7 Hewan Peliharaan yang Cocok untuk Anak

96

Membiarkan anak terlalu lama bermain gawai tentu tak baik untuk kesehatan anak. Alih-alih bermain gawai, biarkan anak bermain sambil belajar memelihara hewan peliharaan.

Merawat hewan peliharaan bisa memberikan pengalaman positif buat anak. Hewan bisa menjadi teman yang cukup menghibur di rumah.

_

Selain itu, anak juga bisa belajar bertanggung jawab dan memberikan perhatian pada makhluk hidup lain. Berikut beberapa jenis hewan yang bisa jadi pertimbangan untuk dipelihara di rumah bersama anak.

1. Hamster

Hewan kecil satu ini tergolong mudah dirawat bahkan bisa dilatih buang air dengan benar.

Katherine Quesenberry, pakar hewan peliharaan eksotis di Animal Medical Center, New York, mengatakan bahwa hamster bisa bergerak lincah. Beberapa jenis tertentu bisa sangat agresif sehingga sulit dipegang.

Jika ingin memelihara hamster, Anda perlu menyediakan kandang cukup luas, dilengkapi terowongan dan area untuk tidur.

Hamster biasanya akan hidup selama tiga tahun sehingga perhatikan seberapa besar keinginan anak untuk berinteraksi dengannya. Tak hanya pengalaman merawat, tapi anak juga bisa merasakan pengalaman kehilangan.

“Ini bisa menyedihkan, tetapi juga merupakan cara untuk memperkenalkan gagasan bahwa segala sesuatu akan mati. Anda bisa mendampingi anak saat ia melewati pengalaman ini,” jelas Jennifer Graham, asisten profesor Cummings School of Veterinary Medicine di Tufts University, mengutip dari Parents.

2. Ikan

Jika anak sebelumnya sama sekali belum pernah memiliki hewan peliharaan, ikan bisa jadi permulaan yang tepat. Ikan mas tampaknya cocok untuk anak-anak. Namun, ikan ini lebih sulit dipelihara daripada ikan cupang.

Baca Juga :  5 Fakta Tanaman Hias Janda Bolong Yang Kini Diserbu

Mengutip dari Healthline, ikan yang populer di wilayah Asia Tenggara ini mampu bertahan hidup di lingkungan yang terisolasi dan dalam akuarium mini dengan air yang stagnan.

3. Burung

Memelihara burung bakal lebih memerlukan perhatian daripada ikan. Namun, beberapa jenis burung bisa begitu pintar dan bisa berinteraksi dengan manusia. Namun, ada pula yang memilih di kandang dan jarang sekali bisa dipegang.

Sebagai permulaan, burung parkit atau kenari terbilang murah dan perawatannya mudah.


4. Kucing

Siapa yang tidak menyukai tingkah polah kucing yang menggemaskan? Biasanya anak-anak suka bermain dengan kucing.

Kucing terbilang tidak memerlukan banyak perhatian seperti anjing. Terlebih jika area rumah tidak terlalu luas, kucing cocok untuk dipelihara.

Baca Juga :  Tanaman Hias yang Diprediksi Harganya Bakal Selangit di 2021

5. Anjing

Godaan untuk memelihara anjing mungkin makin besar akibat video-video anak dan anjing di media sosial. Anak-anak bisa akrab dengan anjing, bermain bersama, dan menjadi teman di rumah.

Tidak semua anjing mungkin cocok buat anak. Pastikan anjing bisa bersosialisasi dan nyaman dengan anak sebelum adopsi.

Tiap jenis anjing akan menuntut komitmen dan usaha untuk merawat. Jika memelihara dari kecil, anak anjing perlu dilatih, cek ke dokter, vaksin, dan banyak perhatian.
Beberapa jenis anjing yang cocok bersama anak misalnya labrador retriever, golden retriever, boxers, dan beagles.

6. Kelinci

Memelihara kelinci tetap memerlukan pengawasan orang dewasa.

Kelinci terbilang hewan yang tidak agresif dan lembut. Kelinci bisa hidup selama 8-12 tahun. Kelinci juga mudah dirawat.

Agar kelinci tetap sehat, Quesenberry menyarankan untuk memberikan kelinci makanan yang layak seperti sayuran hijau dan pelet (makanan hewan berbentuk butiran).

7. Kura-kura

Reptil termasuk kura-kura mungkin kurang memiliki daya tarik seperti kucing, ikan, atau burung. Namun, bukan ide buruk untuk memelihara mereka.

Ada kura-kura berukuran mini yang tidak memerlukan akuarium luas atau perawatan yang rumit. Cukup pastikan kebersihan dan kecukupan makanan. Hewan ini pun tidak memerlukan banyak perhatian seperti anjing.

Source link