Realme Dituding Curangi Benchmark, AnTuTu Hapus Realme GT

  • Bagikan
94998f80 2bc2 4937 bbf2 f2f6cb1978aa 169



94998f80 2bc2 4937 bbf2 f2f6cb1978aa 169

Jakarta, cakrawalarafflesia – platform penilai performa smartphone, AnTuTu menuding Realme menipu skor benchmark pada ponselnya Realme GT. Perusahaan benchmark perangkat itu sampai menghapus skor ponsel 750.000 dari databasenya

“(Skor Realme GT) bukan berasal dari kekuatan, namun diperoleh lewat kecurangan dan cara lain,” kata pihak AnTuTu dikutip Android Authority, Rabu (17/3/2021).

Skor yang dihadirkan Realme GT itu nyatanya lebih tinggi dari yang diperoleh Xiaomi Mi11. Ponsel Xiaomi itu memperoleh skor 708.000 dari pengujian Antutu.

AnTuTu membeberkan cara Realme menipu skor benchmark. Dikatakan kinerjanya dalam multithreaded dan workload serta bagian decoding JPG dari benchmark.

Ponsel menggunakan taktik penundaan untuk menjalankan tes multithreaded nya pada inti CPU tercepatnya sebanyak mungkin. AnTuTu mencatat dengan cara ini akan menghadiri skor yang besar.

Baca Juga :  Seru! Telegram dan Signal Kompak Ejek Kebijakan Privasi WhatsApp

Realme GT juga dilaporkan memodifikasi gambar JPG yang digunakan AnTuTu. Bukannya memproses gambar secara verbatim, menggunakan blok warna mosaic untuk mengurangi kualitas dari gambar.

Cara tersebut membuat waktu pemroses menjadi lebih rendah. Menurut AnTuTu, taktik keduanya melawan semangat pada benchmark.

Hal ini juga yang membuat pihak AnTuTu menghapus skor Realme GT selama tiga bulan. Perusahaan juga telah memperingatkan Realme jika tidak mengubah cara mendapatkan benchmark maka terancam ponselnya dilarang dari Antutu selamanya.

Realme juga telah mengomentari masalah ini dan mengklaim skor benchmark ponselnya akurat. Pihak perusahaan juga mengatakan sedang melakukan komunikasi dengan AnTuTu.

Baca Juga :  TransferWise : Cara Mudah Kirim dan Terima Uang Dari Luar Negeri

Realme bukan yang pertama dituding melakukan kecurangan benchmark. Tahun lalu sejumlah ponsel yang menggunakan chipset dari MediaTek oleh Oppo dan lainnya dikabarkan bermain-main dengan pengujian PCMark.

Vendor smartphone lain seperti Samsung, Huawei, OnePlus dan Meizu juga pernah dituding melakukan hal yang sama.

Skor AnTuTu memang digunakan sebagai cara marketing paling mudah. Hasil pengujian dapat membuat nilai tambah alasan masyarakat membeli ponsel. Dengan angka yang tinggi juga membuat Realme GT tampak menonjol bersaing dengan ponsel yang menggunakan chipset Snapdragon 888.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)




Source link

  • Bagikan