Cara Membedakan Tingkat Luka Bakar

  • Bagikan
0779da70 bffa 4521 8807 3bd338aa2209 169



0779da70 bffa 4521 8807 3bd338aa2209 169

Jakarta, cakrawalarafflesia —

Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan ada 6 orang yang mengalami luka bakar serius akibat kebakaran kilang minyak Pertamina Balongan, Indramayu pada Senin (29/3). Selain korban luka bakar serius ada juga belasan orang mengalami luka ringan. 

Kebanyakan orang dapat pulih dari luka bakar tanpa konsekuensi kesehatan yang serius, tergantung pada penyebab dan tingkat cedera.

Luka bakar yang lebih serius membutuhkan perawatan medis darurat segera untuk mencegah komplikasi dan kematian.

Tingkatan luka bakar dapat dikategorikan menjadi tiga, yakni tingkat 1, 2, dan 3. Tingkat keparahannya dinilai dari luas lapisan kulit dan jaringan yang terluka.

Berikut cara membedakan derajat luka bakar berdasarkan tingkat keparahannya, seperti dilansir Healthline.

1. Luka bakar tingkat satu

Pada tingkat ini, luka bakar hanya mempengaruhi epidermis atau lapisan kulit luar saja. Jadi, tingkat keparahannya tergolong yang paling ringan, berikut ciri-cirinya.

– Kulit kemerahan
– Peradangan ringan
– Rasa perih
– Kulit kering dan mengelupas, umumnya tanda ini muncul ketika luka bakar sudah mulai sembuh.

Baca Juga :  Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Depresi

Karena luka bakar ini mempengaruhi lapisan atas kulit, tanda dan gejala akan menghilang begitu sel kulit terlepas. Luka bakar tingkat satu biasanya sembuh dalam 7 sampai 10 hari tanpa meninggalkan bekas.

Anda tetap harus menemui dokter Anda jika luka bakar mempengaruhi area kulit yang luas, lebih dari 8 cm, dan jika luka bakar terjadi di wajah Anda atau sendi utama, yang meliputi:

– lutut
– pergelangan kaki
– kaki
– tulang belakang
– bahu
– siku
– lengan bawah

2. Luka bakar tingkat dua

Keparahan yang terjadi pada luka bakar tingkat 2 cenderung lebih serius.

Pasalnya, area kerusakannya sudah terjadi hingga ke lapisan kulit yang lebih dalam. Luka bakarnya pun tampak terlihat basah. Selain itu, luka bakar ini menyebabkan kulit menjadi melepuh dan menjadi sangat merah serta perih.

Seiring berjalannya waktu, kondisi ini juga dapat memicu pertumbuhan jaringan parut yang mengandung nanah, atau disebut sebagai fibrinous exudate.

Butuh waktu yang cukup lama untuk menyembuhkan luka bakar derajat dua. Dalam sejumlah kasus, proses penyembuhannya bisa memakan waktu lebih dari tiga minggu, tergantung dari tingkat keparahan luka bakarnya.

Baca Juga :  Mengenal Bakuchiol, Bahan Skincare Baru Alternatif Retinol

3. Luka bakar tingkat tiga

Luka bakar tingkat 3 menyebabkan kerusakan paling parah, meluas mengenai seluruh lapisan epidermis dan dermis, atau lebih dalam lagi. Area kulit yang terbakar akan tampak putih dan kasar, tapi juga dapat terlihat hangus.

Tak hanya merusak lapisan kulit, dampaknya juga dapat merusak tulang, otot, serta tendon yang ada di bawahnya.

Tanpa operasi, luka ini sembuh dengan jaringan parut dan kontraktur yang parah. Tidak ada batasan waktu yang pasti untuk penyembuhan spontan total untuk luka bakar tingkat tiga.

Oleh karena itu, penanganan medis yang tepat sangat diperlukan untuk pengobatan luka bakar tingkat tiga ini.

(agn)

[Gambas:Video CNN]






Source link

  • Bagikan