7 Manfaat Minum Jus Semangka Saat Panas Terik

  • Bagikan
44b87394 e92e 453f 926f ed8facac9ca1 169



44b87394 e92e 453f 926f ed8facac9ca1 169

Jakarta, cakrawalarafflesia —

Saat cuaca sedang panas terik, penting untuk menyesuaikan asupan makanan agar tubuh tetap sejuk, tanpa kehilangan nutrisi penting. Salah satunya adalah jus semangka yang dianggap menjadi pilihan terbaik saat panas terik.

Selain menyegarkan, jus semangka  ini juga membantu rasa kenyang, menjaga tubuh tetap sejuk, mencegah dehidrasi serta memberikan vitamin dan mineral esensial bagi tubuh.

Jus semangka memiliki kandungan rendah karbohidrat dan kalori serta tinggi serat, asam amino seperti l-citrulline dan karotenoid seperti likopen.

Mengkonsumsi semangka memenuhi 17 persen kebutuhan harian vitamin A dan 21 persen kebutuhan harian vitamin C.

Berikut 7 manfaat minum jus semangka saat panas terik, seperti dilansir Boldsky.

1. Menjaga cairan tubuh

Menurut data Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), jus semangka mengandung 91,45 gram kandungan air per 100 gram jus.

Kandungan airnya yang tinggi membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan memberikan rasa kenyang. Kandungan air dalam jus semangka juga memuaskan dahaga dan mencegah dehidrasi.

Baca Juga :  7 cara menurunkan berat badan dalam seminggu

2. Memberi energi

Jus semangka menyediakan sekitar 30 kkal energi per 100 gram jus. Oleh karenanya, jus semangka pun bertindak sebagai minuman penambah energi instan karena adanya vitamin C, vitamin A dan magnesium.

Nutrisi ini dikenal sebagai bahan bakar sel dengan energi dan meningkatkan kekuatan.

3. Membuang racun

Semangka membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Kandungan mineral kalium yang tinggi dalam jus semangka membantu meningkatkan fungsi ginjal dan menyaring kelebihan asam urat, gula, dan racun lain yang ada di dalam darah.

Selain itu, lingkungan yang panas secara signifikan menurunkan fungsi ginjal.

4. Meningkatkan pencernaan

Semangka kaya akan kandungan air dan serat yang mendorong kesehatan pencernaan yang sehat.

Selain itu, dua vitamin antioksidan penting; vitamin C dan vitamin A dalam jus semangka pun meningkatkan mikrobioma usus yang baik.

Hal ini membantu meningkatkan pencernaan, yang seringkali cenderung melemah dan lebih lambat karena peningkatan panas selama musim panas.

Baca Juga :  Cara memakai dan membuang masker sekali pakai

Likopen dalam jus juga membantu mengatasi banyak masalah pencernaan seperti kembung.

5. Mencegah sengatan matahari

Sunstroke biasa terjadi selama musim panas. Jus semangka dikenal dapat merangsang proses keluarnya keringat untuk mengeluarkan panas tubuh, menyeimbangkan elektrolit tubuh karena kandungan airnya yang tinggi dan memberikan kesejukan bagi tubuh.

Vitamin C dalam jus semangka juga membantu meningkatkan kekebalan dan memperkuat tubuh.

6. Mengurangi panas tubuh

Suhu tubuh biasanya naik selama musim panas. Jus semangka dapat membantu menurunkan panas tubuh karena kandungan airnya yang tinggi serta memberikan efek menenangkan bagi tubuh.

Likopen dalam jus semangka juga bermanfaat bagi kulit dan mencegahnya dari sengatan matahari.

7. Menjaga pH tubuh

PH tubuh menurun dengan peningkatan suhu. Ketika pH menurun, tubuh menjadi asam, yang menyebabkan kondisi seperti disfungsi hati, gagal jantung, dan hipoglikemia.

Jus semangka membantu menjaga pH tubuh secara alami dan mencegah infeksi.

(agn)

[Gambas:Video CNN]






Source link

  • Bagikan