3 Jenis Tanaman Hias Bambu yang Cantik

65
Jakarta, cakrawalarafflesia —

Dalam ilmu feng shui, memelihara tanaman hias bambu yang cantik dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Kendati demikian, konsep pembawa keberuntungan adalah dari segi kesehatan lantaran tanaman menghasilkan udara bersih di dalam ruangan.

_

Selain itu, daya tarik memelihara tanaman hias bambu ada pada keindahan batangnya yang bisa dibentuk atau disusun. Selain baik dipelihara dalam ruangan, tanaman hias bambu juga bagus dijadikan sebagai hadiah untuk kerabat, kolega, dan keluarga.

Berikut 3 tanaman hias bambu yang cantik bisa dijadikan sebagai hadiah maupun dekorasi rumah Anda.

1. Bambu Hoki

Chinese Lucky bamboo, Dracaena sanderiana, isolatedFoto: iStockphoto/defun
Bambu hoki atau bambu keberuntungan adalah salah satu jenis tanaman hias bambu yang cantik.

Bambu hoki atau bambu keberuntungan berasal dari Afrika. Melansir The Spruce, meski batangnya terlihat seperti bambu, namun tanaman dengan nama ilmiah Dracaena sanderiana ini bukanlah tanaman dengan genus bambu, melainkan lebih mendekati ke jenis tanaman sukulen.

Bambu hoki memiliki bentuk ramping, tegak, dan tersusun rapi dalam beberapa tingkatan, dengan terdapat beberapa daun hijau runcing di setiap batang. Daun ini biasanya berada di ujung batang bagian atas.

Cara merawat bambu hoki tidaklah sulit. Letakkan tanaman pada area yang cukup terkena matahari. Jika dipelihara di dalam ruangan, letakkan bambu hoki sudut yang paling terkena sinar matahari seperti di dekat jendela.

Tanaman ini umum ditemui di perkantoran atau hunian tempat tinggal, karena mudah perawatannya dan diyakini memberikan manfaat yang baik secara feng shui.

Baca Juga :  Cara Merawat Caladium, Monstera, dan Aglonema dengan Mudah

2. Bambu Emas

Tanaman hias bambu yang cantik berikutnya adalah bambu emas atau bambu cendani. Tanaman yang dikenal dengan nama ilmiah Phyllostachys aurea ini merupakan salah satu bambu yang dapat ditanam pada media pot dalam ruangan.

Bambu emas yang ditanam pada media pot dapat tumbuh setinggi 60 cm, sedangkan di luar ruangan, bambu emas dapat tumbuh hingga lebih dari 1 meter.

Bambu emas memiliki bentuk batang yang sama dengan bambu hoki, hanya saja warna batangnya akan berubah menjadi kuning keemasan seiring bertambah usia dan terkena sinar matahari.

Bentuk daunnya lebih panjang dengan ujung daun runcing dan lebar daun yang sempit. Warna daunnya secara perlahan akan menjadi kuning keemasan.

Cara merawat bambu emas cukup sederhana. Bambu emas menyukai terkena sinar matahari penuh agar dapat tumbuh dengan baik dan mengeluarkan warna emas pada batang dan daun.

Pada ruangan tertutup, letakkan di dekat jendela yang mendapat sinar matahari paling terang. Bambu emas juga dapat dibentuk menjadi beragam rupa saat batang bambu masih berusia muda.

3. Bambu Surgawi

Bambu surgawi atau Nandina Domestica sebenarnya bukanlah berasal dari genus keluarga bambu, melainkan mengarah pada tumbuhan semak berbunga hijau kemerahan yang berasal dari Asia Timur.

Disebut bambu karena memiliki batang seperti tebu dengan tekstur daun seperti bambu. Daun pada bambu surgawi akan berubah warna seiring pergantian musim. Warnanya akan berubah dari hijau menjadi merah dan sebaliknya.

Saat daun mulai mengeluarkan warna merah, akan diikuti dengan bunga putih kecil. Bambu surgawi dapat tumbuh hingga 1 meter, karenanya tanaman ini biasanya ditanam di pekarangan atau pot luar ruang.

Tanaman bambu surgawi dapat beradaptasi dengan sinar matahari langsung maupun teduh. Akan tetapi untuk mendapatkan warna yang menarik, paling baik diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Bambu surgawi cukup disiram secukupnya saat masih bibit. Varietas paling populer dari bambu surgawi adalah:

    • Nandina Domestica Firecracker: Tumbuh lebih pendek dengan perpaduan warna daun merah dan hijau.
    • Nandina Domestica Richmond: Selain warna merah, memiliki buah seperti berry saat berubah warna.
    • Nandina Domestica Nana: Tumbuh sangat pendek dengan daun yang rimbun dan bentuk daun yang kecil, juga tidak menghasilkan berry.

Itulah tanaman hias bambu yang cantik dijadikan hadiah. Merawat tanaman di rumah baik di luar atau dalam ruangan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan pikiran.

(imb/fef)


Source link