Menang di Qatar, Vinales Akui Manfaatkan Quartararo

  • Bagikan
5cd32527 maverick vinales akui gunakan taktik makan teman di qatar


Berita MotoGP: Rider Tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, akui gunakan taktik membuntuti rekan setimnya Fabio Quartararo demi mendapat slipstream dan menghemat umur ban.

Maverick Vinales sukses tampil dominan dalam seri perdana MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar. Pada awal-awal balapan, Vinales memilih untuk menahan diri sembari memangkas jarak dengan para pebalap di depannya.

Ia sempat terlempar di urutan ke-8 saat balapan dimulai. Namun hal itu tak lantas membuatnya menggeber habis gasnya. Ia pun memilih sabar sambil membuntuti rekan setimnya, Fabio Quartararo, yang sama-sama terlempar pada awal balapan.

Vinales dan Quartararo terus melesat maju dan berhasil mendekati rombongan pembalap Ducati yang menempati posisi 1-4.

Baca Juga :  Jelang GP Qatar, Alex Rins Sibuk Latihan Motocross

Vinales sengaja menggunakan taktik membuntuti rekan setimnya lantaran Quartararo dinilai punya kemampuan balap yang baik, selain itu dengan mendapatkan slipstream maka tingkat keausan ban juga dapat diminimalisir.

“Saya cukup nyaman berada di belakang Fabio karena saya bisa melihat para pebalap Ducati tidak melesat jauh. Fabio mampu mengikis jarak dan saya berusaha untuk menghemat ban sebaik mungkin, terutama ban belakang,” tutur Vinales sebagaimana dikutip dari laman Crash.

Pada 8 lap tersisa, Vinales mulai tancap gas dan merebut posisi pertama. Ini bisa disebut strategi ‘makan teman’ lantaran Quartararo tak bisa mendapatkan hasil sebaik Vinales.

Baca Juga :  MotoGP Ceko Mundur dari Kalender 2021

“Melakukan slipstream bersama Fabio, kami mampu menjaga jarak. Saya memilih tidak mengambil banyak risiko. Ketika saya melihat mempunyai kesempatan untuk memacu motor dan menyalip Fabio, Johann Zarco, dan Francesco Bagnaia. Saat itu, saya melesat.”

“Sekitar 6-7 lap, saya melesat dan saya pikir berhasil melesat dengan kecepatan penuh. Setelah memimpin, saya hanya mencoba menjaga kondisi ban,” katanya melanjutkan.

Sementara Vinales naik podium tertinggi dan meraih 25 poin, Quartararo harus puas menempati urutan kelima dalam balapan kali ini dengan raihan 11 poin di klasemen sementara.

Artikel Tag: Maverick Vinales, Fabio Quartararo, MotoGP Qatar 2021





Source link

  • Bagikan