Mengenal Nama-nama Batu di Mars yang Pakai Bahasa Navajo

  • Bagikan
a7209583 planet mars 1 169



planet mars 1 169

Jakarta, cakrawalarafflesia —

Tim Perseverance NASA yang menjalankan misi ke planet Mars memberi nama batuan di planet merah itu menggunakan bahasa Navajo.

Bangsa Navajo merupakan penduduk asli Amerika Serikat (AS) yang menetap di wilayah bagian barat daya wilayah AS. Kini bangsa itu memiliki hubungan dengan planet Mars berkat badan antariksa NASA.

Fokus ilmiah utama dalam menggunakan bahasa Indian Navajo yaitu termasuk menamai planet Mars tersebut dengan nama ‘Maaz’.





Merupakan hal yang umum bagi ilmuwan NASA untuk menamai lokasi atau benda geologis di suatu tempat untuk memudahkan mengingatnya. Begitu juga nama-nama lokasi geologis di Mars.

Baca Juga :  Live View hingga Area Busyness

Presiden Navajo Nation Jonathan Nez dan Wakil Presiden Myron Lizer membuat daftar kata-kata dalam bahasa Navajo yang diperuntukkan bagi penamaan tim penjelajah yang menjalankan misi tersebut.

“Kami berharap bahasa kami digunakan dalam misi Perseverance akan menginspirasi lebih banyak anak muda Navajo untuk memahami pentingnya mempelajari bahasa kami,” kata Nez seperti dikutip CNN.

Hingga kini tim Perseverance sudah memegang 50 daftar nama daratan yang dijelajahi tim tersebut. Sebagian sudah dinamai dengan bahasa Navajo, termasuk ‘Bidziil’ (kekuatan) dan Hoł nilį́ (rasa hormat). Misi dengan nama Perseverance pun diterjemahkan ke dalam bahasa Navajo, dengan nama ‘Ha’ahóni’.

Aksara yang digunaan dalam bahasa Navajo tidak bisa dikenali oleh sistem komputasi yang dijalankan NASA, meski menggunakan alfabet Inggris. Jadi tim menggunakan huruf Inggris tanpa tanda baca agar dapat mewakili kata-kata berbahasa Navajo itu.

Baca Juga :  Hadirkan Peningkatan Privasi, Android 12 Beta 2 Diluncurkan di Pixel

“Pendaratan di Mars ini telah menciptakan kesempatan khusus untuk menginspirasi pemuda Navajo tidak hanya melalui prestasi ilmiah dan teknik yang luar biasa, tetapi juga melalui penyertaan bahasa kita dengan cara yang sangat berarti,”kata insinyur Navajo di tim tersebut, Aaron Yazzie.

Mengutip CBS, NASA kini sedang menjalankan misi ekspedisi dengan rover Perseverance sejak 18 Februari 2021. Rover ini sudah mengirimkan 7.000 gambar di Mars ke Bumi.

(can/DAL)

[Gambas:Video CNN]






Source link

  • Bagikan