Gaet Andrea Dovizioso, Aprilia Racing Siap Jadi Tim Papan Atas

  • Bagikan
b003d4a7 gaet andrea dovizioso aprilia racing siap jadi tim papan atas


Berita MotoGP: Tim Aprilia Racing nampaknya sudah mengambil langkah serius dengan merekrut pebalap sekaliber Andrea Dovizioso sebagai test rider. Aprilia pun diyakni bakal bisa bersaing di papan atas pada masa mendatang.

Tim Aprilia Racing ingin menunjukkan bahwa mereka sudah siap untuk keluar dari status tim medioker di MotoGP. Pengembangan motor RS-GP dengan mesin V4 90 derajat akhirnya menunjukkan progres positif lantaran nyaris tak menunjukkan berkembang pada musim lalu.

Aleix Espargaro yang selama ini menjadi ujung tombak Aprilia sejatinya berhasil tampil gemilang dalam tes pramusim MotoGP 2021. Espargaro mengakhiri tes pramusim MotoGP 2021 dengan menempati posisi keenam dalam hasil gabungan catatan waktu terbaik.

Aprilia juga disebut cukup kompetitif dalam simulasi lomba yang lebih menuntut konsistensi dan ketahanan. Dilansir dari laman The-Race, selama tiga hari pertama tes pramusim Espargaro berada di posisi enam teratas dalam analisis simulasi lomba.

Motor yang mengalami peningkatan performa ini jadi bekal utama Aprilia menjelang kiprah mereka sebagai tim pabrikan tulen mulai musim 2022. Sebagaimana diketahui, Aprilia Racing masih berstatus tim independen sejak pertama kali menurunkan skuad pada 2015 dengan bekerjasama dengan tim Gresini.

Baca Juga :  Valentino Rossi Dikabarkan Perpanjang Kontrak di Yamaha hingga 2021

Selain menjanjikan pada tes pramusim, Aprilia juga mengantongi keuntungan eksklusif dibanding pabrikan lainnya di MotoGP. Skuat asal Noale tersebut diizinkan mengembangkan motor mereka plus melakukan tes privat dengan maksimal karena status sebagai pabrikan konsesi.

Aprilia juga mencoba mengambil langkah besar dengan menggaet salah satu rider terbaik di MotoGP dalam beberapa musim terakhir, yakni Andrea Dovizioso yang sanggup menjadi runner-up MotoGP selama tiga musim beruntun pada 2017-2019.

Aprilia sebenarnya telah memberikan tawaran kepada Andrea Dovizioso ketika sang rider mengumumkan hengkang dari Ducati pada awal musim lalu. Hanya saja, Dovizioso belum tertarik untuk bergabung mengingat motor RS-GP tidak menunjukkan potensi untuk bersaing di grup terdepan.

Kini, Dovizioso berubah pikiran. Performa oke Espargaro dalam tes pramusim tampaknya membuat Dovizioso tergoda untuk menjajal sendiri motor Aprilia. Dovizioso bahkan telah menjadwalkan tes privat dengan Aprilia di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 12-14 April mendatang.

Kendati demikian, tak ada komitmen bahwa Dovizioso pasti bergabung dengan Aprilia sebagai pebalap resmi. Tujuan partisipasi Dovizioso pun baru sekadar memberi masukan. Meski begitu, kesempatan tes disinyalir bisa membuka peluang bagi Aprilia untuk merekrut Dovizioso sebagai pebalap reguler mereka Keberhasilan Aprilia meyakinkan Dovizioso untuk menjajal motor mereka turut dikomentari oleh mantan manajer tim mereka, Carlo Pernat.

Baca Juga :  Duo Rider Yamaha Punya Strategi Rebut Kemenangan dari Ducati Di Qatar

Sebagaimana dilansir dari GPOne, Pernat memuji Dovizioso sebagai pebalap yang kompeten untuk membawa Aprilia memperbaiki prestasi mereka di MotoGP. Pernat menunjuk keberhasilan Dovizioso untuk bersaing dengan Marc Marquez yang kerap disebut alien karena dominasi di MotoGP.

“Dovi tidak memenangkan gelar juara, tetapi dia adalah manusia pertama, dan juga satu-satunya yang mencoba memperebutkan gelar dengan Marquez,” kata Pernat.

“Dia mengalahkannya pada beberapa kesempatan di tikungan terakhir. Jika kita harus mengkritik Andrea, bukankah itu berarti pembalap lainnya lebih lemah? Saya berpendapat bahwa Dovi ingin balapan lagi tahun ini, tetapi dia tidak menemukan peluang berdasarkan permintaannya,” imbuh Pernat.

Artikel Tag: Andrea Dovizioso, Aprilia Racing, MotoGP 2021





Source link

  • Bagikan