Alasan Merawat Tanaman Juga Berarti Merawat Diri Sendiri

  • Bagikan
8863d8e4 ilustrasi tanaman hias 169



ilustrasi tanaman hias 169

Jakarta, cakrawalarafflesia —

Terdengar berlebihan tetapi sepertinya kini tanaman hias juga selayaknya anggota keluarga. Tanaman hias juga memerlukan perawatan mulai dari kebutuhan akan media tanam yang baik, pemupukan, penyiraman dan memastikan asupan sinar matahari yang cukup.

Beda tanaman, beda pula cara perawatannya. Ribet, tetapi kebanyakan orang tidak keberatan dengan segala tetek bengeknya. Akan tetapi, popularitas tanaman hias rupanya berimbang dengan dampaknya terhadap kondisi seseorang.

Psikolog klinis di California, Carla Marie Manly, menuturkan kesehatan mental kita sangat dipengaruhi lingkungan fisik.

“Mereka yang tinggal di lingkungan yang buruk, dari polusi suara hingga polusi visual, sangat berbeda dengan mereka yang tinggal di lingkungan yang tenang, dekat dengan alam dan nyaman,” ujar Manly, seperti dikutip Greatist.

tan

Selain dengan skincare dan asupan makanan yang baik, Anda juga bisa merawat diri dengan memelihara tanaman hias. Berikut alasan-alasannya.

1. Membantu meningkatkan produktivitas

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Plos One menyebut elemen alami seperti tanaman hias di tempat kerja berhubungan dengan produktivitas kerja yang lebih baik dan kepuasan kerja yang lebih tinggi.

Saat susah konsentrasi atau terlalu banyak yang dipikirkan, melihat tanaman hias di rumah bisa memiliki efek menenangkan dan membantu Anda kembali konsentrasi bekerja.

Studi serupa yang diterbitkan di Journal of Experimental Psychology: Applied, menunjukkan tanaman hijau di area kantor bisa meningkatkan produktivitas hingga 15 persen. Sebelum memutuskan untuk menyeduh kopi atau lari ke kedai terdekat, tampaknya tanaman hias bisa jadi solusi awal.

Baca Juga :  4 Alasan Anda Perlu Sesekali Tidur Siang

2. Memurnikan udara dalam ruangan

Sebagian orang meyakini memelihara tanaman hias di dalam ruangan bisa membantu memurnikan udara. NASA mengamini anggapan ini lewat riset di sekitar 1980-an.

Namun yang perlu Anda perhatikan, NASA melakukan riset di ruangan kecil. Jika Anda ingin memurnikan udara dalam ruangan dengan tanaman hias, perlu disesuaikan dengan luas ruangan.

Seperti dilansir Atlantic, Anda perlu satu buah tanaman hias per satu meter persegi ruangan jika ingin memperoleh hasil seperti NASA.

3. Mengurangi stres

Stres diketahui bisa mengganggu sistem imun tubuh. Padahal saat ini kita sedang berupaya melawan serangan virus lewat sistem imun tubuh yang kuat. Namun dengan memelihara tanaman hias, Anda akan bisa menurunkan stres dan lebih rileks.

Sebuah studi mini yang diterbitkan di Journal of Physiological Anthropology menemukan interaksi dengan tanaman bisa mengurangi tanda stres secara psikologis dan fisiologis. Selain itu tanaman hias juga meningkatkan rasa nyaman, tenang dan seperti di alam bebas.

“Pada tingkat neurobiologis, aktivitas rutin yang menenangkan seperti merawat tanaman dapat memberikan efek yang sangat menenangkan pada otak dan tubuh,” jelas Manly.

Baca Juga :  6 Tips Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga Berat

4. Mendekatkan diri pada alam

Menjalani aktivitas di masa pandemi menuntut kita untuk menghabiskan sebagian besar waktu di depan layar. Orang seakan terpisah dengan alam terlebih kini bepergian pun jadi serba terbatas. Tanpa taman, ladang atau pergi ke hutan sekalipun, Anda tetap bisa menyatu dengan alam lewat tanaman hias.

“Akibat industrialisasi, orang dipaksa untuk memisahkan diri dari lingkungan alam, padahal secara sadar atau tidak sadar, kenyamanan dan kekuatan pemulihan datangnya dari alam,” ujar Manly.

5. Mengingatkan untuk menghargai proses dan rasa bangga akan pencapaian

Kadang merawat tanaman lebih sulit dari yang diperkirakan. Namun saat tanaman yang Anda pelihara tumbuh baik dan menumbuhkan tunas baru, tentu ada rasa bangga.

Menurut Manly, menyaksikan tanaman tumbuh subur bisa memberikan rasa senang sekaligus bangga akan pencapaian, sementara mungkin Anda tidak merasakannya di lini aktivitas berbeda.

Studi menemukan memelihara tanaman di kalangan pasien rumah sakit dengan masalah kesehatan mental membuat mereka merasa bangga dan berprestasi. Ada kaitan cakrawalarafflesia merawat tanaman dan kepuasan serta harga diri.

“Merawat tanaman cenderung membawa kita keluar dari rasa khawatir dan keinginan untuk menghakimi, lalu masuk ke fase yang lebih membumi,” imbuhnya.

(els/agn)

[Gambas:Video CNN]






Source link

  • Bagikan