5 Cara Ampuh Merawat Radiator Mobil

  • Bagikan
f4772075 ilustrasi radiator mobil 2 169


Jakarta, cakrawalarafflesia —

Radiator pada mobil merupakan perangkat penting yang berfungsi sebagai pendingin mesin. Wajib hukumnya bagi pemilik mobil untuk tahu cara merawat radiator mobil.

Dalam radiator mobil terdapat tiga komponen penting seperti minyak pelumas, cairan pendingin, dan udara. Ketiganya perlu perawatan agar performa mesin mobil tetap dalam kondisi baik.

Berikut beberapa tips untuk menjaga dan merawat radiator mobil.





1. Cek selang radiator

Selang radiator merupakan komponen penting dari sistem pendingin karena membawa cairan pendingin dari radiator. Dikutip dari Meineke, pada dasarnya terdapat dua selang pada radiator yaitu selang bagian atas dan bagian bawah.

Selang atas menghubungkan bagian atas radiator ke mesin, sedangkan selang bawah menghubungkan bagian bawah radiator ke pompa mesin air.

Selang dapat mengalami retak yang dapat mengakibatkan kebocoran cairan pendingin dan pendinginan mesin menjadi tidak berjalan dengan baik.

2. Memilih cairan pendingin yang tepat




Ilustrasi radiator mobilFoto: istockphoto/Pav_1007
Ilustrasi. Cara menjaga dan merawat radiator mobil adalah memastikan untuk memilih cairan pendingin yang tepat.

Tidak sembarang untuk memilih cairan pendingin pada radiator mobil. Anda harus menggunakan cairan pendingin khusus sesuai dengan merek dan model mobil.

Setiap mobil memiliki radiator yang berbeda, bisa terbuat dari aluminium dan tembaga kuningan. Maka disarankan untuk tidak mencampur cairan pendingin radiator karena akan memengaruhi kinerja radiator, seperti yang dikutip dari Professional Auto Repair.

Selain itu, Anda harus mengganti cairan pendingin setiap kali radiator diservis. Idealnya dilakukan setiap tahun.

3. Membersihkan radiator

Anda sebagai pemilik mobil harus rajin membersihkan radiator secara teratur. Setiap satu tahun sekali atau 30.000 km wajib membersihkan radiator.

Rutin membersihkan radiator maka dapat menghilangkan penumpukan karat dan residu.

4. Cek tutup radiator




Ilustrasi radiator mobilFoto: istockphoto/Sorapop
Ilustrasi. Cara menjaga dan merawat radiator mobil adalah rutin mengecek fungsi tutup radiator.

Menurut Gulf News, tidak salahnya bagi pemilik mobil rutin untuk cek tutup radiator. Apabila tutup radiator tidak berfungsi bisa menyebabkan radiator terlalu panas.

Jika tutup radiator tidak disekrup dengan benar maka cairan pendingin bisa bocor. Tutupnya juga membantu menjaga tekanan air yang benar. Jika tidak terpasang dengan benar maka tekanannya akan terganggu.

5. Jangan membawa barang terlalu berat

Tidak membawa barang terlalu berat menjadi salah satu cara merawat radiator mobil. Semakin berat beban yang dibawa pada mobil, maka semakin berat radiator mobil akan bekerja.

Kelebihan berat beban akan membuat mobil menjadi terlalu panas karena beban mesin meningkat. Maka hal itu dapat membuat mobil Anda mengalami tekanan ekstra.

Itulah beberapa cara merawat dan menjaga radiator mobil yang bisa Anda lakukan. Jika menemukan masalah pada radiator, segera cari dan hubungi bengkel terdekat agar segera diperbaiki.

(auz/fef)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Baca Juga :  Butuh Kuota Malam? Paket Data Smartfren Ini Bisa Jadi Solusi
  • Bagikan