Polisi Punya Mata Ketiga untuk Tilang Elektronik Mulai Besok

  • Bagikan
595846f6 tilang roda 2 di margonda depok 11 169



tilang roda 2 di margonda depok 11 169

Jakarta, cakrawalarafflesia —

Tambahan 98 kamera bukan satu-satunya yang baru dalam pengembangan sistem tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/ETLE) untuk kawasan Jakarta. Polda Metro Jaya juga kini memiliki 30 kamera portabel yang dipasang di badan, helm, dan dasbor kendaraan aparat.

Kamera ETLE portabel ini akan lebih dinamis mengawasi pelanggaran lalu lintas daripada kamera ETLE biasa yang dipasang stasioner. Petugas dengan kamera portabel bisa ditugaskan mendatangi lokasi biasa terjadi pelanggaran atau wilayah yang belum terjangkau kamera ETLE.

“Misal sering terjadi kebut-kebutan di kawasan Kemayoran maka ETLE portabel ini akan merapat ke titik sasaran dan akan langsung merekam pelanggaran lalu lintas yang terjadi di sana,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran seperti diberitakan cakrawalarafflesia, Senin (22/3).

Baca Juga :  Pengguna Kecewa PS5 yang Baru Dirilis Bersuara Berisik





Selain itu dikatakan juga ETLE portabel bisa dipakai buat landasan penindakan pelanggaran lalu lintas yang umum dilakukan pesepeda motor yaitu melawan arus lalu lintas, berbonceng tiga, tidak menggunakan helm, dan melanggar marka jalan.

Cara kerja petugas dengan kamera ETLE portabel yakni hanya memantau dan merekam. Pelanggar tidak akan diberhentikan untuk ditilang.

Hasil rekaman ETLE portabel bakal dianalisa terlebih dahulu, kemudian bila memenuhi syarat-syarat maka surat tilang akan dikirim ke pelanggar menyesuaikan database kendaraan.

“Ini akan sangat baik sekali untuk menjaga ketertiban kelancaran lalu lintas serta perilaku lalu lintas, perilaku pengemudi masyarakat di lapangan agar terus tertib berkendara,” ucap Fadil.

Baca Juga :  Meteor yang Melesat di Atas Gunung Merapi Diperkirakan Jatuh di Gunung Merbabu

Sebanyak 30 ETLE portabel akan diresmikan bareng dengan peresmian 244 kamera ETLE baru yang ditujukan untuk 12 Polda pada 23 Maret.

Polda Metro Jaya kebagian 98 titik kamera ETLE baru, Polda Riau lima titik, Polda Jawa Timur 55 titik, Polda Jawa Tengah 10 titik, Polda Sulawesi Selatan 16 titik, Polda Jawa Barat 21 titik, Polda Jambi 8 titik, Polda Sumatera Barat 10 titik, Polda DIY empat titik, Polda Lampung lima titik, Polda Sulawesi Utara 11 titik dan Polda Banten satu titik.

(cakrawalarafflesia/fea)

[Gambas:Video CNN]






Source link

  • Bagikan