5 Sinyal Tubuh Anda Perlu Berhenti Minum Kopi

  • Bagikan
e6f5f709 aeb9 4582 ad57 16d9248831f4 169



e6f5f709 aeb9 4582 ad57 16d9248831f4 169

Jakarta, cakrawalarafflesia —

Menjalani hari-hari tanpa minum kopi bagi sebagian orang bisa mengganggu mood hingga kinerja mereka. Memang ada beberapa manfaat kuat dari minum kopi, tapi terlalu banyak kopi pun dapat merusak tubuh.

Terdapat sejumlah sinyal dari tubuh bahwa Anda perlu mengurangi hingga berhenti minum kopi.

Ahli nutrisi di Columbia, Kylie Ivanir, menyarankan bahwa orang dewasa harus membatasi asupan kafein mereka paling banyak sekitar 400 mg per hari, yaitu sekitar tiga hingga lima cangkir kopi seduh berukuran 200 ml.

Ivanir menambahkan bahwa kelompok individu tertentu, seperti mereka yang menderita hipertensi (tekanan darah tinggi) dan wanita hamil atau menyusui, harus mempertimbangkan untuk membatasi asupan kafeinnya.

Berikut 5 tanda dari tubuh bahwa Anda perlu mengurangi atau berhenti minum kopi, seperti dilansir Eat This, Not That!

1. Punya tekanan darah tinggi

Ahli nutrisi di Sharp Hospital, Sandy Younan Brikho, mengingatkan mereka yang memiliki tekanan darah tinggi (disebut juga hipertensi) untuk berhenti minum kopi secepatnya karena kafein dalam kopi menyebabkan peningkatan tekanan darah Anda.

Baca Juga :  8 Kesalahan Umum yang Membuat Anda Gagal Atasi Insomnia

“Salah satu penelitian menemukan bahwa asupan kopi yang tinggi di cakrawalarafflesia orang yang memetabolisme kopi secara perlahan menyebabkan peningkatan tekanan darah,” katanya.

Konsultasikan dengan dokter Anda, tetapi jika Anda menderita tekanan darah tinggi, kemungkinan inilah saatnya untuk menghentikan kebiasaan minum kopi Anda selamanya.

2. Alami GERD

Kafein dapat memicu GERD. Asupan kopi, teh, dan soda (semua minuman berkafein) telah dikaitkan dengan peningkatan risiko gejala gastroesophageal reflux.

“Menghilangkan minuman berkafein adalah pedoman dari Asosiasi Gastroenterologi Amerika untuk mengatasi GERD,” kata Annamaria Louloudis, ahli nutrisi dan pendiri Louloudi Nutrition.

3. Alami insomnia atau kurang tidur

“Karena kandungan kafeinnya yang tinggi, konsumsi kopi enam jam, atau kurang, sebelum tidur telah dikaitkan dengan efek mengganggu pada tidur dan peningkatan insomnia,” kata Louloudis.

Baca Juga :  Anda Mengalami Insomnia? Berikut 7 Langkah Agar Kembali Tidur Nyenyak

Jika Anda tidak dapat sepenuhnya menghentikan kebiasaan minum kopi, dia menyarankan untuk mengubah kebiasaan minum Anda menjadi lebih awal di hari itu dan mengurangi ukuran porsi Anda.

4. Alami gangguan kecemasan

Menurut Louloudis, karena kandungan kafein yang tinggi, minum terlalu banyak kopi dapat menyebabkan peningkatan gejala kecemasan termasuk jantung berdebar-debar, gemetar, sakit kepala, dan insomnia.

“Orang yang sudah hidup dengan gangguan kecemasan sangat sensitif terhadap efek negatif kafein ini,” katanya, mengutip sebuah studi.

5. Berat badan bertambah

Menurut Younan Brikho, minum kopi menyebabkan rasa kenyang. Dan seringkali, perasaan kenyang ini membuat Anda melewatkan waktu makan atau ngemil.

“Begitu perasaan kenyang ini hilang, perut Anda kosong dan seringkali orang kelaparan. Hal ini menyebabkan banyak orang makan berlebihan pada waktu makan berikutnya karena mereka sangat lapar.”

(agn)

[Gambas:Video CNN]






Source link

  • Bagikan