4 Rekomendasi Film Tentang Perburuan Emas

  • Bagikan
7ec42735 the 33 169

the 33 169

Jakarta, cakrawalarafflesia —

Beberapa hari belakangan, jagat maya heboh karena temuan gunung emas di Kongo. Kisah perburuan emas memang kerap menarik perhatian sampai-sampai sejumlah sineas mengangkat tema itu dalam film.

Sebut saja film The 33 yang mengisahkan perjuangan para penambang emas untuk keluar dari lokasi penambangan yang tiba-tiba runtuh.

Selain pencarian penuh misteri, film tentang perburuan emas juga kerap disajikan dengan keseruan jalan cerita dan aksi pertarungan menegangkan, seperti dalam Gunung Emas Almayer.

Berikut empat film tentang petualangan para pemburu emas.

1. Gunung Emas Almayer

Film Gunung Emas Almayer diangkat dari novel karya Joseph Conrad berjudul Almayer’s Folly yang terbit pada 1895. Film ini mengisahkan obsesi Kaspar Almayer, pedagang asal Belanda, mencari gunung emas untuk mewujudkan mimpinya kembali ke Eropa.

Almayer memiliki seorang anak perempuan bernama Nina dari hasil pernikahannya dengan perempuan Melayu bernama Mem.

Di usia 10 tahun, Nina dikirim ke Singapura untuk mendapatkan pendidikan sebagai orang Barat. Tamat sekolah, Nina kembali ke Sambir bersama orang tuanya.

Bersama ibundanya, Nina menertawakan tradisi-tradisi Barat, mulai soal busana, sepatu, sampai rambut. Di sisi lain, Kaspar tetap memaksa anaknya untuk berlaku seperti orang kulit putih.

Baca Juga :  Percetakan buku murah di Jakarta Pusat

Tak ingin anaknya menjadi orang Melayu, Kaspar bertekad membawa anaknya ke Eropa. Demi mendapatkan uang, ia mencari gunung emas yang pernah diceritakan oleh seorang pangeran Malaka, Dain Maroola.

2. The 33

Film The 33 diangkat berdasarkan kisah nyata pada 2010, ketika sekelompok penambang terjebak di lokasi tambang San Jose, Chile, selama 69 hari.

Kisah bermula ketika Mario (Antonio Banderas), Álex (Mario Casas), Darío (Juan Pablo Raba), Yonni (Oscar Nuñez), Edison (Jacob Vargas), José (Marco Treviño), dan penambang lainnya bekerja normal tanpa kendala.

Saat memeriksa stabilitas terowongan di bawah tanah, Luis (Lou Diamond Phillips) menemukan pecahan kaca. Sebelumnya, cermin tersebut ditempatkan di cakrawalarafflesia celah gunung.

Ia menduga gunung bergeser. Luis tetap bekerja, tapi ia terus menemukan banyak pecahan kaca. Tak lama, batu-batu besar menghujani para penambang. Terowongan runtuh, dan secara keseluruhan, 33 pekerja terjebak di bawah tanah.

Tak hanya kondisi oksigen yang nyaris habis, para penambang ini juga dihadapkan pada perbekalan yang semakin tipis.

3.Klondike Fever

Film ini bercerita tentang petualangan Jack London (Jeff East)dari San Francisco, Amerika Serikat, menuju Klondike, Kanada, demi menemukan tambang emas pada 1898.

Dalam perburuan ini, Jack berjibaku mendaki jalur bersalju demi mencapai lokasi tambang emas yang terkubur.

Baca Juga :  Semua Guru Bakal Dapat Vaksin Covid-19, Termasuk Honorer

Film ini disutradarai Peter Carter yang juga dikenal lewat sejumlah karya lain, seperti Highpoint (1982), Rituals (1977), dan High-Ballin’ (1978).

4. The Call of the Wild

Film The Call of The Wild besutan sutradara Chris Sanders dan penulis skenario Michael Green ini menyinggung perjuangan penambang emas bernama John Thornton (Harrison Ford).

The Call of the Wild berpusat pada Buck, seekor anjing peliharaan berhati besar. Hidup Buck berubah 180 derajat ketika dia tiba-tiba diculik dari rumahnya di California dan dipindahkan ke belantara Yukon, Alaska, pada masa Demam Emas Klondike di tahun 1890-an.

Buck menjadi pendatang baru di regu anjing penarik kereta salju pengirim surat. Kelak, ia menjadi pemimpinnya.

Setelah mengalami petualangan yang tidak terlupakan, Buck akhirnya menemukan tempat sejatinya dan bersahabat dengan John Thornton (Harrison Ford), seorang penambang emas tua sebatang kara.

Film ini diadaptasi dari novel legendaris terkenal karya Jack London yang terbit pada 1903 dengan judul yang sama.

Selain Harrison Ford, film ini juga dibintangi oleh Dan Stevens, Omar Sy, Karen Gillan, Bradley Whitford, dan Colin Woodell.

(nly/has/bac)


Source link

  • Bagikan