Aturan Tidur yang Tepat untuk Bayi

  • Bagikan
6a23313f ilustrasi bayi tidur 1 169

Tidur yang cukup pada bayi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Pahami dan terapkan aturan tidur yang tepat pada bayi agar tumbuh kembang anak optimal.

“Pada saat tidur, sel-sel tubuh memperbaiki diri dan beregenerasi. Tidur ini sangat krusial, tidak hanya fisik, tapi juga mental dan emosi,” kata dokter spesialis anak Kanya Ayu Paramastri dalam webinar Baby Happy, beberapa waktu lalu.

Kanya menjelaskan, anak harus diajarkan tidur yang teratur sejak bayi. Anak bisa mulai diajarkan tidur pada usia 1-2 bulan

Berikut aturan tidur pada bayi.

1. Waktu tidur

Pastikan anak memiliki waktu tidur yang cukup setiap hari. Waktu tidur ini merupakan akumulasi dari tidur siang dan malam hari.

Selain itu, Kanya menyebut anak harus menjalani tidur yang dalam atau deep sleep pada pukul 23.00 hingga 02.00 dini hari. Untuk mendapatkan deep sleep tersebut, pastikan anak mulai tertidur pada pukul 20.00 atau 8 malam.

Baca Juga :  Gak cuma bikin gemuk, makan tengah malam pun memicu masalah jantung

“Ini merupakan waktu yang krusial untuk sel berestorasi. Anak bisa disusui kembali pada pukul 22.00 untuk mencegah bangun di pukul 23.00-02.00. Susui kembali anak pada pukul 03.00 jika diperlukan,” kata Kanya.

Berikut waktu tidur yang dibutuhkan bayi:

– Bayi baru lahir: Tidur hampir sepanjang waktu
– 1-12 bulan: 14-15 jam sehari
– 1-5 tahun: 12-13 jam sehari

2. Jam yang konsisten

Buat rutinitas tidur yang konsisten pada anak, mulai dari tidur di waktu yang sama dan bangun di waktu yang sama.

“Jamnya harus sama setiap hari agar terbentuk kebiasaan,” kata Kanya.

Baca Juga :  Waspadai penyebab vertigo kambuh dan faktor risiko ini, yuk

3. Kenyang

Pastikan pula anak tertidur dalam keadaan kenyang. Jika tidur dalam keadaan lapar, anak bisa terbangun dan sulit tertidur kembali.

4. Kondisi yang nyaman

Tidurkan anak dalam kondisi yang bersih dan nyaman. Misalnya, mengganti baju yang nyaman dan mengganti popok. Pastikan pula tempat tidur dalam keadaan bersih.

5. Buat rutinitas sebelum tidur

Kenalkan anak dengan rutinitas sebelum tidur, misalnya membersihkan mainan, masuk ke dalam kamar, dan mematikan lampu. Buat aktivitas-aktivitas yang dilakukan untuk membuat anak mengantuk sehingga tidur lebih cepat.

“Bisa dengan mandi atau memijat bayi, membaca buku, mendengarkan musik, dan juga orang tua harus ikut agar anak mencontoh,” tutur Kanya.

(ptj/asr)


Source link

  • Bagikan