Mobil Toyota-Daihatsu Produksi RI untuk Ekspor Kena Recall

  • Bagikan
3ec4646d e1ee 4dc9 bc96 be24b693a8f7 169



3ec4646d e1ee 4dc9 bc96 be24b693a8f7 169

Jakarta, cakrawalarafflesia —

Toyota dan Daihatsu telah mengumumkan recall atau penarikan kembali pada sejumlah produk yang dijual di Indonesia. Empat produk yang ditarik untuk dilakukan penggantian pada komponen fuel pump itu merupakan model kembar yakni Avanza-Xenia dan Rush-Terios.

Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra selaku perwakilan pabrikan yang memproduksi mobil-mobil tersebut menyebutkan bila recall juga berlaku untuk mobil yang diproduksi di Indonesia untuk memenuhi pasar ekspor.

Dijelaskan Amelia, untuk detail recall mobil yang diekspor akan diumumkan Toyota.

Baca Juga :  Whatsapp Posting Tagar #StopAsianHate, Serukan Setop Rasisme





“Iya termasuk produk ekspor,” kata Amelia dalam acara Daihatsu virtual, Kamis (18/3).

Untuk diketahui bila mobil kembar Toyota dan Daihatsu dari Indonesia disuplai ke sejumlah negara. Namun khusus pasar ekspor, semuanya menggunakan merek Toyota. Sedangkan proses pembuatan mobil diserahkan sepenuhnya kepada Daihatsu.

Secara terpisah, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam menolak berbicara banyak mengenai recall untuk model yang sudah dikapalkan.

Bob hanya menjelaskan bila prosedur recall pada produk ekspor diserahkan sepenuhnya kepada distributor atau negara tujuan.

Baca Juga :  Eropa Akan Luncurkan Misi Pembersihan Sampah Luar Angkasa Pertama

“Kami tidak bisa ngumumin recall negara lain masing-masing punya policy-nya dan yang announce masing dealer di negara tersebut,” ucap Bob.

Sebelumnya Toyota mengumumkan recall bagi Avanza dan Rush produksi 2017-2019 atas masalah pada komponen pompa bahan bakar.

Sementara Daihatsu menyebutkan bila recall fuel pump di Indonesia ini meliputi 53.246 Great dan Grand New Xenia produksi Oktober 2017-Juni 2019 dan All-New Terios 41.152 unit produksi Desember 2017- Juni 2019.

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]






Source link

  • Bagikan