5 Makanan Penghilang Bau Mulut

  • Bagikan
4b59a2a4 ilustrasi jahe 169

ilustrasi jahe 169

Jakarta, cakrawalarafflesia —

Masalah bau mulut bukan hanya menurunkan kepercayaan diri tapi cukup mengganggu Anda dan juga orang-orang di sekitar Anda.

Meski sudah menjaga kebersihan mulut yang baik, tapi masalah nafas tidak segar masih sering dihadapi. Terdapat beberapa makanan yang membantu menghilangkan masalah bau mulut karena sifatnya memberikan efek penghilang bau.

Berikut 5 makanan yang membantu menghilangkan bau mulut, menurut penjelasan dokter gigi David Mitola, dikutip dari LiveStrong.

1. Apel

Sebuah apel sehari bisa menghilangkan bau mulut. Menurut dokter Mitola, kerenyahan buah apel membantu mengeluarkan bakteri dan makanan lain yang tersangkut di sela-sela gigi atau permukaan saat pengunyahan.

Buah apel juga mengandung antioksidan yang disebut polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri tertentu dan mengurangi produksi senyawa penyebab bau mulut.

Baca Juga :  7 Risiko kesehatan dibalik minuman bersoda

2. Sayuran hijau

Untuk mencegah bau busuk, Anda mungkin ingin mencampurkan semangkuk besar salad.

“Sayuran hijau seperti selada, bayam dan kangkung mengandung klorofil, pewangi alami yang menetralkan bau tak sedap,” kata Mitola.

“Sayuran hijau juga membantu menyeimbangkan tingkat pH Anda, menjaga agar mulut Anda tidak terlalu asam,” tambahnya.

Lebih baik lagi, bayam, kale, bok choy, dan okra ermasuk di cakrawalarafflesia 20 sayuran teratas dengan kalsium tertinggi, yang membantu memperkuat enamel gigi Anda, menurut USDA.

3. Peterseli, Basil dan Mint

Ada alasan ilmiah mengapa peterseli, kemangi, dan mint membuat mulut Anda terasa segar.

“Mereka memiliki enzim yang mengikat senyawa yang mengandung sulfur dan membantu menetralkan bau,” kata Mitola.

Plus, seperti apel, tumbuhan ini memiliki polifenol, yang, yang menghambat pertumbuhan bakteri jahat.

Baca Juga :  5 Kondisi Tahi Lalat pada Anak yang Harus Diwaspadai

4. Jahe

Meskipun jahe paling dikenal sebagai obat alami untuk sakit perut, jahe juga bisa melawan napas yang tak sedap.

“Senyawa gingerol-6 menstimulasi enzim dalam air liur kita yang memecah senyawa berbau busuk yang mengandung sulfur,” jelas Mitola.

5. Yogurt Probiotik

Anda mungkin pernah mendengar bahwa probiotik (bakteri menguntungkan) memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Sekarang Anda juga bisa menambahkan nafas segar ke daftar manfaat itu.

“Selain menjadi sumber terbaik untuk meningkatkan kalsium enamel, yogurt probiotik mengandung bakteri yang membantu memerangi bakteri lain di mulut yang menyebabkan bau mulut,” kata dokter Mitola.

Pastikan untuk memilih yogurt rendah gula karena bakteri suka berpesta dengan makanan manis.

(agn)


Source link

  • Bagikan