Spesifikasi Pesawat CN235, Diserahkan Prabowo ke AU Senegal

  • Bagikan
7ca911d6 ferry flight pesawat cn235 220 mpa ke senegal 2 169



ferry flight pesawat cn235 220 mpa ke senegal 2 169

Jakarta, cakrawalarafflesia —

PT Dirgantara Indonesia (PT DI) melakukan ekspor satu unit pesawat terbang buatan dalam negeri yakni pesawat CN235-220 Maritime Patrol Aircraft (MPA). Pesawat itu diekspor ke Republik Senegal untuk selanjutnya digunakan Senegal Air Force.

Melalui keterangan tertulis, PTDI mengatakan Pesawat CN235-220 MPA dengan serial number N69 tersebut telah melaksanakan Flight Acceptance dan tim Senegal Air Force sebanyak 11 orang telah menuntaskan seluruh rangkaian pelaksanaan Flight Training dan Customer Training pada 10 Maret 2021 lalu.

Pesawat udara CN235-220 MPA ini memiliki beberapa keunggulan, yakni dapat lepas landas dengan jarak yang pendek, dengan kondisi landasan yang belum beraspal dan berumput, mampu terbang selama delapan jam dengan sistem avionik glass cockpit, autopilot dan adanya winglet di ujung sayap agar lebih stabil dan irit bahan bakar.

Baca Juga :  Dapat Skor AnTuTu Tinggi, Find X3 Pro Jagokan Chipset Snapdragon 888





Pesawat udara CN235-220 Maritime Patrol Aircraft juga dilengkapi dengan Tactical Console (TACCO), 360 degree Search Radar yang dapat mendeteksi target yang kecil sampai 200 NM (Nautical Mile) dan Automatic Identification System (AIS), sistem pelacakan otomatis untuk mengidentifikasi kapal, sehingga dapat diperoleh posisi objek yang mencurigakan.

Pesawat udara CN235-220 MPA ini dilengkapi pula dengan Forward Looking Infra Red (FLIR) untuk mendeteksi dan mengklasifikasikan target, serta mampu merekam situasi di sekitar wilayah terbang untuk evaluasi misi, baik dalam kondisi siang maupun malam hari.

Lebih lanjut, pesawat ini merupakan pesawat ketiga yang dikirim dari PTDI dan dioperasikan oleh Senegal Air Force. Sebelumnya, PTDI telah mengirimkan pesawat CN235 pertama dengan konfigurasi Military Transport pada tahun 2011 dan pesawat kedua dengan konfigurasi Multi Purpose Aircraft (MPA) pada tahun 2016.

Baca Juga :  Seru! Telegram dan Signal Kompak Ejek Kebijakan Privasi WhatsApp

Direktur Utama PTDI, Elfien Goentoro mengatakan pesawat ini diberikan langsung dalam kegiatan Ferry Flight dari Hanggar Fixed Wing PTDI menuju Dakar, Republik Senegal, hari ini, Jumat (19/3).

Kegiatan Ferry Flight ini dilakukan oleh Capt. Esther Gayatri Saleh sebagai Test Pilot In Command dan Flight Instructor (acting as Chief of The Mission) dan Capt. Anjun Nugroho sebagai Copilot. Dalam penerbangan tersebut turut serta Capt. Kane Mansour sebagai perwakilan dari Senegal Air Force.


Nilai Kontrak Pesawat CN235-220

BACA HALAMAN BERIKUTNYA






Source link

  • Bagikan