Studi Temukan Dampak Positif Vaksinasi Corona pada Ibu Hamil

  • Bagikan
17b5981f ilustrasi vaksin covid 19 2 169



ilustrasi vaksin covid 19 2 169

Jakarta, cakrawalarafflesia —

Vaksinasi pada ibu hamil ditemukan dapat memberikan perlindungan terhadap bayi yang ada di dalam kandungan dari ancaman infeksi virus corona penyebab Covid-19.

Simpulan tersebut ditemukan dalam studi terbaru dari Israel. Studi menemukan, pasca-vaksinasi, antibodi ditemukan pada semua ibu hamil yang mendapatkan vaksin dan bayi yang baru lahir. Vaksin pada bayi didapatkan melalui transfer plasenta.

“Temuan kami menyoroti bahwa vaksinasi memberikan perlindungan pada ibu sekaligus bayi dari infeksi SARS-CoV-2,” tulis penelitian tersebut, melansir Reuters.

Penelitian mengikutsertakan sebanyak 20 ibu hamil yang mendapatkan suntikan vaksin Pfizer/BioNTech.

Baca Juga :  Amankan Kecelakaan, Mobil PJR Ditabrak Truk di Tol Tangerang Merak

Kendati demikian, simpulan tersebut masih merupakan penemuan awal yang belum melewati proses peer-review. Saat ini, hasil studi dari Hadassah University Medical Center Yerusalem ini baru dapat diakses melalui situs medRxiv.

Selain itu, jumlah sampel yang sedikit juga membuat penelitian ini perlu dibuktikan lebih lanjut. Studi yang lebih besar perlu dilakukan untuk mengukur efektivitas vaksinasi pada ibu hamil.

Saat ini, para peneliti akan memantau berapa lama antibodi dapat bertahan pada tubuh bayi.

Baca Juga :  LAPAN Buka Suara soal Dentuman Keras di Bali

Pfizer/BioNTech sempat mengatakan bahwa mereka telah memulai studi internasional terhadap 4.000 relawan untuk mengevaluasi keamanan dan efektivitas vaksin Covid-19 pada ibu hamil yang sehat.

Uji coba juga akan menilai apakah ibu hamil yang mendapatkan vaksin mampu mentransfer antibodinya ke tubuh bayi dalam janin melalui plasenta.

Studi terpisah di Amerika Serikat beberapa waktu lalu juga menemukan bahwa vaksinasi pada ibu hamil memberikan perlindungan pada ibu dan bayu melalui transfer plasenta.

(asr)

[Gambas:Video CNN]






Source link

  • Bagikan