5 Tanaman Hias dengan Unsur Kuning pada Daun

  • Bagikan
efa21f48 a44a 427d a2c6 366a1638e97a 169
Jakarta, cakrawalarafflesia —

Tanaman hias identik berwarna hijau, namun warna lain seperti kuning juga mampu memberikan kesan berbeda saat ditanam di pekarangan ataupun di pot.

Seperti tanaman lainnya, tanaman hias berdaun kuning bisa ditanam menggunakan berbagai media tanam. Tanaman hias berdaun kuning membutuhkan perhatian lebih agar daun dan bunganya dapat tumbuh subur.

Berikut rujukan 5 jenis tanaman hias berdaun kuning yang dapat anda pelihara:

1. Sunshine Ligustrum

Sunshine Ligustrum merupakan tanaman hias dengan batang yang kokoh dan daun berwarna kuning cerah yang memikat mata. Sunshine Ligustrum biasanya ditanam untuk dijadikan pagar hidup.

Tumbuhan ini dapat hidup bertahun-tahun dan tumbuh subur di bawah sinar matahari. Sunshine Ligustrum menyukai tanah lembab, siram sesering mungkin untuk membantu pertumbuhannya.

Karena pertumbuhannya yang cepat, pangkas ujung-ujung daun agar terlihat rapih dan indah. Sunshine Ligustrum mampu tubuh hingga 150 cm jika ditanam pada pekarangan.

2. Lidah Mertua

Variegated tropical leaves pattern of snake plant or mother-in-law's tongue (Sansevieria trifasciata 'Laurentii') and aloe succulent plant on dark nature background.Salah satu tanaman hias dengan unsur daung kuning: lidah mertua (Foto: istock/Chansom Pantip)

Sansevieria Trifasciata Laurentii atau biasa dikenal tanaman lidah merupakan salah satu tanaman populer yang banyak dipelihara. Ciri dari jenis lidah mertua ini memiliki garis kuning panjang pada sisi daun.

Tanaman lidah mertua tumbuh dengan menjulang tegak lurus berdaun kaku dan keras dengan ujung daun runcing. Lidah mertua berdaun kuning atau jenis laurentii dapat tumbuh hingga 40 cm.

Tanaman ini memiliki keistimewaan dalam hal membersihkan polusi, menghasilkan oksigen, dan melawan alergi. Karenanya, banyak orang yang meletakkan lidah mertua di dalam ruangan.

Cara merawat lidah mertua pun tak terlalu sulit, cukup letakkan di tempat yang terkena sinar matahari jika ditanam menggunakan media pot. Letakkan dekat pintu atau ambang jendela. Penyiraman pun cukup dilakukan 1 sampai 2 kali seminggu.

Gunakan media tanam porous dan campuran seperti sekam bakar, pasir malang, sekam mentah, dan pupuk kendang. Pemupukan pun cukup dilakukan sebulan sekali.

3. Brokoli Kuning

Euodia is a plant genus in the family Rutaceae. Euodia is sometimes misspelled as Evodia. The species now included in the genus Tetradium were previously included in Euodia, and may be commonly referred to as euodiaSalah satu tanaman hias berdaun kuning: Brokoli kuning (Foto: iStockphoto/Chaidira)

Tanaman hias berdaun kuning berikutnya adalah brokoli kuning. Brokoli kuning yang dimaksud bukanlah sayuran hijau yang biasa dimakan. Tanaman brokoli kuning memiliki daun pipih dan panjang dengan cabang yang banyak sehingga terlihat rimbun menyerupai sayuran brokoli.

Brokoli kuning termasuk tanaman semak rendah yang dapat tumbuh hampir mencapai 50 cm. Merawat brokoli kuning tidak terlalu susah, cukup siram sekali sehari cakrawalarafflesia pagi atau sore, dan pangkas secara berkala cabang tanaman agar terlihat rapi.

4. Sirih Gading Philo Brasil

Top view of tropical 'Philodendron Hederaceum Scandens Brasil' creeper house plant with yellow stripes isolated on white backgroundSirih gading philo Brasil termasuk tanaman hias berdaun kuning (Foto: iStockphoto/Firn)

Tanaman hias sirih gading termasuk salah satu tanaman hias yang populer dikoleksi pecinta tanaman hias khususnya jenis philodendron Brazil. Tanaman tersebut memiliki dua warna yakni hijau muda dan hijau kekuningan dengan daun berbentuk hati.

Sirih gading philo Brazil termasuk tanaman tangguh dan cocok dipelihara bagi pemula. Pasalnya tanaman ini dapat hidup dengan segala kondisi, baik jarang disiram atau jarang terkena matahari.

Meski begitu, perawatan harus tetap dilakukan. Tanaman ini tergolong cepat bertumbuh, dan harus rutin dipangkas guna mencegah sistem pada akar berkembang terlalu cepat.

Meskipun dapat beradaptasi pada cahaya rendah, sirih gading philo Brazil paling sesuai tumbuh dengan kondisi cahaya sedang atau teduh.

Meletakkannya di tempat yang terkena matahari langsung dapat membuat warna daunnya berubah kecoklatan. Sementara itu, sirih gading philo menyukai kondisi tanah yang lembab, jadi saat menyiram pastikan lapisan atas tanah dalam kondisi kering.

5. Philodendron Moonlight

Philodendron Moonlight merupakan tanaman dengan genus araceae atau talas-talasan. Philo moonlight salah satu spesies hibrida dengan pertumbuhan daun yang berpadu dua warna cakrawalarafflesia hijau dan kuning.

Daun philo moonlight lebar dan berbentuk tombak serta tumbuh tegak ke atas dan dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 30 cm. Warna hijau dan kuning pada daun philo akan berubah seiring dengan semakin dewasanya tumbuhan.

Perawatan philo moonlight tak begitu sulit, philo moonlight menyukai kondisi cahaya sedang atau teduh, jadi hindari meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Philo moonlight juga menyukai kondisi tanah lembab, jika merawatnya dalam pot pastikan memiliki drainase yang baik agar tanah tidak tergenang air.

Itulah 5 jenis tanaman hias berdaun kuning yang bisa Anda pelihara. Merawat tanaman sama seperti merawat makhluk hidup lainnya, membutuhkan perhatian dan kasih sayang, agar tanaman dapat bertumbuh subur dan indah. Selamat mencoba.

(imb/fjr)


Source link

Baca Juga :  Tukang Becak Positif Covid, Warga Tegal Mengungsi
  • Bagikan
Positive SSL