5 Pilihan Tanaman Hias yang Bagus untuk Kesehatan

  • Bagikan
8c33d78c bunga geranium 169
Jakarta, cakrawalarafflesia —

Tanaman hias umumnya digunakan untuk menciptakan suasana asri dan mempercantik taman maupun sudut ruangan. Akan tetapi kegunaannya tidak hanya sebatas itu, karena ada jenis tanaman hias yang bagus untuk kesehatan terutama bagi pemiliknya.

Kategori tanaman hias untuk kesehatan ini tentunya mempunyai manfaat sebagai obat-obatan alami hingga penyerap racun udara. Berikut beberapa tanaman hias yang diklaim bagus dan bisa membantu menjaga kesehatan tubuh maupun ruangan tempat tinggal:

1. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Aloe Vera plant in a pot in a tiled bathroom with copy space to the rightTanaman hias yang bagus untuk kesehatan: lidah buaya (Foto: iStockphoto/Peter Carruthers)

Lidah buaya merupakan tanaman hias yang perawatannya cukup mudah dan banyak ditemui di Indonesia karena memiliki khasiat baik, untuk kesehatan kulit hingga pencernaan.

Manfaat lidah buaya yaitu bisa mengatasi peradangan kulit, menghaluskan, melembabkan, menghilangkan jerawat pada kulit dan membantu melancarkan sistem pencernaan. Tanaman tersebut juga mengandung vitamin A, B, C, E, serta kaya akan antioksidan, glukosa, serta mineral.

2. Lidah Mertua (Snake Palm)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Khusus Istimewa (DKI) Jakarta melalui Gubernur Anies Baswedan, baru akan berencana menanam tumbuhan lidah mertua untuk mengurangi polusi udara. Padahal di Kota Surabaya, Wali Kota Tri Rismaharini, telah menanam tumbuhan serupa sudah sejak lama.Tanaman hias yang bagus untuk kesehatan: lidah mertua (Foto: cakrawalarafflesia/Farid)

Sansevieria trifasciata atau lidah mertua, termasuk ke dalam jenis tanaman hias yang bagus untuk kesehatan karena mampu menjaga kualitas udara di sekitarnya tetap bersih.

Baca Juga :  Lakalantas, Fuso Seruduk Rumah Warga di Kepahiang

Mengutip Balcony Garden, penelitian dari Universitas Naresuan, Thailand memvalidasi bahwa Sansevieria dapat menyerap karbon dioksida sebanyak 0,49 ppm/meter kubik pada ruangan tertutup.

Disebut tanaman CAM (crassulacean acid metabolism), Sansevieria bisa hasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida di malam hari bersama formaldehida, xilena serta toluena.

3. Lavender

Close Up of Beautiful Lavender blooming in early summer on a sunny day with soft background bokehTanaman hias yang bagus untuk kesehatan: lavender (Foto: Istockphoto/nailiaschwarz)

Lavender merupakan golongan tanaman hias dengan bunga beraroma kuat. Menaruh satu pot tanaman lavender dalam ruangan bisa menyebarkan aroma harum.

Tanaman lavender ini mengandung zat linalool yang berperan sebagai terapi aroma, sehingga dapat memberi efek anti cemas, rileks, dan membuat pemiliknya jadi lebih cepat tidur.

Selain itu, kandungan linalool dan linalyl asetatnya juga sangat tidak disukai oleh nyamuk, sehingga cocok jadi tanaman hias pengusir nyamuk secara alami.

4. Geranium (Crane’s-bill)

Close up of a red geranium flower and unopened buds.Tanaman hias yang bagus untuk kesehatan: geranium (Foto: iStockphoto/KenWiedemann)

Tanaman hias geranium memang sangat cantik karena memiliki bunga dengan aneka warna seperti putih, merah muda, merah, dan ungu, sehingga cocok untuk dekorasi rumah.

Baca Juga :  Pendukung Desak Jokowi Evaluasi Menteri: Agar Tak Jadi Beban

Namun kegunaannya tidak sebatas membuat taman atau ruangan menjadi indah, melainkan bisa untuk kesehatan rumah supaya karena mampu terbebas nyamuk.

Geranium ini mempunyai aroma kuat yang mirip-mirip dengan lemon dan serai untuk pereda stres. Bahkan, tanaman geranium juga bisa dijadikan alternatif pewangi ruangan alami.

5. Spider Plant (Chlorophytum Comosum)

Chlorophytum comosum, Spider plant  in white hanging pot / basket, Air purifying plants for home, Indoor houseplant, Hanging plant, Vertical wall garden, Houseplants With Health Benefits conceptTanaman hias yang bagus untuk kesehatan: spider plant (Foto: iStockphoto/yaoinlove)

Spider plant merupakan tanaman hias berdaun putih yang menyerupai kaki laba-laba karena daunnya menjuntai ke bawah dan sering dimanfaatkan sebagai tanaman indoor.

Tanaman spider plant sangat ampuh untuk menghilangkan senyawa berbahaya seperti formaldehyde dan menyerap bau tidak sedap dalam ruangan.

Disebut sebagai tanaman hias yang bagus untuk kesehatan karena spider plant ini bisa membantu pemiliknya untuk mendapat kualitas tidur yang baik dan lebih nyenyak.

(avd/fjr)

[Gambas:Video CNN]


Source link

  • Bagikan