Kurang dari 1 Jam, Ilmuwan Kembangkan Chip Smartphone Bisa Deteksi Covid-19

  • Bagikan
8a9ba149 83317 ilustrasi smartphone


cakrawalarafflesia – Sejumlah ilmuwan asal Universitas Rice, Amerika Serikat, tengah mengembangkan chip seukuran perangko untuk melakukan uji coba tes Covid-19 melalui smartphone.

Tes lewat chipset baru ini diklaim dapat memberikan hasil dalam waktu kurang dari 55 menit. Uji coba ini menggunakan serum darah yang diambil dari suntikan.

Dikutip dari GadgetSnow, Minggu (28/3/2021), chip mikrofluida ini akan mengukur konsentrasi protein nukleokapsid (N) pada Covid-19.

Sebagaimana diketahui, zat tersebut merupakan protein utama dari virus corona.

Baca Juga:
Video permainan Baik Buat Kesehatan Mental? Begini Penjelasan Peneliti Oxford

Baca Juga :  LIPI Temukan Spesies Katak Baru di Area Freeport, Diberi Nama Lubis

Penelitian ini diterbitkan di jurnal ACS Sensors, protein tersebut akan diikat dalam chip dan membawanya ke sensor elektrokimia yang nantinya mendeteksi sejumlah kecil zat biomarker.

Para peneliti mengklaim proses ini lebih sederhana dibandingkan tes PCR berbasis swab yang saat ini banyak digunakan untuk mendiagnosis Covid-19.

Ilustrasi tes swab. (Dok: ELements Envanto)
Ilustrasi tes swab. (ELements Envanto)

“Hal yang hebat dari perangkat ini adalah tidak memerlukan uji coba di laboratorium,” kata Mechanical Engineer di Rice Lab, Peter Lillehoj.

Baca Juga :  Elon Musk Akan Bangun Pendaratan di Bulan untuk NASA

“Anda dapat melakukan seluruh tes dan mendapatkan hasilnya di tempat pengumpulan, klinik kesehatan, atau bahkan apotek. Seluruh sistem mudah dipindahkan dan digunakan,” tambahnya.

Alat baru ini mengandalkan skema pendeteksi yang sedikit lebih kompleks, namun memberikan hasil yang akurat dalam waktu singkat.

Baca Juga:
Waduh! Xiaomi Bakal Naikkan Harga Smartphone, Ini Penyebabnya

Untuk menguji perangkat tersebut, para peneliti mengandalkan sampel serum yang dibawa dari orang-orang yang terdeteksi Covid-19 maupun yang sehat.





Source link

  • Bagikan