutin nama-nama saham semua saham ya aku tunggu di sini itu bukan rekomendasi beli atau jual tapi untuk kepentingan edukasi Oke Sebelum kita mulai bedah laporan perusahaan tentu tidak perlu download laporannya dulu.

Nah sekarang kamu coba ini download laporannya dari fitur kalender ajaib kita bisa masukin filter laporan keuangan nanti bakal muncul nih tanggal perusahaan dari Bikin laporannya kamu juga bisa langsung download laporannya dari sini sekarang kita langsung mulai aja yuk Yang Pertama.

Dulu dari hal yang paling mendasar kita perlu tahu dulu profil perusahaan dan bentuk bisnisnya. Jangan sampai kita tua nanti ke saham yang Bahkan kita nggak tahu bisnisnya apaan laporan tahunan kamu bisa nih Cari tahu tentang sejarah perusahaan.

Gimana sih bentuk fisiknya dan juga siapa sih yang jalanin bisnis ini penting juga gitu buat ngecek orang-orang penting di perusahaan tersebut misalnya nih kita cek di saham video kita bisa tau juga nih dari sini kalau ternyata Sido itu perusahaan yang bermula dari usaha rumahan di tahun 1930.

Bahkan sebelum Indonesia itu berdiri Kita juga bisa lihat bidang usaha Sido di halaman 48 ternyata mereka tuh Nggak cuma sekedar jualan produk jamu mereka juga punya usaha penunjang berupa perkebunan percetakan umum dan juga konsultasi Jamu buat orang-orang penting di balik perusahaan yg kita tuh bisa cek gitu ya pemegang saham dan manajemen perusahaan siapa sih pemegang sahamnya.

Hal Terpenting Saat Baca Laporan Keuangan 2021

Reputasi dan rekam jejaknya kalau dari sisi Manajemen

Perusahaan Apakah pihak manajemen punya kompetensi buat ngelap perusahaan apa para direktur ini aku punya pengalaman bisnis yang memadai selain itu kita bisa cek juga dewan komisaris yang merupakan perwakilan atau representasi dari pemilik perusahaan yang biasanya itu adalah orang-orang pilihan pemegang saham atau ia pemegang saham itu umumnya.

Nih komposisi komisaris independen yang lebih besar kalau dibandingin sama Non independen tuh bakal lebih disukain sama investor ritel, soalnya itu tandanya perusahaan diawasi sama orang-orang dependen ya nggak punya hubungan personal.

Oh ya sebetulnya informasi singkat terkait sejarah perusahaan bidang usaha dan juga orang-orang penting di balik perusahaan pun bisa kamu cek juga di profil saham yang ada di aplikasi ajaib, tapi kalau kamu butuh informasi detailnya kamu bisa cek ini di laporan tahunan sekarang kita lanjut ke poin yang kedua ketika kamu tuh mau berinvestasi ke sebuah bisnis kamu perlu tahu juga nih, pak.

Apa aja sih yang bisa mempengaruhi industri bisnis tersebut misalnya nih kalau bisnis terusan itu adalah properti Ya seenggaknya kamu harus tahu gitu tentang perkembangan harga tanah suku bunga proyek pengembangan di area tersebut dengan lain begitu juga dengan bisnis yang lain gitu ya kayak perbankan otomotif pertambangan telekomunikasi dan lain-lain.

Semua bentuk di situ punya faktor internal dan eksternal yang perlu dicermati khususnya yang berdampak signifikan terhadap Lini bisnis yang jadi tumpuan atau andalan dari perusahaan incaran kita biasanya nih perusahaan ngasih ulasan laporan tahunan disegmen analisis dan diskusi manajemen biasanya ada nih pendapat manajemen tentang tinjauan ekonomi makro industri operasional dan juga keuangan.

Di sini kita mempelajari informasi penting gitu Ya baik internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap kinerja emiten semakin bagus perusahaan biasanya argumen yang disajikan data yang ditampilkan tuh cukup lengkap dan juga aku.

Hal Terpenting Saat Baca Laporan Keuangan 2021

Misalnya kita bisa lihat di laporan tahunan Sido di sini ada penjelasan yang cukup lengkap terkait kondisi ekonomi global ekonomi Indonesia kondisi demografi Indonesia kondisi industri potensi pasar dari produksi dan juga strategis itu buat ningkatin kinerja nya sekarang kita lanjut ke poin ke-3 yuk.

Nah ini udah berkaitan ini sama laporan keuangan cek siapa pihak yang mengaudit laporan dan juga cek opini dari auditor kamu perlu tahu juga siapa sih auditor atau akuntan publik yang audit laporan keuangan tersebut apa yang audit ini ada yang bisa dipercaya atau jangan-jangan dari kantor akuntan publik yang kurang dikenal beberapa ditotal nama yang punya reputasi yang bagus tuh misalnya pwp atau tidak mengisi terus ada juga yg way by the way you can take a f dan juga RSM selain tahu siapa auditornya kamu juga perlu ngetik nih opini atau catatan dari auditor tersebut ada 4 jenis opini.

Dasarkan yang paling bagus sampai yang paling jelek yang pertama itu adalah opini wajar tanpa pengecualian opini ini adalah opini auditor terbaik karena itu artinya di perusahaan itu udah nyampe laporan keuangan Sesuai dengan standar akuntansi dengan data yang akurat yang kedua itu adalah opini wajar dengan pengecualian itu artinya ada beberapa bagian dari laporan keuangan tersebut yang nggak sesuai sama standar akuntansi.

Yang ketiga itu adalah opini audit tidak wajar itu artinya laporan keuangan tersebut nggak sesuai sama standar akuntansi jadi laporan keuangan tersebut nggak bisa ningkatin masih relevan buat membacanya dan yang terakhir adalah opini tidak memberikan pendapat ini adalah opini auditor yang paling jelek yang artinya di auditor tersebut nggak punya data dan bukti ngasih pendapat bisa jadi pihak manajemen untuk menghalangi atau nggak ngasih bukti yang cukup untuk bisa ngasih pendapat kita masuk ke tahap selanjutnya yaitu cek laporan laba rugi ini adalah tahap.

Hal Terpenting Saat Baca Laporan Keuangan 2021

Melihat kondisi terbaru perusahaan apa perusahaan itu lagi untung atau rugi rugi seberapa besar di pertumbuhan laba nya kalau dibandingin sama tahun lalu seberapa besar juga perbandingan antara laba dan pendapatannya atau biasa juga disebut dengan profit margin semakin besar profit margin untuk makin bagus gitu ya Artinya perusahaan tersebut untung atau hp-nya tebel banget dan bisa enggak lo sumber dayanya dengan efektif.

Oh ya sebelumnya ngomongin uang pernah ngebahas tentang cara memahami laporan laba rugi yang UD divisualisasikan dalam bentuk grafik kayak gini Kamu bisa tonton videonya di sini kamu juga bisa Ning akses grafik itu di kolam finansial yang ada di aplikasi ajaib Oke sekarang kita lanjut lagi ya masalahnya nih melihat laporan laba rugi aja tuh cukup Kenapa gitu Iya karena laporan itu seringkali ngaco kita sebagai investor nge cowoknya kayak gimana sih Nah kita bahas itu di Point selanjutnya yaitu cek sumber.

Dan biayanya kamu juga harus pahami seringkali pihak Manajemen Perusahaan mengakui beberapa aksi korporasi sebagai bentuk pendapatan contohnya aja nih ada perjanjian jual beli yang masih dalam tahap kontrak yang dicatat sebagai pendapatan kemasukan yang bukan dari operasional bisnis ini ini tuh seringkali nya itu investor yang kurang teliti kalau cuma ngelihat grafik kayak gini doang itu ya kesannya mungkin bisa Bagus produknya laku penjual operasionalnya mantap banget.

Padahal bisa jadi pemasukan itu naik bukan karena performa bisnisnya tapi justru dari penjualan aset-aset nya selain yang tempat ramai itu adalah laporan keuangan salah satu emiten ini di tahun 2018 di laporan laba rugi nya kita bisa lihat nih kalau seolah-olah beri saya minta Nini positif dan berhak mencetak untungan karena ada pendapatan yang lain sebesar 278 juta you US Dollar ternyata nih laba sebesar itu lebih karena ada pendapatan yang dicatat yang sesuai dengan kontrak.

Nah, Itulah cara analisa laporan keuangan kita, sekarang sobat udah paham kan? bagaimana cara analisa laporan keuangannya. jangan lupa di praktekin ya ilmunya, mimin udah capek lho! ngeshare-nya masa di sia”in.

Klik Donwload video Gede ya susunya

sourche :

  • Bagikan