Tenet Jadi Film Paling Laku yang Rilis di Masa Pandemi

  • Bagikan
a46f729a film tenet 169
Jakarta, cakrawalarafflesia —

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia tidak menghalangi sejumlah film untuk tetap meraup pemasukan dalam jumlah fantastis.

Mengutip dari laman Entertainment Weekly pada Senin (29/3), sedikitnya ada 20 film meraup pendapatan tinggi terhitung Maret 2020 hingga Maret 2021.

Dalam daftar tersebut, film terbaru dari Christopher Nolan yang berjudul Tenet (2020) berhasil meraih posisi teratas dengan total pendapatan mencapai US$58,2 juta atau setara Rp844 miliar.

Hal ini membuat film sekuel superhero Warner Bros yang berjudul Wonder Woman 1984 harus puas berada di posisi ketiga dengan total pemasukan sebesar US$45,6 juta.

Meski didukung oleh sinematografi yang ciamik, film terbaru Gal Gadot tersebut tidak mampu mengalahkan film animasi terbaru dari Disney yang berjudul The Croods: A New Age dengan total pemasukan mencapai US$55,4 juta.

Baca Juga :  5 Film Fantasi Terbaik yang Wajib Anda Saksikan

Menurut analis dari perusahaan riset pasar comScrore, Paul Dergarabedian menilai pandemi telah menyebabkan minat penonton terhadap film blockbuster bergeser ke film kelas menengah.

Terlebih situasi pandemi membuat orang lebih familiar dengan tayangan yang dapat disaksikan di rumah lewat streaming online.

Tak mengherankan film-film bertema keluarga mendominasi tayangan di era pandemi baik itu tayang di bioskop maupun di layanan OTT seperti Tom & Jerry yang meraup pendapatan sebesar US$34,6 juta dan Raya and the Last Dragon dengan pendapatan terbesar kelima sebesar US$24,9 juta.

Wonder Woman 1984Wonder Woman 1984 jadi salah satu film yang meraih untung besar di masa pandemi (Foto: (dok. DC Entertainment/Warner Bros. via IMDb))

Film bergenre fantasi seperti The New Mutants yang berada di urutan keenam dengan pendapatan sebesar US$23,9 juta. Disusul The War With Grandpa di posisi ketujuh dengan pemasukan sebesar US$20,9 juta.

Baca Juga :  9 Film bakal Tayang Bulan Maret

Namun, beberapa rilisan terbaru dari genre dewasa juga mendapatkan pemasukan yang tidak mengecewakan seperti film Unhinged (US$19,8 juta), The Little Things (US$14,7 juta), The Marksman (US$14,4 juta), Honest Thief (US13,7 juta), News of the World (US$12,4 juta) dan Let Him Go (US$9,4 juta).

Pendapatan yang tidak terlalu buruk juga diraih film Nobody yang dirilis minggu lalu. Film ini masuk ke posisi ke-18 dengan pendapatan sebesar US$6,7 juta.

Meski vaksin Covid-19 sudah mulai terdistribusi, Dergarabedian menilai pendapatan film box office di tahun 2021 tidak akan mengejar dengan pendapatan sebelum Covid-19.

Dergarabedian pun berharap pendapatan film box office di 2022 kembali ke era sebelum pandemi.

(nly/fjr)


Source link

  • Bagikan