Halo Calon MUA Masa Kini, Ayo Ikuti Akademi Vokasi Indonesia!

  • Bagikan
537fd17f adv kemendikbud 169



adv kemendikbud 169

Jakarta, cakrawalarafflesia- Pendidikan vokasi dapat menjadi jawaban bagi kebutuhan industri di masa depan di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Industri kini kian membutuhkan sumber daya manusia yang terampil dengan kompetensi tinggi, untuk itu diperlukan sinergi kuat cakrawalarafflesia Lembaga Pendidikan Vokasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri.

Sayangnya, masih banyak siswa atau peserta didik yang belum menyadari dan mengetahui secara penuh potensi dan kekuatan dari pendidikan vokasi. Salah satu contoh keahlian di bidang tata rias atau make up artist (MUA) yang selama ini masih dipandang sebelah mata dan seringkali dilihat sebagai hobi belaka.

Padahal, keahlian tata rias sangat dibutuhkan di dunia industri seperti fashion, kecantikan hingga dunia entertainment. Industri membutuhkan penata rias dengan keahlian baik, siap terjun dan berkualitas.

Berangkat dari semangat mengingkatkan kualitas lulusan vokasi, Kemendikbud RI bekerja sama dengan cakrawalarafflesia mengadakan Akademi Vokasi Indonesia (AVI).

Melalui kegiatan ini, peserta dapat mengetahui seluk beluk dan potensi vokasi serta memberikan ide dan gagasan untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi Indonesia, terutama di bidang tata rias.

AVI tak hanya menjadi wadah belajar langsung dari para ahli di Dunia Usaha dan Dunia Industri Mitra Vokasi, tetapi juga menjadi ajang kompetisi yang dapat diikuti siswa ataupun mahasiswa aktif vokasi di seluruh Indonesia. Pada tahap awal ini, AVI menyeleksi keahlian tata rias bagi siswa ataupun mahasiswa vokasi di Wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga :  4 Shio Paling Hoki di Tahun Kerbau Logam 2021 ini

Bagi calon peserta, dapat segera mengikuti kompetisi ini dengan mengirimkan portofolio dalam bentuk video atau foto tentang bidang keahlian tata rias kecantikan. Waktu pendaftaran dan pengumpulan proposal dilakukan pada 22-29 Maret 2021.

Portofolio dapat diunggah dalam bentuk format (pdf) diawali dengan curriculum vitae yang terbaru. Jika ada video pendukung disertakan dalam bentuk link, dengan file sudah diunggah di IG TV atau Youtube). Setiap peserta dapat mengunggah file maksimal dalam kapasitas 10 mb.Jangan lupa mengisi formulir pendaftaran yang terlampir secara lengkap.

Setiap peserta terbaik yang lolos seleksi tahap I akan diumumkan pada Rabu,31 Maret 2021. Kemudian akan dilakukan Presentasi Final dan penjurian pada Kamis,1 April 2021. Nantinya, ada lima pemenang terpilih yang akan mendapatkan kesempatan internship/magang di Mustika Ratu, sebagai tanda nyata pernikahan industri dan vokasi. Hadiah lainnya adalah Laptop Estima dan Grand Prize berupa uang tunai senilai Rp 15 juta.

Daftar sekarang juga di bit.ly/akademivokasi untuk mengikuti kompetisi ini dan jangan lupa membaca Syarat dan Ketentuan AVI dibawah ini.

Baca Juga :  Cek pasangan drama Korea idealmu berdasarkan tes kepribadian MBTI

Syarat dan Ketentuan



1. Peserta adalah siswa SMK atau mahasiswa Vokasi yang masih aktif.

2. Peserta diwajibkan mengirimkan portofolio mengenai keahlian tata rias kecantikan dalam bentuk proposal/slide presentasi dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Format file berupa (.pdf)
  • Maksimal terdiri dari 10 slide/halaman
  • Maksimal kapasitas file pdf adalah 10 MB (Harap lakukan resize dokumen jika file lebih besar)
  • Hal 1 adalah judul, Halaman 2 sertakan Curriculum Vitae/ Biodata terbaru, Halaman 3-10 konsep & portofolio.

3. Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap.

4. Jika Anda memiliki video portofolio pendukung, harap sertakan link video Anda (Video sebelumnya telah di upload di IGTV atau youtube).

*Jika menggunakan media IGTV harap profile tidak dalam keadaan private atau terkunci.

5. Melampirkan sertifikat penghargaan atau sertifikat pelatihan sesuai dengan bidang keahlian yang ditempuh (jika ada) dengan format JPG atau PDF. Maksimal kapasitas file 10 MB.

6. Tidak sedang dalam keadaan sakit, atau sedang magang di sebuah perusahaan.

7. Bersedia hadir dalam presentasi final tanggal 1 April 2021 di Jakarta jika lolos seleksi tahap administratif.

(adv/adv)



Source link

  • Bagikan