Pabrik Chip Kebakaran, Produsen Mobil Jepang Hitung Kerugian

  • Bagikan
38df46b9 f9fd 45d5 9dff c236e6158ff5 169



38df46b9 f9fd 45d5 9dff c236e6158ff5 169

Jakarta, cakrawalarafflesia —

Perusahaan produsen kendaraan asal Jepang, Toyota, Nissan, Honda dan beberapa lainnya bergegas sedang mengkaji dampak kebakaran pabrik chip otomotif Renesas Electronics yang dinilai dapat memperburuk suplai global chip semikonduktor.

“Kami sedang mengumpulkan informasi dan mencoba melihat apakah ini akan mempengaruhi kami atau tidak,” kata juru bicara Honda, dilansir dari Reuters, Senin (23/3).

Efek buat produsen mobil diperkirakan bisa sampai ke luar Jepang, seperti ke Eropa dan Amerika Serikat, lantaran Renesas Electronics menguasai sekitar 30 persen pangsa pasar global chip pada mobil.





Pembuat mobil lain termasuk Toyota dan Nissan mengatakan mereka juga tengah menilai dampak dari situasi tersebut.

Renesas mengatakan butuh setidaknya satu bulan untuk memulai kembali produksi chip di Naka, Prefektur Tokushima, Jepang usai gangguan listrik menyebabkan terbakarnya pabrik itu pada Jumat (19/3).

Baca Juga :  Oppo A16 Andalkan Baterai Jumbo 5.000 mAh?

Perusahaan semikonduktor ini memperkirakan pengiriman mulai terkendala kepada konsumen sekitar 1 bulan ke depan.

Mungkin akan memakan waktu lebih dari sebulan untuk kembali ke pasokan normal. Mengingat hal itu, Toyota akan menghadapi produksi yang sangat tidak stabil pada bulan April dan Mei,” kata Seiji Sugiura, analis senior di Tokai Tokyo Research Institute.

“Saya pikir Honda, Nissan dan pabrikan lain juga akan menghadapi situasi yang sulit,” tambahnya.

Ketiga perusahaan itu mengatakan masih menghitung dampak yang ditimbulkan dari gangguan Renesas Electronics terhadap ketersediaan chip mereka.

Chip semikonduktor yang dibuat oleh Renesas digunakan secara menyeluruh untuk sistem komputasi di dalam mobil, termasuk untuk memantau kinerja mesin, mengatur kemudi, jendela otomatis, sensor parkir, serta instalasi hiburan.

Baca Juga :  Ikut Penasaran, Obama Ingin Tahu Kebenaran UFO

Nissan dan Honda telah terpaksa mengurangi rencana produksi karena kekurangan chip, sementara Toyota yang memastikan punya persediaan chip, sejauh ini bernasib lebih baik.

“Bisa memakan waktu tiga bulan atau bahkan setengah tahun untuk pulih sepenuhnya. Ini terjadi ketika stok chip menipis, sehingga dampaknya akan signifikan,” kata Akira Minamikawa, analis di perusahaan riset teknologi Omdia.

Renesas mengatakan pelanggannya, yang sebagian besar adalah pembuat suku cadang otomotif, akan mulai melihat penurunan chip sekitar satu bulan.

Pemerintah Jepang menjanjikan memberi bantuan kepada industri otomotif di negerinya.

“Kami dengan tegas akan mencoba membantu pabrik Naka mencapai pemulihan cepat dengan membantunya memperoleh peralatan manufaktur alternatif dengan cepat,” ujar Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato kepada awak media.

(can/fea)

[Gambas:Video CNN]






Source link

  • Bagikan