14 Manfaat dan Khasiat Rumput Laut Penting Untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Bagikan
b54e7d35 images 2021 03 25t202012.477

14 Manfaat dan Khasiat Rumput Laut Penting Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Rumput laut merupakan salah satu bentuk alga yang tumbuh di laut.

Mereka adalah sumber makanan bagi kehidupan laut dan warnanya bervariasi dari merah hingga hijau hingga coklat hingga hitam.

Rumput laut tumbuh di sepanjang garis pantai berbatu di seluruh dunia, tetapi paling sering dimakan di negara-negara Asia seperti Jepang, Korea, dan Cina.

Ini sangat serbaguna dan dapat digunakan di banyak hidangan, termasuk sushi roll, sup dan semur, salad, suplemen, dan smoothie.

Terlebih lagi, rumput laut sangat bergizi, jadi sedikit saja sudah cukup.

Berikut manfaat dan Khasiat rumput laut

manfaat dan Khasiat rumput laut
14 Manfaat dan Khasiat Rumput Laut Penting Untuk Kesehatan dan Kecantikan 5

1. Mengandung Yodium dan Tirosin, Yang Mendukung Fungsi Tiroid

Kelenjar tiroid Anda melepaskan hormon untuk membantu mengontrol pertumbuhan, produksi energi, reproduksi, dan perbaikan sel-sel yang rusak di tubuh Anda (1Trusted Source, 2Trusted Source).

Tiroid Anda bergantung pada yodium untuk membuat hormon. Tanpa yodium yang cukup, Anda mungkin mulai mengalami gejala seperti perubahan berat badan, kelelahan atau pembengkakan leher seiring waktu (3Trusted Source).

Asupan makanan yang direkomendasikan (RDI) untuk yodium adalah 150 mcg per hari (5).

Rumput laut memiliki kemampuan unik untuk menyerap sejumlah yodium terkonsentrasi dari laut.

Kandungan yodiumnya sangat bervariasi tergantung pada jenisnya, di mana ia ditanam dan cara pengolahannya. Faktanya, satu lembar rumput laut kering dapat mengandung 11–1.989% RDI (7).

Di bawah ini adalah kandungan yodium rata-rata dari tiga rumput laut kering yang berbeda (8):
  • Nori: 37 mcg per gram (25% dari RDI)
  • Wakame: 139 mcg per gram (93% dari RDI)
  • Kombu: 2523 mcg per gram (1,682% dari RDI)
Kelp adalah salah satu sumber yodium terbaik. Satu sendok teh (3,5 gram) rumput laut kering bisa mengandung 59 kali RDI (8).

Rumput laut juga mengandung asam amino yang disebut tirosin, yang digunakan bersama yodium untuk membuat dua hormon utama yang membantu kelenjar tiroid melakukan tugasnya dengan benar.

Rumput laut mengandung sumber yodium terkonsentrasi dan asam amino yang disebut tirosin. Kelenjar tiroid Anda membutuhkan keduanya untuk berfungsi dengan baik.

2. Sumber Vitamin dan Mineral yang Baik

Sumber Vitamin dan Mineral yang Baik
14 Manfaat dan Khasiat Rumput Laut Penting Untuk Kesehatan dan Kecantikan 6
Setiap jenis rumput laut memiliki seperangkat nutrisi yang unik.

Menaburkan rumput laut kering pada makanan Anda tidak hanya menambah rasa, tekstur, dan rasa pada makanan Anda, tetapi juga cara mudah untuk meningkatkan asupan vitamin dan mineral.

Umumnya, 1 sendok makan (7 gram) spirulina kering dapat memberikan (10):
  • Kalori: 20
  • Karbohidrat: 1,7 gram
  • Protein: 4 gram
  • Lemak: 0,5 gram
  • Serat: 0,3 gram
  • Riboflavin: 15% dari RDI
  • Thiamin: 11% dari RDI
  • Besi: 11% dari RDI
  • Mangan: 7% dari RDI
  • Tembaga: 21% dari RDI
Rumput laut juga mengandung sejumlah kecil vitamin A, C, E dan K, bersama dengan folat, seng, natrium, kalsium dan magnesium (10).

Meskipun mungkin hanya berkontribusi pada sebagian kecil dari beberapa RDI di atas, menggunakannya sebagai bumbu sekali atau dua kali seminggu bisa menjadi cara mudah untuk menambahkan lebih banyak nutrisi ke makanan Anda.

Protein yang ada di beberapa rumput laut, seperti spirulina dan chlorella, mengandung semua asam amino esensial. Ini berarti rumput laut dapat membantu memastikan Anda mendapatkan berbagai macam asam amino (10,11, 12).

Rumput laut juga bisa menjadi sumber lemak omega-3 dan vitamin B12 yang baik (10, 13, 14Trusted Source).

Faktanya, rumput laut hijau dan ungu kering mengandung vitamin B12 dalam jumlah besar. Satu studi menemukan 2,4 mcg atau 100% RDI vitamin B12 hanya dalam 4 gram rumput laut nori (14Trusted Source, 15Trusted Source).

Konon, masih ada perdebatan tentang apakah tubuh Anda dapat menyerap dan menggunakan vitamin B12 dari rumput laut (16Trusted Source, 17Trusted Source, 18Trusted Source).
Manfaat dan Khasiat Rumput Laut

3. Mengandung Berbagai Antioksidan Pelindung

b54e7d35 images 2021 03 25t202012.477
14 Manfaat dan Khasiat Rumput Laut Penting Untuk Kesehatan dan Kecantikan 7
Antioksidan dapat membuat zat yang tidak stabil di tubuh Anda yang disebut radikal bebas menjadi kurang reaktif (19Trusted Source, 20).

Ini membuat mereka cenderung tidak merusak sel Anda.

Selain itu, produksi radikal bebas yang berlebihan dianggap sebagai penyebab dari beberapa penyakit, seperti penyakit jantung dan diabetes (21Trusted Source).

Selain mengandung antioksidan vitamin A, C, dan E, rumput laut mengandung berbagai macam senyawa tanaman bermanfaat, termasuk flavonoid dan karotenoid. Ini telah terbukti melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas (21Trusted Source, 22Trusted Source).

Banyak penelitian difokuskan pada satu karotenoid tertentu yang disebut fucoxanthin.

Ini adalah karotenoid utama yang ditemukan dalam alga coklat, seperti wakame, dan memiliki kapasitas antioksidan 13,5 kali lipat dari vitamin E (21Trusted Source).

Fucoxanthin telah terbukti melindungi membran sel lebih baik daripada vitamin A (23).

Meskipun tubuh tidak selalu menyerap fucoxanthin dengan baik, penyerapannya dapat ditingkatkan dengan mengonsumsinya bersama dengan lemak.

Meski demikian, rumput laut mengandung berbagai macam senyawa tanaman yang bekerja sama untuk memiliki efek antioksidan yang kuat.

4. Memberikan Serat dan Polisakarida Yang Dapat Menunjang Kesehatan Usus Anda

Bakteri usus memainkan peran besar dalam kesehatan Anda.

Diperkirakan ada lebih banyak sel bakteri di tubuh Anda daripada sel manusia (26Trusted Source).

Ketidakseimbangan dalam bakteri usus "baik" dan "buruk" ini dapat menyebabkan penyakit dan penyakit (27Trusted Source).

Rumput laut adalah sumber serat yang sangat baik, yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan usus (28Trusted Source).

Ini bisa mencapai sekitar 25–75% dari berat kering rumput laut. Ini lebih tinggi dari kandungan serat kebanyakan buah dan sayuran (29Trusted Source, 30Trusted Source).

Serat dapat menahan pencernaan dan digunakan sebagai sumber makanan untuk bakteri di usus besar Anda.

Selain itu, gula tertentu yang ditemukan dalam rumput laut yang disebut polisakarida tersulfat telah terbukti meningkatkan pertumbuhan bakteri usus "baik" (31Trusted Source).

Polisakarida ini juga dapat meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek (SCFA), yang memberikan dukungan dan nutrisi pada sel-sel yang melapisi usus Anda.

5. Membantu Anda Menurunkan Berat Badan dengan Menunda Rasa Lapar dan Mengurangi Berat Badan

Manfaat dan Khasiat Rumput Laut, mengandung banyak serat, yang tidak mengandung kalori (29Trusted Source).

Serat dalam rumput laut juga bisa memperlambat pengosongan perut. Ini membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan dapat menunda rasa lapar (27Trusted Source).

Rumput laut juga dianggap memiliki efek anti obesitas. Secara khusus, beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa zat dalam rumput laut yang disebut fucoxanthin dapat membantu mengurangi lemak tubuh.

Satu penelitian pada hewan menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi fucoxanthin mengalami penurunan berat badan, sedangkan tikus yang mengonsumsi makanan kontrol tidak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa fucoxanthin meningkatkan ekspresi protein yang memetabolisme lemak pada tikus.

Penelitian pada hewan lain menemukan hasil yang serupa. Misalnya, fucoxanthin telah terbukti secara signifikan mengurangi kadar gula darah pada tikus, yang selanjutnya membantu penurunan berat badan (35Trusted Source, 36Trusted Source).

Meskipun hasil penelitian pada hewan tampak sangat menjanjikan, penelitian pada manusia penting dilakukan untuk memverifikasi temuan ini.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat dan Khasiat Rumput Laut

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Faktor-faktor yang meningkatkan risiko Anda termasuk kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, merokok dan tidak aktif secara fisik atau kelebihan berat badan.

Menariknya, rumput laut dapat membantu mengurangi kadar kolesterol darah Anda (37Trusted Source, 38).

Satu studi delapan minggu memberi makan tikus dengan kolesterol tinggi diet tinggi lemak yang dilengkapi dengan 10% rumput laut kering beku. Ditemukan bahwa tikus memiliki kolesterol total 40% lebih rendah, kolesterol LDL 36% lebih rendah dan kadar trigliserida 31% lebih rendah.

Penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh pembekuan darah yang berlebihan. Rumput laut mengandung karbohidrat yang disebut fucans, yang dapat membantu mencegah pembekuan darah (40Trusted Source, 41Trusted Source).

Faktanya, satu penelitian pada hewan menemukan bahwa fucans yang diekstrak dari rumput laut mencegah pembekuan darah seefektif obat anti-pembekuan (41Trusted Source).

Peneliti juga mulai mengamati peptida dalam rumput laut. Studi awal pada hewan menunjukkan bahwa struktur seperti protein ini dapat memblokir bagian dari jalur yang meningkatkan tekanan darah di tubuh Anda (42Trusted Source, 43Trusted Source, 44Trusted Source).

Namun, penelitian manusia skala besar diperlukan untuk mengkonfirmasi hasil ini.

7. Membantu Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2 Anda dengan Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Manfaat dan Khasiat Rumput Laut

Diabetes adalah masalah kesehatan utama.

Itu terjadi ketika tubuh Anda tidak dapat menyeimbangkan kadar gula darah Anda dari waktu ke waktu.

Pada tahun 2040, 642 juta orang di seluruh dunia diperkirakan mengidap diabetes tipe 1 atau tipe 2 (45Trusted Source).

Menariknya, rumput laut telah menjadi fokus penelitian untuk mencari cara baru dalam mendukung orang yang berisiko diabetes (46Trusted Source).

Sebuah studi delapan minggu pada 60 orang Jepang mengungkapkan bahwa fucoxanthin, zat dalam rumput laut coklat, dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah (47Trusted Source).

Peserta menerima minyak rumput laut lokal yang mengandung 0 mg, 1 mg atau 2 mg fucoxanthin. Studi tersebut menemukan bahwa mereka yang menerima 2 mg fucoxanthin mengalami peningkatan kadar gula darah, dibandingkan dengan kelompok yang menerima 0 mg (47Trusted Source).

Studi ini juga mencatat peningkatan tambahan dalam kadar gula darah pada mereka yang memiliki kecenderungan genetik terhadap resistensi insulin, yang biasanya menyertai diabetes tipe 2.

Terlebih lagi, zat lain dalam rumput laut yang disebut alginat mencegah lonjakan gula darah pada hewan setelah diberi makan makanan tinggi gula. Diperkirakan bahwa alginat dapat mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah (48Trusted Source, 49Trusted Source).

Beberapa penelitian pada hewan lainnya telah melaporkan peningkatan kontrol gula darah ketika ekstrak rumput laut ditambahkan ke makanan (50Trusted Source, 51Trusted Source, 52Trusted Source).

8. Melembapkan Kulit Kering

Manfaat dan Khasiat Rumput Laut untuk kecantikan yang pertama adalah untuk melembapkan kulit yang kering. Rumput laut merupakan agen humektan (pelembap) alami yang dapat membantu kulit mengikat air. Fungsi ini penting agar kulit terhindar dari dehidrasi, yang nantinya dapat menyebabkan berbagai keluhan kulit lainnya.

Baca Juga :  5 Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Selain mengandung vitamin E sebagai antioksidan, rumput laut juga mengandung asam lemak esensial yang baik untuk melembapkan kulit. Dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung rumput laut, kulit akan dapat lebih menyerap kelembapan dari lingkungan sekitar dan menguncinya di lapisan epidermis. Ini akan membuat kulit terlihat sehat dan kenyal.

Baca Juga :  Tanggapan Kominfo Terkait Heboh Tiktok Cash, Nonton Konten Dapat Uang

9. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat dan Khasiat Rumput Laut untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan dalam rumput laut juga dapat membantu dalam memerangi radikal bebas, radang, dan dampak buruk lingkungan pada kulit. Hal ini berkontribusi untuk mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan keriput.

10. Merawat Kulit Berminyak

Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, hanya dengan mencampurkan serbuk rumput laut dengan air, kamu akan mendapatkan scrub alami yang sehat dan banyak manfaat. Rumput laut memiliki efek menyeimbangkan kondisi kulit, sehingga pemakaian scrub rumput laut secara rutin akan membantu mengatur produksi sebum tanpa membuat kulit jadi kering.

11. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat dan Khasiat Rumput Laut untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan dalam rumput laut juga dapat membantu dalam memerangi radikal bebas, radang, dan dampak buruk lingkungan pada kulit. Hal ini berkontribusi untuk mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan keriput.

12. Merawat Kulit Berminyak

Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, hanya dengan mencampurkan serbuk rumput laut dengan air, kamu akan mendapatkan scrub alami yang sehat dan banyak manfaat. Rumput laut memiliki efek menyeimbangkan kondisi kulit, sehingga pemakaian scrub rumput laut secara rutin akan membantu mengatur produksi sebum tanpa membuat kulit jadi kering.

13. Meningkatkan Kesehatan Usus

Manfaat dan Khasiat Rumput Laut selanjutnya adalah untuk meingkatkan kesehatan usus. Bakteri di usus memainkan peran penting dalam memecah makanan dan mendukung pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan dan alga bisa menjadi makanan yang ideal untuk usus.

Sebuah studi dalam Journal of Applied Phycology melaporkan bahwa ganggang cenderung mengandung jumlah serat yang tinggi, yang dapat membentuk 23-64 persen dari berat kering ganggang. Serat ini dapat membantu memberi makan bakteri usus. Bakteri usus memecah serat menjadi senyawa yang meningkatkan kesehatan usus dan kesehatan sistem kekebalan tubuh.

14. Membersihkan Pori

Manfaat dan Khasiat Rumput Laut untuk kecantikan selanjutnya adalah membersihkan pori. Berbagai produk scrub yang berbahan utama rumput laut dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat akibat sebum yang bercampur dengan kotoran, yang sering kali menjadi penyebab utama timbulnya komedo dan jerawat.

Kemungkinan Bahaya Rumput Laut

Manfaat dan Khasiat Rumput Laut

Meskipun rumput laut dianggap sebagai makanan yang sangat sehat, mungkin ada beberapa potensi bahaya jika dikonsumsi terlalu banyak.

Kelebihan Yodium

Rumput laut mengandung yodium yang sangat besar dan berpotensi berbahaya.

Menariknya, tingginya asupan yodium orang Jepang dianggap menjadi salah satu alasan mengapa mereka termasuk orang paling sehat di dunia.

Namun, asupan yodium harian rata-rata di Jepang diperkirakan 1.000–3.000 mcg (667–2.000% dari RDI). Ini menimbulkan risiko bagi mereka yang mengonsumsi rumput laut setiap hari, karena 1.100 mcg yodium adalah batas atas yang dapat ditoleransi (TUL) untuk orang dewasa (6, 8Trusted Source).

Untungnya, dalam budaya Asia rumput laut biasanya dimakan dengan makanan yang dapat menghambat penyerapan yodium oleh kelenjar tiroid. Makanan ini dikenal sebagai goitrogen dan ditemukan dalam makanan seperti brokoli, kubis, dan bok choy (8Trusted Source).

Selain itu, penting untuk diperhatikan bahwa rumput laut larut dalam air, yang berarti memasak dan memprosesnya dapat memengaruhi kandungan yodiumnya. Misalnya, ketika rumput laut direbus selama 15 menit, ia bisa kehilangan hingga 90% kandungan yodiumnya (8Trusted Source).

Sementara beberapa laporan kasus telah mengaitkan konsumsi rumput laut yang mengandung yodium dan disfungsi tiroid, fungsi tiroid kembali normal setelah konsumsi dihentikan (53Trusted Source, 54Trusted Source).

Meski demikian, jumlah rumput laut yang tinggi dapat mempengaruhi fungsi tiroid, dan gejala terlalu banyak yodium seringkali sama dengan gejala kekurangan yodium (6).

Jika Anda merasa mengonsumsi terlalu banyak yodium dan mengalami gejala seperti pembengkakan di sekitar area leher atau fluktuasi berat badan, kurangi asupan makanan kaya yodium dan bicarakan dengan dokter Anda.

Beban Logam Berat

Rumput laut dapat menyerap dan menyimpan mineral dalam jumlah terkonsentrasi (8Trusted Source).

Hal ini menimbulkan risiko kesehatan, karena rumput laut juga mengandung sejumlah besar logam berat beracun seperti kadmium, merkuri, dan timbal.

Konon, kandungan logam berat dalam rumput laut biasanya di bawah batas konsentrasi maksimum di sebagian besar negara (55).

Sebuah studi terbaru menganalisis konsentrasi 20 logam di 8 rumput laut berbeda dari Asia dan Eropa. Ditemukan bahwa kadar kadmium, aluminium, dan timbal dalam 4 gram setiap rumput laut tidak menimbulkan risiko kesehatan yang serius.

Meski demikian, jika Anda mengonsumsi rumput laut secara rutin, ada potensi logam berat menumpuk di tubuh Anda seiring berjalannya waktu.

Jika memungkinkan, beli rumput laut organik, karena kecil kemungkinannya mengandung logam berat dalam jumlah yang signifikan (56Trusted Source).

Penutup

Manfaat dan Khasiat Rumput Laut

Rumput laut merupakan bahan yang semakin populer dalam masakan di seluruh dunia.

Ini adalah sumber makanan terbaik yodium, yang membantu mendukung kelenjar tiroid Anda.

Ini juga mengandung vitamin dan mineral lain, seperti vitamin K, vitamin B, seng dan zat besi, bersama dengan antioksidan yang membantu melindungi sel Anda dari kerusakan.

Namun, terlalu banyak yodium dari rumput laut dapat merusak fungsi tiroid Anda.

Untuk manfaat kesehatan yang optimal, nikmati ramuan kuno ini dalam jumlah yang teratur tetapi sedikit.

Sumber dan diterjemahkan dari healthline.com Manfaat dan Khasiat Rumput Laut

  • Bagikan
Positive SSL