Cara Membuat Telur Rebus Sempurna untuk Rayakan Paskah

  • Bagikan
fa51ed80 b5c9 43e4 891f 9d03acb4a2b5 169

fa51ed80 b5c9 43e4 891f 9d03acb4a2b5 169

Jakarta, cakrawalarafflesia —

Telur identik dengan perayaan Paskah. Anak-anak biasanya bersemangat menghias telur rebus dengan aneka cat dan hiasan tempel.

Telur dalam perayaan Paskah rupanya dikaitkan dengan kebangkitan Kristus. Dulu, telur Paskah hanya dicat dengan warna merah darah dan kini mulai diberi cat juga hiasan warna-warni.

“Telur menjadi simbol kelahiran dan identik dengan kebangkitan kristus, sehingga kalau dikaitkan dengan paskah itu menjadi simbol kebangkitan Yesus yang sudah melewati sengsaranya,” tutur Valentinus Eko, Guru Agama katolik di salah satu sekolah swasta di Jakarta saat dihubungi CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Sebelum telur dihias, tentu Anda akan merebusnya terlebih dahulu. Agar telur rebus mampu menyempurnakan perayaan Paskah, berikut cara membuatnya.

Baca Juga :  Resep Opor Ayam dan Telur

Apa yang dibutuhkan?

Anda memerlukan telur, air, dan es. Untuk peralatannya, cukup panci, sendok atau alat lain untuk mengambil telur, mangkuk dan ponsel sebagai timer.

Panaskan air hingga mendidih dan masukkan telur. Pastikan telur benar-benar terendam air. Seperti dilansir Simply Recipes, ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan agar proses perebusan tidak membuat telur pecah cakrawalarafflesia lain, menambahkan satu sendok teh cuka atau setelah sendok makan garam.

Berapa lama waktu terbaik untuk menghasilkan telur rebus sempurna?

Dikutip dari Delicious Meets Healthy, waktu terbaik adalah 6-7 menit. Saat air mendidih, sebaiknya turunkan suhu atau kecilkan api kompor hingga ke panas medium dan atur timer.

Baca Juga :  Resep jajanan jadul anak SD, mudah, enak, sehat Bisa buat dijual Juga Loh

Saat sudah mencapai batas waktu, angkat telur dan pindahkan langsung ke mangkuk berisi air es. Es akan membuat telur cepat dingin dan mengghentikan proses memasak.

Apakah harus 6-7 menit?

Lama waktu perebusan akan menghasilkan tekstur telur rebus yang berbeda. Berikut perbedaan tekstur berdasarkan lama proses perebusan.

– 4 menit: telur memiliki tekstur lembek.
– 5 menit: telur memiliki tekstur lebih lembut.
– 6 menit: telur terutama bagian kuning telur akan memiliki tekstur seperti saus custard.
– 7 menit: kuning telur memiliki tekstur creamy.
– 8 menit: tekstur telur akan lebih padat tetapi bagian kuning creamy.
– 9 menit: telur rebus akan sangat padat dan agak keras.

(els/agn)


Source link

  • Bagikan